5 Makanan Sehat Ini Bisa Cegah Osteoporosis

Osteoporosis

Osteoporosis adalah suatu keadaan dimana kualitas serta kepadatan tulang kamu berkurang dengan sangat cepat. Penyakit ini sering disebut juga sebagai silent disease lantaran tak memperlihatkan tanda-tanda pengeroposan tulang pada tahap awal.

Segala macam bentuk aktivitas apapun memerlukan kebugaran tubuh untuk tetap dapat menjalankannya dengan maksimal. Mulai dari hal-hal kecil yang kamu lakukan baik itu di kantor maupun di rumah, untuk mendapatkan hasil maksimal maka dibutuhkan pula kondisi tubuh yang maksimal.

Perlu kamu ketahui selain organ-organ vital yang ada di tubuh kamu, salah satu yang jadi penunjang kamu bergerak dengan maksimal adalah kondisi kesehatan tulang kamu. Tanpa banyak kamu sadari bahwa seberapa bebas kamu bergerak juga turut ditopang oleh ke 206 tulang yang terdapat pada tubuh kamu.

Ada beberapa resiko penyakit yang bisa menyebabkan gangguan pada tulang kamu, tapi masih saja banyak orang yang tidak menghiraukannya. Mereka beranggapan bahwa gangguan pada tulang hanya dapat terjadi pada orang-orang yang sudah berusia lanjut.

asuransi kesehatan

Padahal jika kamu tidak benar-benar menjaga dan merawat kondisi kesehatan kamu, gangguan kesehatan pada tulang kamu pun dapat terjadi sejak usia dini. Salah satu penyakit pada tulang yang paling sering ditemukan adalah osteoporosis.

Faktor resiko umum yang menjadi alasan sesorang terserang penyakit ini juga sering dikaitkan dengan faktor keturunan, histori keluarga, gizi buruk, merokok, aktivitas fisik, dan juga berat badan yang rendah. Kelenjar tiroid serta kelenjar adrenal yang terlampau aktif juga kerap dikaitkan dengan osteoporosis.

Bone Density and Osteoporosis Vector
Bone Density and Osteoporosis Vector illustration

Begitu orang didiagnosis mengidap osteoporosis, mereka mau tidak mau mesti mengikuti diet ketat untuk menjaga pola hidup sehat dan memperlambat perkembangannya.

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan guna mencegah terserangnya penyakit osteoporosis. Salah satunya adalah dengan sering berolahraga dan menjaga pola hidup sehat. Untuk itu kamu pun membutuhkan asupan gizi yang cukup guna mencegah datangnya penyakit ini. Jadi ada baiknya kamu terlebih dahulu memilih mana makanan yang cocok untuk mencegah kamu terserang osteoporosis.

Berikut ini adalah 5 makanan sehat yang bisa bantu kamu mencegah terjadinya osteoporosis.

Ikan

Ikan merupakan makanan yang sempurna untuk melawan osteoporosis dikarenakan kaya kalsium. Ikan seperti ikan sarden serta salmon adalah sumber paling besar kalsium. Maka, dengan rajin mengkonsumsi ikan akan membantu melindungi kesehatan tulang kamu, sehingga dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

Yogurt

Yogurt yang terbuat dari fermentasi susu mengandung tinggi kalsium, vitamin, dan nutrisi penting. Vitamin D dalam yogurt berguna untuk mencegah kehilangan massa tulang dan memastikan tulang tetap dalam kondisi optimal. Selain itu, probiotik dalam yogurt tidak hanya menjaga kesehatan usus tetapi juga meningkatkan sistem imunitas tubuh kamu. Konsumsi yogurt secara teratur membantu menjaga keseimbangan mikrobiota usus, yang berperan penting dalam penyerapan nutrisi dan pencegahan berbagai penyakit. Dengan begitu, yogurt menjadi pilihan makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan keseluruhan tubuh kamu.

Susu

Mengkonsumsi susu secara teratur merupakan langkah terbaik guna mengurangi gejala-gejala terjadinya osteoporosis. Susu, dalam berbagai produknya, kaya akan kalsium, protein, karbohidrat, dan vitamin, sehingga berkhasiat untuk mencegah penuaan dini, mengurangi reaksi alergi, dan mempercepat penyembuhan luka. Kalsium dalam susu membantu memperkuat tulang dan mencegah kerapuhan, sementara protein dan vitamin mendukung kesehatan keseluruhan tubuh. Selain itu, kandungan nutrisi dalam susu juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut. Dengan begitu, susu menjadi pilihan yang sangat baik untuk kesehatan Anda.

Telur

Telur adalah makanan ideal yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah osteoporosis. Telur kaya vitamin, kalsium, selenium, serta folat yang melindungi kesehatan tulang dan terus menjaga kesehatan rambut dan juga kuku. Protein alami yang terkandung di dalam telur dapat mencegah terjadinya resiko osteoporosis.

Pisang

Makan pisang secara teratur mampu membantu penyerapan kalsium dan nutrisi penting yang bisa menjaga kesehatan tulang kamu. Hal ini juga dapat melindungi tubuh terhadap penyakit lain seperti kanker, diabetes, mual pada saat hamil, dan menurunkan tingkat depresi.

Kubis

Kubis adalah sumber serat, vitamin, asam folat, dan mineral seperti mangan, besi, juga magnesium. Kubis dapat menjamin tulang kamu untuk tetap sehat dan kuat, dikarenakan kaya akan vitamin K dan membantu terjadinya metabolisme tulang dan mencegah terjadinya penyakit otak seperti Alzheimer.

Menjaga kesehatan tulang adalah langkah penting untuk memastikan tubuh kita dapat berfungsi dengan optimal dalam berbagai aktivitas sehari-hari. Dengan mengonsumsi makanan sehat seperti ikan, yogurt, susu, telur, pisang, dan kubis, Anda dapat mencegah penyakit osteoporosis sejak dini. Selain menjaga pola makan yang sehat, penting juga untuk melakukan olahraga secara rutin dan menjaga gaya hidup yang seimbang.

asuransi kesehatan

Jangan lupa, kesehatan adalah investasi jangka panjang. Untuk perlindungan kesehatan yang lebih menyeluruh, pertimbangkan untuk memiliki asuransi kesehatan. Kunjungi cekpremi.com untuk informasi lebih lanjut dan pilih asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.