Yuk, Pahami 7 Tahapan Klaim Asuransi Mobil Agar Prosesnya Lancar!

Mar - 20
2019
Yuk, Pahami 7 Tahapan Klaim Asuransi Mobil Agar Prosesnya Lancar!

Yuk, Pahami 7 Tahapan Klaim Asuransi Mobil Agar Prosesnya Lancar!

Memiliki asuransi mobil pasti membuat Anda lebih tenang. Karena mobil kesayangan Anda akan memperoleh manfaat proteksi maksimal dari asuransi tersebut. Namun, Anda juga wajib memahami cara klaim asuransi mobil. Supaya proses klaimnya lebih lancar dan tidak menyita waktu.

Sekarang, mari simak dulu tujuh tahapan klaim asuransi mobil berikut ini untuk menambah wawasan Anda:

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Membayar Premi Asuransi secara Teratur

Perusahaan asuransi akan segera memproses laporan klaim nasabah yang selalu membayar premi secara teratur. Jika Anda tidak membayar premi asuransi mobil selama berbulan-bulan atau sedang dalam masa cuti, kemungkinan besar pengajuan klaim akan ditolak. Itulah sebabnya Anda harus menyiapkan budget yang memadai untuk membayar asuransi mobil setiap bulan.

Mengajukan Klaim Asuransi Secepat Mungkin

Klaim asuransi mobil harus dilakukan maksimal 3×24 jam pasca insiden kecelakaan atau kehilangan terjadi. Usahakan untuk tidak menunda-nunda proses pelaporan tersebut. Sehingga perusahaan asuransi tidak menolak klaim yang Anda lakukan. Jika memungkinkan, sebaiknya Anda juga segera mengambil foto mobil pasca kecelakaan atau bagian mobil yang mengalami kerusakan.

Menyiapkan Dokumen-Dokumen yang Dibutuhkan

Sambil melaporkan kecelakaan atau kehilangan pada perusahaan asuransi, Anda wajib menyiapkan dokumen pelengkap berupa:

  • Polis asuransi
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Surat Izin Mengemudi (SIM)
  • Surat keterangan kepolisian tentang kecelakaan parah atau pencurian (jika dibutuhkan)
  • Surat pemblokiran STNK (untuk kasus pencurian mobil)

Mengisi Formulir Klaim Asuransi Mobil

Tahapan klaim asuransi mobil selanjutnya yang harus Anda selesaikan adalah mengisi formulir klaim asuransi mobil. Anda harus menjelaskan detail kronologis kecelakaan atau pencurian mobil yang Anda alami (termasuk menyebutkan waktu kejadian).

Proses pengisian formulir harus dilakukan secara jujur sesuai fakta yang terjadi di lapangan. Jangan sampai ada fakta-fakta yang bertentangan dengan kejadian sebenarnya. Sehingga pengajuan klaim asuransi mobil Anda malah ditolak.

Pihak Asuransi Memeriksa Kondisi Mobil

Kondisi mobil yang rusak parah pasca kecelakaan biasanya akan membuat mobil tersebut segera diangkut oleh mobil derek (jika asuransi mobil memang menyediakan fasilitas mobil derek). Jika kecelakaan mobil Anda tidak parah, Anda masih bisa membawa pulang mobil tersebut. Pihak asuransi akan memeriksa kondisi mobil setelah Anda melengkapi dokumen klaim dan mengisi formulirnya. Selanjutnya, barulah perusahaan asuransi akan menindaklanjuti klaim yang Anda ajukan.

Membawa Mobil ke Bengkel Rekanan Asuransi

Jangan ragu melakukan follow up jika pengajuan klaim asuransi mobil Anda belum diproses selama beberapa hari. Nanti, Anda akan mendapatkan informasi mengenai bengkel rekanan asuransi yang bisa memperbaiki mobil Anda. Pastikan bahwa Anda tidak membawa mobil ke sembarang bengkel di luar rekomendasi perusahaan asuransi. Karena tindakan tersebut tak akan menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi.

Setelah perbaikan mobil Anda dimulai, Anda dapat menanyakan tentang waktu perbaikan tersebut. Kerusakan kecil akibat kecelakaan biasanya bisa diproses dalam waktu beberapa hari saja. Sedangkan kerusakan yang lebih parah akan memakan waktu berminggu-minggu bahkan lebih dari satu bulan.

Ada perusahaan asuransi yang menyiapkan fasilitas berupa mobil pengganti selama mobil nasabah dalam proses perbaikan. Kalau Anda berlangganan asuransi mobil dengan fasilitas tersebut, Anda pun leluasa menggunakan mobil pengganti tersebut. Rutinitas kerja atau aktivitas lainnya pun tak akan terganggu meskipun mobil Anda sedang diperbaiki di bengkel rekanan asuransi. Gunakan mobil pengganti dari perusahaan asuransi secara bijaksana sampai mobil Anda siap digunakan kembali.

Menyelesaikan Proses Administrasi di Bengkel

Perusahaan asuransi wajib menyelesaikan proses administrasi dengan bengkel agar mobil Anda siap dibawa pulang. Bila proses administrasi tersebut tak kunjung selesai, Anda bisa kembali melakukan follow up pada perusahaan asuransi. Semakin cepat proses administrasi selesai, maka semakin cepat pula mobil Anda bisa kembali digunakan.

Ternyata, cara klaim asuransi mobil tidak sulit dan berbelit-belit. Bila Anda melakukannya dengan benar, niscaya mobil kesayangan Anda akan segera mendapatkan manfaat proteksi sesuai polis. Risiko kecelakaan atau pencurian mobil pun tak akan membuat Anda resah berlebihan. Karena semua risikonya akan diproteksi oleh asuransi mobil. Mari mencari produk asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan preminya tidak membebani kondisi finansial Anda.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *