Apa Alasan Bekerja di Perusahaan Startup ?

 

 

Mungkin zaman sekarang Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah kata Startup, apalagi untuk Anda yang baru mencari kerja, pasti banyak yang membicarakan tentang dan apa itu perusahaan Startup. Jadi apakah arti Startup itu ? Apa perusahaan Startup itu hanya perusahaan yang berhubungan dengan bidang IT saja seperti Microsoft, Google dan lain sebagainya?Startup adalah  perusahaan yang belum lama beroperasi, perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Perusahaan Startup yang pertama kali terkenal di dunia internasional itu adalah gelembung.com, yang pada masanya menjadi perusahaan Startup pertama dan terpopuler di dunia. Tapi jangan salah, di Indonesia pun banyak sekali perusahaan Startup yang terkenal pada masanya dan tidak terus-menurus berhubungan dengan IT bahkan sampai sekarang masih eksis contohnya Kaskus dan Koprol yang diakuisisi oleh Yahoo.

 

 

Tentunya kalian pasti akan berpikir lebih dari dua kali jika ingin masuk di sebuah perusahaan Startup. Yang paling utama kalian pasti akan berpikir “Apa perusahaan itu bisa maju ?” dan “apa untungnya bekerja di perusahaan Startup?” itulah mindset terburuk bagi para pelamar kerja yang mendapat tawaran bekerja di perusahaan Startup. Kalau dilihat dari contoh perusahaan di atas apa Anda masih ragu? Seharusnya tidak, karena pada kenyataannya banyak sekali keuntungan jika Anda bekerja di Perusahaan Startup. Berikut adalah beberapa alasan yang dapat membuat Anda ingin bekerja di perusahaan Startup :

 

 

1. Waktu Kerja Yang Fleksibel

Biasanya perusahaan Startup tidak memiliki absensi layaknya perusahaan Corporate, jadi bisa diistilah kan jam kerjanya ” Tidak mencekik leher ” seorang karyawan karena jam kerjanya lebih bersahabat jadi tidak perlu takut untuk sekali-kali sedikit telat. Tapi, Anda juga harus tetap bekerja secara profesional tentunya.

2. Dress Code

Terkadang ada suatu perusahaan Corporate yang mengharuskan memakai seragam yang sudah ditentukan oleh perusahaan tersebut atau ada pula yang tidak menerapkan sistem pakaian seragam seperti itu tapi, hanya boleh menggunakan kemeja tanpa corak, celana bahan dan sepatu pantofel. Apa kalian tidak bosan harus seperti itu? Nah di Perusahaan Startup tidak berlaku sistem seperti itu, Anda bisa menggunakan jeans dan kaos. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan ekstra Budget untuk membeli pakaian, yang penting sopan dan orang lain tidak risih melihatnya.

3. Boss isn’t Like a Boss

cc

Kebanyakan perusahaan Startup biasanya menganut sistem hierarki atau perusahaan yang tidak terlalu ketat, biasanya para CEO tidak segan bergaul dengan para karyawannya, bahkan adapula di suatu perusahaan Startup seorang CEO satu ruangan dengan para karyawannya. Jadi dengan konsep seperti ini sang CEO meminimalisir ungkapan “Bossy”, dan karena itu pula yang menjadi alasan bekerja di perusahaan Startup bagi banyak orang

4.Learning By Doing

Di Perusahaan Startup pada umumnya Anda akan melaksanakan pekerjaan atau tugas baru yang belum pernah Anda pelajari sebelumnya dan membuat keahlian Anda benar-benar diasah. Jadi bisa juga diartikan Anda belajar sambil ikut membangun perusahaan tersebut.

 5. Your House In Office

Ini hal yang menjadi kunci utama seseorang memiliki alasan bekerja di perusahaan Startup. Biasanya sang pemilik kantor atau sang CEO akan membuat suasana kantor senyaman layaknya berada dirumah sendiri bagi para karyawannya, karena menurut mereka dengan suasana kantor yang nyaman maka kinerja para karyawan pun akan jauh lebih maksimal.

6. Have a High Sense Of Family

Biasanya jumlah pegawai perusahaan Startup hanya sedikit dibanding pegawai Corporate, maka tidak sulit untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan antar sesama pegawai. Para petinggi perusahaan pun mencoba untuk dekat dengan para pegawainya tanpa diberi jarak sama sekali.

7. Learning From Motivator Indeed

Orang yang memulai bisnis dari Nol mempunyai mental yang berbeda dan background professional yang berbeda dibandingkan orang yang belum pernah membuat sesuatu hal baru, mereka dapat terlihat melalui cara mereka melihat masalah dan pemikiran mereka yang original dan inovatif.  Anda bisa menggali banyak ilmu dari mereka, agar kelak bisa menyamai atau melampaui mereka.

Dari sejumlah hal diatas sudah membuktikan apa alasan bekerja di perusahaan startup bagi seseorang, pada dasarnya perusahaan startup tidak ada bedanya dengan perusahaan Corporate. yang membedakannya hanya masa berjalan perusahaan Corporate lebih lama dibandingkan Startup. Tapi dengan membandingkan hal-hal diatas, Apa kalian masih ragu bekerja di perusahaan Startup ?

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

November 9, 2014

Posted In: Must See, Uncategorized

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami