Gardan Mobil, Fungsi dan Cara Kerjanya

gardan

Pemilik kendaraan tentunya harus mengetahui nama-nama komponen yang berada di dalam kendaraannya, yang salah satunya gardan mobil. Ini merupakan komponen yang memiliki sistem kerja cukup vital dan berada di dalam sistem penggerak kendaraan. Makanya pemahaman terhadapnya harus diketahui supaya tidak salah ketika melakukan perawatan.

Untuk itu, di artikel ini saya akan me-review secara singkat tentang komponen yang dimaksud. Untuk itu, silakan dicermati sampai tuntas dan harus dipastikan kamu memahaminya demi kesehatan mesin mobil yang dimiliki. Ini dia ulasan selengkapnya:

Pengertian Gardan Mobil

Secara sederhana gardan mobil bisa diartikan sebagai pendorong energi agar muncul energi putar di mesin yang setelah itu akan dihantarkan ke poros penggerak kendaraan. Selain itu, komponen ini juga bermakna sebagai pengatur gerakan seluruh ban ketika mobil sedang berbelok arah.

Akan tetapi, tidak semua kendaraan memiliki komponen ini kecuali mobil tipe RWD dan 4WD saja yang terbilang tipe untuk mobil kekinian. Nah, jika gardan mobil bekerja maksimal, maka otomatis energi gerak perputaran mesin juga maksimal serta ada kecepatan yang rata antara ban kanan dengan ban kiri ketika di belokan.

Fungsi Gardan Mobil

Jika dibaca dari pengertiannya saja, sudah terlihat dengan jelas, kalau gardan merupakan komponen yang memiliki fungsi penting bagi sistem kinerja mesin kendaraan. Nah, kalau ingin mengetahui fungsi yang lebih lengkap, silakan baca di sini:

1. Pembeda Putaran Ban Mobil

Perputaran poros ban ketika melaju lurus dengan berbelok tentu berbeda dan ini disebabkan oleh adanya gardan di dalamnya. Yang umum ialah, perputaran roda saat lurus menggunakan radius sedikit lebih panjang, tetapi kalau berbelok lebih pendek. Alhasil mobil bisa berbelok dengan mudah tanpa khawatir terjadi selip.

2. Pendorong Tenaga Putar Mesin

Di dalam mesin ada tenaga putar yang harus dihantarkan ke poros penggerak yang ada di ban. Karena alasan inilah, maka mobil bisa melaju dengan nyaman serta berjalan mundur juga dengan ideal. Sebaliknya tanpa gardan mobil, energi putar tidak akan sampai ke poros putar yang akhirnya, ban tidak akan bergerak.

3. Pengubah Arah Putar Poros Penggerak

Transisi antara mobil yang melaju lurus dengan berbelok harus berjalan maksimal, ideal, cepat dan akurat. Nah, itu artinya, ada perputaran poros penggerak yang berjalan secara ekstrim hingga mencapai 90 derajat. Sedangkan yang berperan di sini adalah gardan yang mampu memacu sistem putar dengan memanfaatkan instrumen transmisi dan kopling.

4. Meningkatkan Kinerja Tenaga Putar

Sudah sama maklum kalau gigi masih rendah maka otomatis laju kendaraan tidak terlalu cepat karena di saat itu, energi putar masih rendah. Namun ketika gigi dinaikkan maka otomatis tenaga putar juga lebih cepat yang membuat kendaraan juga bisa melaju dengan maksimal. Nah, kinerja ini bisa terjadi kalau gardan mobil tidak bermasalah.

Cara Kerja Gardan Mobil

Cara kerja gardan mobil dibagi menjadi beberapa bentuk terkait dengan posisi kendaraan saat melaju. Nah, untuk mengetahui yang selengkapnya, silakan baca list berikut ini:

1. Cara Kerja Saat Mobil Berbelok

Pada saat mobil sedang berbelok atau tidak dalam jalan lurus maka roda yang bagian dalam akan mendapatkan tekanan perputaran dari roda depan. Karena posisi ini akhirnya bobot side gear lebih berat yang membuat pineor gear melakukan perputaran. Nah, pinion gear inilah yang sejatinya menjadi pembeda putaran atau komponen yang membuat kedua gear berputar secara berlawanan.

2. Cara Kerja Saat Mobil Berjalan Lurus

Saat mobil melaju di jalanan yang lurus, maka secara otomatis gardan akan menghasilkan tenaga putar yang dihantarkan langsung ke pinion driver. Pasalnya, di kala itu, posisi setir mobil juga dalam keadaan lurus. Posisi ini tidak akan berubah selama mobil tidak berbelok.

Penjelasan berikutnya, gardan mobil akan menjadikan rpm ring gear lebih ringan daripada rpm pinion drive gear pada saat mobil melaju dengan lurus. Sedangkan di sisi lain, pada kondisi tersebut torsi kecepatan justru lebih tinggi yang menjadikan ada tenaga putar yang dihasilkan.

3. Cara Kerja Saat Ban Mobil Terjebak Lumpur

Kalau ban mobil terjebak lumpur, maka sistem kerja gardan berbeda dengan manakala mobil berbelok atau berjalan lurus. Pada kondisi ini, tekanan pada roda mobil tentunya lebih besar dibandingkan dua kondisi di atas. Akhirnya, gardan hanya mampu menghantarkan energi putar yang sedikit lambat.

Jika membaca review gardan mobil ini, maka tentunya kamu harus menjaga komponen tersebut dengan sebaik-baiknya. Termasuk selalu memeriksa dan mengisi oli gardan tepat waktu sebelum mengalami kerusakan. Menjadi sangat penting pula, jika kamu mengikuti program asuransi mobil di Cek Premi. Jadi tunggu apalagi silakan bergabung sekarang juga.

Asuransi Mobil

Pertanyaan Seputar Gardan Mobil

Ada sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan gardan mobil. Kamu harus mengetahui jawaban dari soal-soal yang dimaksud, dan ini pertanyaannya:

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa yang Dimaksud dengan Gardan Mobil?” answer-0=”Gardan Mobil merupakan komponen yang berada di sistem penggerak kendaraan. Biasanya, instrumen ini akan membantu mengantarkan energi gerak dari mesin menuju ke roda ban. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apa Fungsi dari Gardan Mobil?” answer-1=”Fungsi penting dari gardan mobil di antaranya ialah, membuat perbedaan perputaran gear pada mobil yang sedang melaju lurus dan sedang berbelok ke kanan maupun ke kiri. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]