Apa yang Dimaksud dengan Oli Sintetis, Perbedaanya dengan Oli Mineral

Oli sintetis merupakan jenis oli mesin yang terbuat dari rekayasa kimia. Berbeda dengan oli mineral, oli sintetis tidak menggunakan bahan baku berupa minyak bumi.

Dalam sistem kerja mobil, oli mesin menjadi komponen yang sangat penting. Oli mesin berperan untuk menjaga suhu mesin tetap ideal, membuat mesin tetap bersih, menjaga dari keausan, dan melumasi komponen yang ada di dalam mesin.

Untuk itu, kamu perlu mengganti oli mesin ini setiap menempuh jarak tertentu secara rutin. Kamu tidak boleh mengabaikannya agar performa mesin tetap terjaga.

Sebelum menggunakan oli mesin, kamu sebaiknya mengetahui perbedaan antara oli mineral dan sintesis. Keduanya mempunyai kelebihan dan karakteristik masing-masing.

Untuk lebih jelasnya mengenai kedua jenis oli mobil ini, kamu bisa membaca artikel ini sampai habis. Jangan sampai terlewat ya.

Apa Itu Oli Sintetis

Oli yang satu ini merupakan perkembangan lebih lanjut dari oli mineral. Didukung teknologi yang semakin berkembang, oli mobil juga harus meningkatkan kinerjanya untuk mesin mobil bekerja lebih baik.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, oli yang satu ini tidak berbahan baku minyak bumi, tetapi dibuat dari dilakukannya rekayasa kimia. Dengan rekayasa kimia, struktur molekul oli menjadi lebih baik dan teratur.

Perbedaan antara Oli Mineral dengan Sintetis 

Oli mobil jenis sintetis berbeda dengan oli mineral. Perbedaannya yang paling jelas adalah bahan dasarnya.

Oli mesin jenis sintetis terbuat dari rekayasa kimia. Sedangkan oli mineral terbuat dari minyak bumi. Proses pembuatan oli mineral membutuhkan proses pengolahan minyak bumi yang cukup panjang sampai akhirnya menghasilkan oli mesin.

Perbedaan yang selanjutnya adalah tingkat kekentalan atau viskositas. Oli mobil jenis sintetis mempunyai tingkat kekentalan yang lebih rendah dibanding oli mineral.

Kelebihan dari oli yang lebih encer adalah cocok untuk dipakai mobil bermesin modern dengan tingkat presisi tinggi.

Selain itu, oli mesin jenis sintetis mempunyai kemampuan melepas panas yang lebih baik dibanding oli mineral. Dengan begitu, oli mobil jenis tidak mudah menguap dan tidak mudah teroksidasi.

Perbedaan yang selanjutnya adalah masa pakai mesin. Oli mesin jenis sintetis mempunyai masa pakai yang lebih panjang dibanding oli mineral sehingga kamu tidak perlu sering menggantinya.

Karena oli mesin jenis sintetis mempunyai struktur komponen yang lebih teratur dan proses produksinya lebih rumit, oli jenis ini mempunyai harga yang lebih mahal dibanding oli mineral.

Itu tadi beberapa perbedaan antara oli mesin jenis sintetis dan oli mineral. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan spesifikasi mobil yang kamu miliki. Mobil dengan mesin modern direkomendasikan untuk menggunakan oli jenis sintetis.

Yang perlu kamu ingat juga, penggunaan oli mesin jenis sintetis tidak boleh dicampur dengan oli mineral. Pasalnya, hal ini bisa merusak komponen-komponen mesin. Kamu sebaiknya menggunakan mesin yang direkomendasikan oleh pabrik mobil.

Asuransi untuk Melindungi Mobil

Semakin banyaknya kehadiran mobil di jalan raya, potensi kecelakaan mobil di jalan raya juga semakin tinggi. Apabila sewaktu-waktu mobil yang kamu miliki mengalami kecelakaan, kamu tentu akan membutuhkan biaya perbaikan yang tidak sedikit jumlahnya. Uang tabungan yang selama ini sudah kamu kumpulkan bisa ikut terpakai untuk menutupi biaya perbaikan tersebut.

Nah, kamu bisa menggunakan asuransi mobil untuk memproteksi mobil dari risiko kerusakan akibat kecelakaan. Anggaran pengeluaran yang sudah kamu tata tidak akan terganggu apabila sewaktu-waktu mobil kesayanganmu mengalami kecelakaan.

Ada dua jenis asuransi mobil yang bisa kamu gunakan yaitu, asuransi mobil komprehensif dan Total Loss Only (TLO). Dengan menggunakan asuransi mobil jenis komprehensif, kamu bisa mendapatkan klaim asuransi mulai rusak ringan, rusak berat sampai kehilangan mobil. Namun, biaya preminya cenderung sedikit lebih mahal dibanding asuransi jenis TLO.

Sementara itu, asuransi mobil TLO hanya bisa mengcover biaya perbaikan mobil yang kerusakannya mencapai 75 persen dari harga mobil sebelum terjadinya kecelakaan. Selain itu, asuransi ini juga mengcover kehilangan mobil. Kamu bisa memilih jenis asuransi mobil sesuai kebutuhanmu.

Sebelum memilih jenis asuransi mobil yang cocok, kamu sebaiknya mengetahui karakteristik dan kelebihan masing-masing asuransi mobil.

Rekomendasi asuransi mobil terbaik bisa kamu temukan dengan mengunjungi e-commerce asuransi cekpremi. Kunjungi cekpremi sekarang juga dan temukan asuransi mobil yang sesuai untuk melindungi mobil kesayanganmu.

Pertanyaan Seputar Oli Sintetis

Oli mobil jenis sintetis mempunyai kelebihan yang cukup baik dibanding oli mineral. Di antaranya, lebih mudah melepaskan panas dan masa pakai lebih panjang. Mungkin masih ada pertanyaan yang terbersit mengenai hal ini, berikut pertanyaan yang umumnya diajukan.

Apa yang dimaksud dengan oli sintetis?

Yang dimaksud dengan oli mesin jenis ini adalah oli yang dibuat dari rekayasa kimia, bukan dari bahan baku minyak bumi seperti halnya oli mineral. Hasil rekayasa kimia ini menghasilkan struktur molekul oli sintetik yang lebih teratur.

Kenapa harus oli sintetik?

Alasan mengapa kamu perlu memilih oli sintetik di antaranya adalah karena mempunyai titik didih yang lebih tinggi dibanding oli mineral. Hal ini membuat oli jenis ini lebih tahan terhadap api dan lebih stabil pada saat suhu tinggi. Selain itu, oli ini juga lebih encer sehingga lebih mudah mengaliri komponen mesin.