Wrapping Sticker Mobil vs Repaint, Mana Yang Lebih Baik?

wraping

Wrapping sticker mobil bisa menjadi salah satu pilihan tepat untuk melindungi cat bodi mobil. Dengan menggunakan wrapping sticker mobil, kamu bisa melindungi cat mobil yang baret atau pudar. Jadi, warna mobil akan tetap tampak bagus seperti baru.

Lapisan stiker mobil mempunyai dua fungsi penting. Pertama, lapisan stiker berfungsi untuk mengubah warna mobil. Kedua, lapisan stiker yang kamu gunakan berfungsi untuk melindungi cat mobil dari baret dan pudar. Untuk melindungi warna cat, kamu bisa menggunakan stiker berwarna bening agar warna asli mobil tetap terlihat.

Selain memperindah tampilan mobil, lapisan stiker juga memberikan perlindungan terhadap cat mobil. Lapisan stiker mobil ini terbuat dari bahan khusus yaitu, vinyl. Untuk harganya pun bervariasi tergantung masing-masing merek lapisan stiker.

Kamu bisa mengetahui lebih jauh tentang wrapping sticker mobil dengan membaca artikel ini. Baca sampai habis ya.

Pengertian Wrapping Sticker Mobil

Mungkin kamu sudah sering mendengar tentang melapisi mobil dengan stiker ini. Teknik modifikasi warna mobil ini terbilang instan dan cepat. Namun, jika sudah memutuskan untuk melapisi mobil dengan stiker, kamu perlu melakukan perawatan khusus.

Wrapping sticker mobil merupakan salah satu teknik modifikasi warna mobil dengan menggunakan stiker untuk melapisi seluruh bodi mobil atau panel-panel tertentu. Ada tiga pilihan jenis warna lapisan sticker yaitu, warna doff, warna mengkilap dan warna chrome.

Lapisan stiker ini warnanya polos dengan beragam warna yang disediakan oleh pabrik. Kamu bisa mengkombinasikan warna-warna polos tersebut untuk memperindah tampilan mobil.

Cara Merawat Wrapping Sticker Mobil

Cara merawat lapisan stiker menggunakan teknik yang berbeda-beda, tergantung jenis warna yang kamu pakai. Jika kamu memakai warna-warna doff, kamu tidak dianjurkan bahkan dilarang untuk memolesnya, baik itu dengan cairan wax ataupun compound. Mobil dengan lapisan stiker warna doff cukup dibersihkan dengan cara dicuci menggunakan sampo ph balance.

Setelah itu, kamu bisa membilasnya dengan air lalu menggunakan kanebo atau lap microfiber agar lapisan stiker yang kamu pasang tidak tergores. Penggunaan wax dan compound dilarang untuk warna doff karena bisa menghilangkan unsur warnanya. Sehingga, warna doff bisa berubah menjadi belang-belang.

Sementara itu, kamu bisa menggunakan cara berbeda untuk wrapping sticker mobil warna mengkilap. Saat mobil kotor, kamu bisa mencucinya menggunakan sampo lalu mengelapnya sampai kering. Setelah itu, kamu bisa menggunakan cairan perawatan cat mobil seperti, wax.

Dengan cara perawatan yang baik dan rutin, lapisan stiker yang kamu pasang pada mobilmu bisa bertahan cukup lama yaitu, 2-3 tahun.

Cara Wrapping Sticker Mobil

Saat ini banyak jasa pemasangan wrapping sticker mobil yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik mobilmu. Selain mempercantik tampilan, lapisan stiker juga bisa untuk melindungi cat mobil.

Ada dua jenis pemasangan lapisan stiker pada mobil yaitu, wrapping dan cutting. Untuk cutting, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Apabila model stikernya cukup rumit, sebaiknya minta tolong ke ahlinya untuk menghindari risiko gagal pasang.

Sementara itu, pemasangan jenis wrapping atau stiker full body, sebaiknya ditangani oleh ahlinya agar lebih aman dan memuaskan hasilnya.

Untuk jenis pemasangan cutting, kamu perlu menyiapkan air dicampur sampo. Air sampo ini fungsinya untuk membuat stiker tidak langsung tertempel sehingga mudah diatur saat pemasangan.

Selanjutnya, semprotkan air sampo tadi pada bagian dalam stiker dan semprot juga bodi mobil dengan air sampo. Lalu atur posisi stiker sesuai yang kamu inginkan. Lihat dari jauh untuk memastikan posisi stiker sudah pas sesuai yang kamu inginkan.

Langkah selanjutnya, gunakan wiper pembersih kaca untuk mengurut stiker sampai air yang ada di antara stiker dan bodi mobil habis dan kering. Gunakan hair dryer untuk memanasi stiker. Jika masih ada bagian stiker yang menggelembung, gunakan jarum atau semacamnya untuk menusuk gelembung stiker.

Kelebihan Wrapping Sticker Mobil Dibanding Repaint

Repaint memang menjanjikan hasil yang bagus. Namun di sisi lain, lapisan stiker mobil mempunyai kelebihan dibanding repaint.

Penggunaan lapisan stiker mobil lebih hemat biaya dan waktu dibanding mengecat ulang. Hasil ketajaman warnanya pun tidak beda jauh dengan repaint. Variasi warna stikernya pun beragam seperti, warna doff, mengkilap dan chrome.

Seperti halnya repaint, stiker juga bisa diaplikasikan untuk seluruh bodi mobil. Selain itu, jika sewaktu-waktu bosan, kamu bisa dengan mudah mengganti lapisan stiker tersebut dan menggantinya dengan warna yang kamu inginkan.

Demikian tadi informasi penting seputar wrapping sticker mobil yang bisa menambah wawasan dalam mempercantik mobil.

Dalam merawat mobil, penting bagi kamu untuk menggunakan asuransi mobil. Dengan perlindungan mobil, kamu akan terhindar dari risiko kerugian apabila sewaktu-waktu mobil yang kamu kendarai mengalami musibah.

Kamu tidak perlu bingung dalam menentukan pilihan asuransi mobil mana yang terbaik. Kamu bisa menemukan asuransi mobil terbaik melalui cekpremi. Yuk kunjungi cekpremi.

Pertanyaan Seputar Wrapping Sticker Mobil

Wrapping sticker mobil sangat berguna untuk mempercantik tampilan mobil dan melindungi cat asli mobil. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa contoh pertanyaan yang biasanya diajukan.

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apakah stiker merusak cat mobil?” answer-0=”Stiker tidak akan merusak cat mobil apabila dipasang dan masa pemakaiannya sesuai aturan. Namun, jika stiker dipasang terlalu lama, cat mobil bisa rusak.” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apa yang dimaksud dengan wrapping sticker?” answer-1=”Wrapping sticker adalah melapisi bodi mobil dengan stiker. Lapisan stiker ini bisa berfungsi untuk menutupi cat mobil yang baret dan pudar. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]