Piston Mobil dan Cara Merawatnya

piston

Piston mobil merupakan komponen yang terletak pada silinder blok. Komponen ini berpengaruh terhadap kenyamanan dan keselamatan berkendara. Beberapa komponennya: ring piston, ring oil, ring kompresi, celah piston, pena piston, snap ring, dan batang piston. Masing-masing komponen memiliki peranan penting dalam proses bekerjanya piston.

Fungsi Piston Mobil

  1. Mengompres Material Dalam Silinder

Fungsi pertama yakni mengompres material pembakaran yang sudah terhisap agar mudah terbakar. Fungsi ini bekerja ketika terjadinya langkah kompresi. Saat piston bergerak dari bawah ke atas dalam kondisi seluruh katup tertutup, maka akan terjadi pengecilan volume. Akan tetapi di dalam silinder masih terdapat material pembakaran. Proses itulah yang membuat material dalam silinder akan terkompres.

  1. Mengubah Daya Ekspansi Pembakaran Menjadi Gerakan Energi Mekanik

Komponen ini dapat mengubah energi ekspansi pembakaran menjadi sebuah energi mekanik. Kamu juga bisa menyaksikan proses ini secara langsung. Saat busi menyala dan menciptakan pembakaran, maka akan terjadi ledakan yang berupa panas, gas sisa pembakaran dan energi ekspansi. Energi ini belum maksimal karena belum diubah ke gaya mekanik. Piston nantinya dapat langsung terdorong dari posisi atas ke bawah dalam proses ini.

  1. Mengatur Volume Silinder

Piston bekerja dengan cara naik dan turun, saat piston sedang turun, maka volume silinder akan semakin besar hingga mesin dapat menghisap campuran bahan bakar dan udara ke ruang bahan bakar. Sebaliknya, saat piston sedang naik, maka volume silinder akan mengecil yang dapat meninggikan tekanan maupun temperatur gas pada ruang bahan bakar. Nantinya, piston juga dapat mendorong gas sisa pembakaran.

Tips Merawat Piston Mobil

Untuk membuat ring piston awet caranya cukup mudah. Pertama, merawat piston menggunakan oli yang standarnya sesuai mesin. Lalu, melakukan pergantian oli secara berkala. Terakhir, menjaga kebersihan piston.

Untuk menjaga kebersihan piston, kamu bisa merendam piston dengan cairan pembersih. Caranya dengan melepas terlebih dahulu piston dari posisinya. Kemudian, bisa langsung rendam bersama dengan batang piston dengan menggunakan cairan pembersih. Apalagi piston terlihat sangat kotoran, sebaiknya kamu membersihkannya dengan cara manual. Terutama pada bagian-bagian yang tidak sepenuhnya terendam cairan pembersih.

Kamu juga perlu memperhatikan alur pada ring piston. Ring piston menjadi bagian yang paling banyak mengalami masalah, seperti berkarat atau mengalami aus. Ukuran ring piston yang kecil dan bersifat slow moving kerap kali menjadi bagian yang kurang diperhatikan. Padahal, jika diabaikan akan berdampak signifikan pada mesin jika mengalami kerusakan. Selain itu, komponen yang satu ini juga menjadi bagian yang memiliki batas umur pakai.

Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil. Contoh asuransi yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Asuransi Simas Insurtech dan Mega Insurance.

Asuransi Simas Insurtech menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive (all risk). Bengkel rekanannya sudah mencapai 584 bengkel. Hal ini akan memudahkanmu untuk melakukan perbaikan. Premi TLO mulai dari Rp.35.000 perbulan. Untuk premi all risk mulai dari RP.175.000 per bulan. Batas usia kendaraannya juga cukup lama. Untuk jaminan gabungan (Comprehensive) sampai dengan usia 10 tahun, sedangkan untuk jaminan Total Loss Only ( TLO ) bisa sampai dengan usia 20 tahun.

Mega Insurance menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive. Pilihan perluasan asuransi comprehensive-nya juga cukup banyak di antaranya; RSCC & TS (kerusuhan, pemogokan, sabotase), act of God (bencana alam), TJH, Kecelakaan diri pengemudi dan/atau penumpang. Proses klaimnya juga mudah karena ada aplikasi Mega Insurance Assistant.

Untuk mendapatkan pilihan asuransi terbaikmu, kamu bisa mengunjungi Cekpremi. Layanan ini menyediakan asuransi mobil yang sesuai untukmu. Pilih produknya dan dapatkan cashback dalam jumlah menarik.

Pertanyaan Seputar Piston Mobil

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa saja komponen piston mobil?” answer-0=”Di dalam piston terdapat beberapa bagian penting. Seperti Ring piston, Snap ring, Batang piston, dan Celah piston. Komponen tersebut memiliki peran berbeda-beda pada saat mesin mobil berjalan. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apa yang terjadi jika piston rusak?” answer-1=”Piston rusak bisa membuat dinding silinder yang aus menyebabkan oli masuk ke ruang bakar. Kemudian, akan menimbulkan masalah baru seperti busi yang sering mati. Tidak hanya itu, dari masalah tersebut pun akan memunculkan bau sangit dan bau asap knalpot yang tidak enak. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]