Steering Damper, Aksesoris Stang Motor Untuk Tingkatkan Performa

Aug - 02
2021
aksesoris stang motor

Steering Damper, Aksesoris Stang Motor Untuk Tingkatkan Performa

Stabilizer atau biasa disebut juga steering damper merupakan salah satu komponen pendukung stang motor yang termasuk fitur bawaan untuk motor berkapasitas mesin besar. Namun tidak jarang, stabilizer biasa ditemukan pada kendaraan modifikasi. Pada motor balap, komponen ini penting dan sangat mempengaruhi kestabilan karena bisa meredam getaran ketika motor dikendarai dengan kecepatan penuh. Tidak hanya pada motor balap atau modifikasi, aksesoris stang motor satu ini juga banyak digunakan pada motor harian untuk meningkatkan performa.

Steering damper berfungsi untuk menghasilkan putaran yang lebih lembat pada stang menggunakan sistem hidrolik. Hal ini bertujuan agar motor tetap stabil saat dikendarai dalam kecepatan tinggi atau pada saat bermanuver di jalanan berbelok.

Selain itu, stabilizer atau steering damper ini juga berfungsi sebagai pemberat untuk mengurangi getaran pada motor sehingga performansi kendaraan menjadi lebih stabil. Steering damper atau stabilizer ini dapat bekerja secara maksimal jika kualitas komponen yang digunakan bagus.

Sebagai salah satu aksesoris stang motor yang berfungsi untuk menstabilkan kendaraan pada kecepatan tinggi, pemasangan steering damper juga tidak bisa dilakukan secara sembarang. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses pemasangannya. Pemasangan stabilizer sebaiknya dilakukan sesuai dengan kebutuhan, baik sebagai aksesoris motor maupun komponen pendukung performanya. Pemasangan ini diperbolehkan asalkan bermanfaat dan tidak mengganggu keamanan pengendara saat di jalan, terutama jika dipakai untuk aksesoris.

Ada beberapa tingkatan kekerasan pada alat stabilizer ini, tergantung model dan mereknya. Pengaturan pada tingkatan kekerasan ini disebut dengan klik. Berbagai merek dan jenik klik juga ditawarkan di pasaran yang membuat variasi steering damper lebih banyak sehingga membuat Anda harus lebih teliti dalam memilih klik yang cocok dengan motor Anda.  Tingkatannya pun bervariasi seperti 8 klik, 14 klik, 22 klik, 24 klik, dan seterusnya, yang bisa diaplikasikan sesuai jenis motor.

Anda dapat memasang steering damper ini sesuai dengan kebutuhan. Hal ini termasuk dengan menyesuaikan jarak tempuh maupun jalan yang sering dilalui. Apabila jalur yang ditempuh kebanyakan lurus, maka bisa menggunakan stabilizer berukuran 27 mm. Lalu ukuran 201 mm bisa dipakai untuk motor sport dan drag.

Jenis-Jenis Aksesoris Stang Motor Steering Damper

Motor Steering Damper

Ada dua macam bentuk steering damper, yakni bentuk tabung dan kotak atau memutar.

1. Bentuk Tabung

Steering damper berbentuk tabung lebih banyak dijumpai di pasaran dan banyak digunakan untuk modifikasi segala jenis motor. Bentuk tabung memanjang pada steering damper biasanya bergerak. Jika panjang as sekitar 120 mm, maka pemasangannya harus dilakukan lurus dengan jarak sasis ke segitiga sok depan sebagai perantaranya. Jenis komponen ini kerap digunakan motor untuk road race kelas bebek.

Sedangkan, steering damper model pendek ini memiliki ukuran sekitar 80 mm yang cocok untuk motor sport. Ruang pemasangan komponen ini termasuk sempit, terutama jika memiliki fairing. Hal ini karena stabilizer diaplikasikan di antara segitiga atas dan depan tangki motor.

2. Bentuk Kotak atau Memutar

Selain berbentuk tabung, ada pula stabilizer yang berbentuk kotak atau memutar. Model komponen ini terbilang mudah untuk dipasang dan tidak membutuhkan bentuk ruang. Pemasangannya dilakukan di segitiga sok depan yang terhubung ke bagian sasis, baik sebelah kiri atau kanan.

Jenis stabilizer ini umumnya hanya memiliki satu setelan untuk mengatur kerja komponen tersebut. Proses pengaplikasian komponen ini juga tidak boleh asal putar saja, melainkan harus mengikuti prosedur yang benar. Pastikan komponen sudah terpasang dengan tepat agar lebih mudah digerakkan. Untuk mengatur steering damper ini  sendiri cukup mudah.

Sebelum memasangnya, pastikan untuk memilih posisi yang tepat. Kemudian putar komponen setiap 2 klik secara perlahan dan bertahap. Lalu cobalah membelokkan stabilizer untuk mengecek setelannya sudah pas atau belum.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai aksesoris stang motor steering damper yang berfungsi untuk meredam getaran ketika motor dikendarai pada kecepatan tinggi. Jangan lupa untuk selalu merawat kendaraan Anda agar performanya selalu terjaga. Bila perlu tambahkan asuransi kendaraan untuk mencegah berbagai kerugian yang diinginkan di masa mendatang. Dapatkan penawaran menarik untuk asuransi kendaraan Anda hanya di Cekpremi.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi