13 Manfaat Susu Kedelai yang Terbukti Baik Untuk Tubuh

Susu kedelai sedari dulu dikenal dengan minuman yang enak dan juga menyehatkan. Rasanya yang manis dan gurih membuat minuman satu ini populer di Indonesia. Memiliki berbagai kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh juga merupakan kelebihan lain yang dimiliki oleh susu kedelai. Tanpa berlama-lama lagi yuk simak 8 manfaat susu kedelai yang baik untuk tubuh di artikel ini!

13 manfaat susu kedelai yang baik untuk tubuh

Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan dari mengkonsumsi susu kedelai yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber:

1. Menurunkan kolesterol

Kandungan asam amino dan isoflavon yang terdapat di susu kedelai terbukti dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Kolesterol rendah di dalam tubuh artinya kalian menyelamatkan diri kalian dari resiko penyakit jantung dan stroke.

2. Mengontrol gula darah

Terbuat dari biji kedelai yang menurut penelitian Archives Internal Medicine dapat mengontrol gula darah di tubuh. Jika kalian merasa banyak mengkonsumsi makanan manis, ada baiknya kalian seimbangkan dengan minum susu kedelai.

Baca juga: Cegah Korona dengan 6 Makanan Penambah Imun Ini!

3. Mencegah osteoporosis

Sebagaimana manfaat susu pada umumnya, susu kedelai juga dapat menjaga kesehatan tulang kalian. Kandungan kalsium yang terdapat pada susu kedelai merupakan alasannya mengapa susu kedelai dapat mencegah osteoporosis.

4. Mendukung proses pertumbuhan anak

Kandungan protein tinggi yang terdapat pada susu kedelai terbukti dapat mendukung pertumbuhan seorang anak. Pastikan anak kalian yang sedang dalam masa pertumbuhan diberikan susu kedelai ya!

5. Meringankan gejala post-menopause

Wanita yang sudah masuk periode post-menopause menyebabkan daya tahan tubuh wanita berkurang. Kandungan isoflavon pada susu kedelai terbukti dapat menjaga daya tahan tubuh wanita tetap prima bahkan saat periode post menopause.

Baca juga: 10 Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan, Ampuh Tangkal Covid!

6. Melancarkan pencernaan

Pencernaan yang tidak lancar adalah akibat dari tubuh yang kekurangan serat. Serat bisa kalian dapatkan dari mengkonsumsi susu kedelai secara rutin loh! Dijamin jika kalian mengkonsumsi susu kedelai secara rutin kalian terhindar dari wasir, sembelit dan susah BAB.

7. Mencegah penyakit kanker usus

Susu kedelai mempunyai kandungan bakteri baik yang disebut dengan butyrate. Bakteri baik satu ini dapat berfungsi sebagai anti inflamasi yang mampu menjaga kesehatan usus sehingga usus dapat terhindar dari kanker.

8. Mencegah kanker payudara

Negara-negara seperti Jepang dan Singapura yang banyak mengkonsumsi kedelai terbukti memiliki angka kejadian kanker payudara yang rendah. Maka dari itu Paterson Institute for Cancer Research melakukan penelitian. Di penelitian tersebut terbukti kandungan phytoestrogens yang terdapat pada kedelai dapat mencegah perkembangan sel kanker payudara.

9. Menjaga kesehatan gigi

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa kalsium dapat menjaga kesehatan gigi. Berhubung susu kedelai memiliki kandungan kalsium yang tinggi otomatis kesehatan gigi juga dapat terjaga dengan baik.

10. Mempercepat penyembuhan luka

Vitamin K yang terdapat pada susu kedelai juga terbukti dapat membantu proses pembekuan darah agar lebih cepat. Jika proses pembekuan darah lebih cepat otomatis luka luar juga bisa sembuh lebih cepat.

11. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat pangan yang tinggi pada susu kedelai juga terbukti dapat melancarkan sistem pencernaan tubuh. Penyakit seperti susah buang air besar, wasir dan sembelit dijamin dapat dicegah deh!

12. Mencegah kanker prostat

Kandungan isoflavon yang terdapat pada susu kedelai terbukti dapat bermanfaat untuk mencegah kanker prostat.

Studi yang pernah dilakukan oleh Sapporo Medical University menunjukkan bahwa mengkonsumsi susu kedelai secara rutin dapat menurunkan resiko kanker prostat.

13. Menjaga kesehatan hati

Sama seperti poin yang sudah disebutkan sebelumnya, kandungan isoflavon kembali memegang peranan.

Isoflavon mampu memberikan efek antioksidan pada tubuh, yang kemudian antioksidan tersebut dapat mencegah kerusakan pada hati.

Pastikan biaya berobat terlindungi dengan adanya asuransi!

asuransi kesehatan malacca

Kesehatan merupakan hal termahal yang ada di dalam hidup seseorang. Jika tubuh terkena penyakit tentunya bisa menghalangi aktivitas-aktivitas kita, oleh karena itulah biasanya biaya berobat tidaklah murah.

Kalian bisa mendaftarkan diri kalian ke BPJS untuk keringanan biaya berobat, namun BPJS sayangnya tidak memberikan akses ke semua obat yang tersedia di dunia medis, oleh karena itu pastikan juga untuk mendaftarkan diri kalian ke asuransi kesehatan milik swasta! Kalian bisa mendapatkan keuntungan yang tidak kalian dapatkan dari BPJS loh.

Pilih dan bandingkan berbagai produk asuransi kesehatan yang terpercaya hanya di Cekpremi.