Ukuran ban mobil, arti kode dan cara membacanya

ukuran ban

Ukuran ban mobil sangat penting untuk kamu ketahui agar sesuai dengan yang dibutuhkan mobil kesayanganmu. Ukuran ban berbeda-beda. Kamu harus memahami ukuran ban mobil agar tidak salah beli.

Banyak masyarakat masih belum tahu tentang ukuran ban yang akan dipasang pada mobil. Mereka terkadang masih kesulitan untuk memilih ban yang ukurannya sesuai dengan mobil miliknya.

Kita tahu, ban menjadi salah satu komponen penting yang harus ada pada mobil. Tanpa adanya ban, mobil tidak akan berjalan.

Selain itu, ban mobil berfungsi untuk menopang beban mobil baik saat membawa barang muatan ataupun saat membawa penumpang. Jadi, ukuran ban yang dipasang harus sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan.

Selain ban utama, ban serep juga menjadi komponen yang penting. Pasalnya, ban serep akan sangat membantu saat kondisi darurat seperti, ban pecah atau bocor di tengah perjalanan.

Ukuran ban yang dipasang pada mobil bervariasi. Kamu harus memahami ukuran-ukuran tersebut agar tidak salah beli. Apabila ban yang dipasang tidak sesuai ukuran, kinerja mobil akan terganggu dan bahkan membahayakan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini informasi ukuran yang ada pada ban mobil.

Kode Ukuran pada Ban Mobil

Ukuran pada ban mobil ditulis dalam bentuk kode. Untuk mengetahui berapa ukuran ban, kamu harus mengetahui arti kode-kodenya dan cara membacanya.

Saat kamu memperhatikan ban mobil, kamu akan menjumpai kode yang tertulis di sisi luar ban mobil.

Contohnya, 205/65R15 95H. Bagi kamu yang sudah mengetahui arti dari kode tersebut tentu akan sangat gampang untuk mengetahui ukuran ban. Namun, yang masih awam tidak akan tahu sama sekali apa maksud dari kode tersebut.

Kode itu sebenarnya menunjukkan informasi ukuran tekanan, spesifikasi, tahun produksi, ukuran velg, kapasitas ban dan batas kecepatan maksimum. Kamu tinggal melihat angka dan huruf yang ada di sisi luar ban mobil.

Dengan memilih ukuran ban yang sesuai, kamu bisa melakukan perawatan ban yang tepat agar tetap layak digunakan.

Berikut ini penjelasan singkat mengenai kode ukuran pada ban mobil.

  • Tiga Angka Paling Depan untuk Kode Ketebalan

Sebagai contoh adalah kode 205/65R15 95H. Tiga angka yang paling depan adalah 205.

Nah, tiga angka tersebut menunjukkan seberapa tebalnya dinding ban dalam satuan milimeter saat pelek dipasang.

  • Dua Angka yang Terdapat Setelah Garis Miring Menunjukkan Rasio Ban

Setelah tiga angka yang pertama tadi, ada garis miring pemisah kode. Dua angka setelah garis miring tersebut, yaitu 65 (205/65R15 95H). Angka 65 menunjukkan rasio ban.

Yang dimaksud dengan rasio ban adalah persentase tinggi ban mobil terhadap ketebalannya.

  • Huruf yang Ada di Tengah Menunjukkan Konstruksi Ban

Kode pada ukuran ban tidak hanya berupa angka, tetapi juga huruf. Huruf yang ada di tengah kode ban tersebut adalah R.

Huruf R yang merupakan singkatan dari radial ini menunjukkan konstruksi ban.

  • Dua Angka Setelah Huruf Menunjukkan Lebar Diameter

Kode yang selanjutnya adalah dua angka setelah huruf. Pada kode 205/65R15 95H, angka yang dimaksud adalah 15. Kode angka 15 ini menunjukkan berapa lebarnya diameter velg ban dalam satuan inci.

Jika ingin mengetahui ukuran velg, kamu hanya perlu mengamati dua angka setelah huruf yang di tengah tadi. Semakin besar angkanya, semakin besar pula lebar diameter velg ban mobil.

  • Dua Angka Terakhir Menunjukkan Batas Maksimum Tumpuan Beban

Selanjutnya, kode dua angka terakhir sebelum huruf. Pada kode ukuran ban 205/65R15 95H, angka yang dimaksud adalah 95. Dua angka paling akhir pada kode tersebut menunjukkan kemampuan maksimum beban yang dapat ditopang oleh masing-masing ban mobil.

Jika pada ban tertulis kode 95, artinya ban mobil tersebut mampu menopang beban maksimum 690 kg. Untuk arti dari kode dua angka paling akhir tersebut, berikut ini rinciannya:

  • Kode 70 artinya ban mampu menahan beban maksimal 335 kg
  • Kode 75 artinya ban mampu menahan beban maksimal 387 kg
  • Kode 80 artinya ban mampu menahan beban maksimal 450 kg
  • Kode 90 artinya ban mampu menahan beban maksimal 600 kg
  • Kode 100 artinya ban mampu menahan beban maksimal 800 kg
  • Kode Huruf Terakhir Menunjukkan Speed Rating

Kamu bisa melihat pada kode 205/65R15 95H, huruf paling akhir adalah H. Kode H tersebut menunjukkan speed rating.

Ban dengan kode huruf paling akhir H berarti kecepatan yang bisa dipacu maksimal adalah 210 km per jam.

Selain kode H, ada juga kode lain seperti, J, Q, S, T, U, V, W dan Y. Kode J merupakan batas kecepatan maksimal terendah yakni, 100 km per jam. Sementara itu, kode Y menunjukkan batas maksimal kecepatan tertinggi yakni, 300 km per jam.

Nah, itu tadi informasi ukuran yang ada pada ban mobil dan cara membaca kodenya. Dengan mengetahuinya, kamu tidak akan salah beli ban mobil. Jika terlanjur dibeli dan ukurannya tidak sesuai akan sangat disayangkan.

Kamu sebaiknya melindungi mobil kesayanganmu dari risiko kerugian akibat kecelakaan dan kehilangan. Dengan asuransi mobil, kamu akan mendapatkan banyak manfaat perlindungan mobil.

Kamu bisa menemukan rekomendasi mobil terbaik di e-commerce asuransi cekpremi. Segera kunjungi cekpremi dan temukan asuransi terbaik untuk mobilmu.

Asuransi Mobil

Pertanyaan Seputar Ukuran Ban Mobil

Ban mobil mempunyai ukuran yang berbeda tergantung kebutuhan tiap mobil. Mungkin saja masih ada pertanyaan yang terbesit mengenai hal ini. Berikut ini contoh pertanyaan yang umum diajukan berkaitan tentang ukuran pada ban mobil.

Bagaimana melihat ukuran ban mobil?

Untuk mengetahui ukuran ban, kamu perlu membaca kode yang tertera pada ban mobil. Kode 3 angka paling depan menunjukkan lebar tapak ban. Angka setelah garis miring menunjukkan tinggi ban. Huruf di tengah menunjukkan tipe ban. Angka setelah huruf menunjukkan diameter velg.

Berapa lama usia ban mobil?

Usia ban mobil idealnya diganti setelah pemakaian selama tiga tahun. Meskipun kembangnya masih tebal, ban akan mengeras dan karetnya tidak lentur sehingga kurang nyaman saat dipakai.