Kenali 5 Penyebab dan Cara Menghaluskan Suara Mesin Motor Matic

Jul - 13
2021
cara menghaluskan suara mesin motor-matic

Kenali 5 Penyebab dan Cara Menghaluskan Suara Mesin Motor Matic

Last Updated on November 23, 2021 by Andrian

Motor matic merupakan salah satu jenis sepeda motor yang paling banyak peminatnya. Banyak orang sudah beralih ke motor matic sekarang. Penggunanya pun beragam mulai dari anak muda, orang tua, laki-laki maupun perempuan. Tingginya minat pengguna motor matic bisa jadi dipengaruhi oleh penggunaannya yang praktis dan mudah, apalagi untuk berkendara santai dan keperluan berpergian sehari-hari. Namun motor matic juga sering kali menimbulkan kendala seperti suara mesin yang kasar. Hal ini tentu dipengaruhi oleh intensitas perawatan motor yang Anda lakukan. Sebelum mempersiapkan perawatan motor, sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu penyebab suara kasar pada motor matic dan bagaimana cara menghaluskan suara mesin motor matic.

 

5 Penyebab Suara Mesin Motor Matic Berisik

1. Gas berlebihan

Penyebab pertama adalah karena terlalu sering digas secara berlebihan. Gas yang berlebihan bisa membuat mesin menghasilkan bunyi yang kasar. Penyebab ini sering dianggap hal wajar, padahal sebenarnya hal tersebut juga berkontribusi untuk  membuat performa motor menurun. Untuk menghaluskan suara mesin motor matic, sebaiknya Anda tidak melaju dengan kencang atau menggunakan gas sevara berlebihan, terutama setelah motor berada dalam kondisi diam. 

2. Roller

Penyebab selanjutnya yang membuat suara mesin motor matic tidak enak didengar adalah kondisi roller yang sudah peyang atau sudah tidak berbentuk seperti semula. Roller biasanya berbentuk bulat, namun jika hancur bisa samoai tidak berbentuk lagi. Jika roller rusak, tidak hanya suara yang buruk tetapi performa mesin juga jadi berkurang. Maka perawatan dan pengecekan rutin juga sangat penting untuk lakukan.

Baca juga: 5 Penyebab Suara Mesin Motor Matic Kasar, Jangan Diabaikan!

3. Plastik Slider Menutupi Rumah Roller

Bukan hanya karena roller yang bermasalah hingga timbul suara berisik di bagian CVT, tetapi ketika plastic slider ternyata menutupi bagian roller juga bisa menjadi sumber suara berisik karena bor yang sudah aus.  Jika dibiarkan terlalu lama, bunyinya bisa semakin keras dan bisa menimbulkan getaran dan gerakan pelat tutup roller semakin tidak stabil.

4. Sabuk V-belt

Kondisi selanjutnya yaitu saat sabuk v-belt sudah aus. Ketika sabuk v-belt aus, timbul suara yang mengganggu di bagian CVT. Seakan-akan terdengar seperti rantai yang kendur. Hal ini mengakibatkan tutup CVT atay crankcase sering tergesek belt. Akibat lain yang bisa ditimbulkan selain suara kretek-kretek itu adalah akselerasi awal yang selip.

5. Gearbox

Penyebab kelima yang bisa menjadi penyebab timbulnya bunyi pada motor matic yaitu kondisi gearbox yang sudah aus. Hal ini menyebabkan timbulnya celah antar mata gigi dan kondisinya juga semakin tidak presisi. Dari sinilah timbulnya bunyi yang tidak enak untuk didengar.

 

Cara Menghaluskan Suara Mesin Motor Matic

mesin matic

Mesin motor matic yang terdengar kasar bisa ditangani dengaan rajin melakukan perawatan rutin untuk motor matic anda, minimal secara reguler dengan pergantian pada oli. Penggunaan oli sangat penting karena bisa mencegah komponen menjadi aus. Ada dua jenis oli yaitu oli khusus mesin dan oli khusus transmisi. 

Agar suara motor matic Anda halus, Anda harus mengganti oli transmisi setiap 8.000 km, atau bisa lebih cepat berdasarkan penggunaan. Jika motor sering digunakan, biasanya harus ganti oli ketika sudah mencapai 5.000 km. 

Demikian cara menghaluskan suara mesin motor matic agar lebih nyaman digunakan. Perawatan rutin adalah kunci untuk menghalus suara kendaraan. Selain itu, Anda juga bisa memasang perlindungan tambahan untuk kendaraan anda dengan fitur asuransi kendaraan yang bisa anda dapatkan tawarannya hanya di cekpremi.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

promo november