Air Suspension, Inilah Kelebihan Dan Kekurangannya

airsus

Banyak tampilan kendaraan seperti mobil yang bisa terlihat keren salah satunya dengan memodifikasi kendaraan dengan Air suspension

Modifikasi kendaraan bisa dari mesin kendaraan tersebut atau tampilan luar mobilnya. Suspensi udara bisa menjadi salah satu pilihan agar tampilan  bisa lebih keren dan memberikan kenyamanan juga.

Air suspension atau suspensi udara pada mobil merupakan salah satu jenis suspensi kendaraan yg berbasis udara bukan per.

Prinsip kerja suspensi udara ini dapat diatur tingkat kekerasannya secara fleksibel. Suspensi  udara ini terdiri dari kompresor, tabung udara, berbagai macam selang, dan suspensi itu sendiri.

Tingkat peredaman getaran maupun ketinggian kendaraan akan berubah-ubah sesuai dengan ECU mesin, sensor kecepatan, sensor pergerakan bodi, sensor putaran setir, hingga sensor rem.

Fungsi dari suspensi udara  ini untuk memberikan kenyamanan saat kamu berkendara dan penumpang lainnya karena mobil memiliki kemampuan auto levelling.

Suspensi udara juga dapat menyesuaikan kontur jalan dan kebutuhan mobil saat dikendarai.

Di bawah ini kelebihan dari air suspension untuk kendaraan kamu.

1. Penampilan yang Keren 

Ternyata air suspension, bisa membantu modif kendaraanmu, lho.. Mobil yang kamu punya bisa sangat rendah hingga menyentuh tanah. Hal itu karena sus udara bisa memberikan kemudahan kamu dalam mengatur ketinggian mobil. 

Kamu pernah melihat mobil ceper? Nah, kamu bisa mengaturnya supaya mobilmu bisa terlihat keren.

2. Kenyamanan

Suspensi udara bisa mengatur ketinggian mobil tanpa perlu mobil tersebut dibongkar kaki-kakinya. Canggihnya juga, kamu bisa mengaturnya melalui smartphone atau perangkat lunak di mobil.

Jika kamu melewati jalan rusak atau jalanan yang membuat mobilmu terancam, kamu bisa menaikan ground clearancenya.

Untuk kenyamanan saat kamu berkendara, kamu bisa mengatur tekanan angin di dalamnya agar mobil bisa menyerap guncangan dengan cukup. Kembali lali semua mengikuti sesuai kebutuhan pengendaranya.

3. Mengurangi Kebisingan dan Getaran 
Kamu bisa mengurangi suspensi udara agar getaran dan kebisingan yang dihasilkan lebih kecil saat berkendara.

4.Efisiensi Bahan Bakar
Dengan kamu menyesuaikan ketinggian kendaraan, kamu bisa menghemat bahan bakar kendaraan. 

Dengan menyesuaikan ketinggian kendaraan  akan berpengaruh terhadap gesekan angin yang ditimbulkan dan bisa berpengaruh terhadap bahan bakar.

5. Efisiensi Ban
Tipe-tipe suspensi udara yang ada dipasaran bisa berpengaruh terhadap penggunaan ban.

 

Setelah kamu mengetahui kelebihan dari air suspension, pastinya kamu perlu mengetahui kekurangan dari suspensi udara ini.

1. Maintenance

Semakin banyaknya bagian yang bergerak, maka maintenance mobil pun akan semakin sulit juga. Terutama pada sisi biaya maintenance. Dalam perawatan air suspension, bisa berpengaruh pada komponen lain juga. Seperti tabung udara, kompresor, selang, yang berkaitan dengan lainnya. Jika salah satu bagian tersebut terkena masalah, biaya perbaikannya akan cukup tinggi.

Setelan komponen yang tidak baik akan menyebabkan kerusakan yang fatal terhadap mobilmu.

2. Harga

Diketahui harga air suspension sendiri cukup tinggi atau bisa terbilang mahal. Untuk merek yang dikenal banyak orang dan ternama, biasanya memiliki harga mulai dari Rp 30 jutaan. Tak hanya itu, biaya instalasi dan perawatan juga harus dilakukan dengan berkala. Jika kamu mencarinya dengan harga terjangkau, masih ada loh.. biasanya dengan harga mulai dari Rp 10 jutaan.

3. Reliability

Air suspension memiliki risiko kerusakan yang semakin lama akan tinggi. Karena, ketika moving parts terlalu banyak, maka resiko kerusakannya  juga semakin tinggi. 

Apalagi suspensi udara  dikenal tidak sebaik dengan suspensi per pada penggunaan yang ekstrim seperti melewati jalanan berlubang atau rusak.

Karena dari waktu ke waktu, sisi ketahanan ini akan berkembang pula. 

4. Berat

Air suspension yang dipasang ke dalam mobil yang kamu miliki akan menambah berat mobil dan akan berpengaruh juga pada performa, bahan bakar yang  dikonsumsi akan lebih meningkat, dan fuel economy mobil.

5.  Rumit

Pemasangan air suspension pada mobil memiliki kerumitan dalam pemasangannya. Kerumitan ini terjadi karena saat pemasangannya kita akan  menggabungkan cara kerja secara mekanik dan elektrik.

Maka dari itu, kamu bisa ke bengkel langganan untuk melakukan pemasangan suspensi udara ini bisa dengan montir yang berpengalaman.

Itu tadi penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari suspensi udara serta cara kerja maupun fungsinya. Selain modifikasi mobil, perlindungan lainnya pada kendaraan juga perlu kita pikirkan. Kamu bisa melindungi kendaraanmu dengan menggunakan asuransi mobil pada kendaraan yang kamu miliki. Cek laman Cekpremi yang akan membantu merekomendasikan beberapa asuransi mobil yang kamu butuhkan.

Pertanyaan seputar Asuransi Mobil

Apa yang dimaksud dengan asuransi mobil?

Dilansir dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi kendaraan atau asuransi mobil merupakan pemberian manfaat dari perusahaan asuransi berupa ganti rugi atas kerugian dan atau kerusakan pada kendaraan bermotor.

Apa saja manfaat asuransi mobil?

Saat kamu mengalami kejadian yang mengharuskan asuransi mobil dibutuhkan, manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengikuti asuransi mobil yaitu membantu proteksi kendaraan, mengurangi kerugian, investasi kendaraan, dan lain-lain.