Kaki Kaki Mobil Bunyi, Ini Penyebabnya

kaki mobil rusak

Jika kaki mobil bunyi, berarti ada masalah di area tersebut. Kamu harus mencari cara penyelesaiannya supaya tidak terlalu parah. Selain beresiko kecelakaan, laju kendaraan juga kurang ideal. Itu terasa sampai ke bagian kemudi. Ini juga alasan pentingnya mobil di-asuransi sejak dini.

Asuransi Mobil

Suara ini terdengar jika kendaraan melaju di jalanan bergelombang. Kamu harus tahu apa yang menyebabkan masalah tersebut. Pasalnya, kalau di jalanan rata, suara nyaris tidak terdengar. Kalau ingin mengetahui penyebab kaki kaki mobil bunyi saat jalan rusak, baca ulasan di bawah ini:

1. Long Tie Rod Mengalami Aus

Kaki-kaki mobil mengeluarkan suara bising disebabkan Long Tie Rod yang aus. Bisa karena lama tidak diganti atau menggunakan perangkat yang salah. Perangkat ini terdiri dari beberapa komponen. Jika satu ada yang aus, otomatis komponen lain akan longgar. Ini memicu keluarnya suara dari sana.

Ada yang mengatakan Long Tie Rod aus disebabkan kesalahan penggunaan kendaraan. Salah satu contohnya selalu melewati jalan rusak dengan kecepatan tinggi. Padahal di kondisi tersebut, beban komponen lebih berat. Akhirnya, semakin lama dibiarkan komponen pun menjadi aus.

Oleh sebab itu, berhati-hatilah ketika mengendarai mobil. Paling tidak harus mengetahui medan yang akan dilalui. Kalau jalannya rusak, bisa menurunkan kecepatan. Sehingga tidak terjadi tabrakan antar komponen di dalam Long Tie Rod. Kaki kaki mobil pun lebih aman dari suara-suara berisik.

2. Karet Bushing Arm Mulai Menipis

Penyebab kaki-kaki mobil bunyi berikutnya ialah karet Bushing Arm menipis. Ini merupakan perangkat keras yang lokasinya berada di bawah mobil. Salah satu fungsinya menahan dan menyeimbangkan bobot mesin dengan ban. Di setiap mobil terdapat 4 komponen dengan tempat berbeda.

Kalau terdengar bunyi tek tek pada kaki kaki mobil, periksa perangkat ini. Yang perlu dilihat lapisan karetnya. Kalau tipis, berarti sudah waktunya diganti. Cuma kalau bisa jangan diperbaiki karena berpotensi rusak kembali. Untuk harganya tergantung membeli yang asli atau imitasi.

Jadi kalau ingin tetap mengendarai mobil dengan nyaman, rawat dari komponen terkecil. Termasuk karet bushing arm yang berada di tempat tersembunyi. Karena kalau komponen ini menipis, juga tidak nyaman saat mobil dikendarai. Bahkan getaran ketika melewati jalan berlubang terasa sampai ke dashboard.

3. Bushing Stabilizer Ada yang Longgar

Di dalam mobil terdapat satu komponen bernama bushing stabilizer. Salah satu fungsinya menahan getaran supaya tidak mengganggu laju mobil. Yang perlu dijaga adalah getaran dari link stabilizer. Pasalnya lebih kuat terutama untuk mobil edisi lama. Maka dari itu, komponen ini harus sering diperiksa.

Komponen bushing stabilizer bekerja maksimal kalau ada isolator yang bekerja. Biasanya dibuat menggunakan bahan dari karet. Masalahnya, komponen ini gampang rusak dan aus. Jangankan itu, longgar saja, getaran sudah tidak bisa di-filter dengan baik. Sedangkan ciri-cirinya keluar suara bising dari kaki-kaki mobil.

Kalau mulai terdengar suara gluduk gluduk dari bawah mobil, segera periksa bushing stabilizer. Karena dikhawatirkan, karet isolator-nya longgar. Kalau kasus ini terjadi, berarti sudah waktunya membeli karet baru. Cuma jangan membeli yang imitasi sekalipun harganya murah.

4. Shock Breaker Tidak Berfungsi

Kaki kaki mobil mengeluarkan suara bising kadang disebabkan shock breaker tidak berfungsi. Penandanya, silakan dengarkan suara ketika mobil melaju di jalan rusak. Biasanya suara terdengar dengan jelas. Kalau memang terdengar suara segera cek kondisi komponen.

Tes pertama untuk melihat kondisi shock breaker adalah rasakan laju kendaraan. Kalau terasa ada ayunan ke atas dan ke bawah, berarti komponen mendekati kerusakan. Teknik ini disebut quick check. Sebuah cara mengecek kondisi shock breaker yang paling cepat.

Kalau memang shock breaker yang rusak, kaki-kaki mobil pasti berbunyi. Langkah terbaiknya mengganti komponen dengan yang baru dan original. Lalu pasang di bengkel yang bisa dan ahli. Dipasang di dealer resmi mobil juga lebih bagus. Pasalnya teknisi di sana pasti tahu cara memasang yang benar.

5. Karet Support Bermasalah

Kalau shock breaker tidak rusak tetapi kaki kaki mobil bersuara jangan-jangan karet support yang bermasalah. Biasanya komponen ini terpasang di atas shock breaker. Sedangkan permukaan lainnya bersentuhan langsung dengan body. Salah satu fungsi karet tersebut adalah menjaga getaran agar tidak terasa ke kemudi.

Kalau karet support shock breaker rusak, kaki kaki mobil pasti terdengar suara. Apalagi mobil berjalan di jalan yang tidak rata. Maka dari itu, kondisi ini jangan dibiarkan sampai parah. Lebih baik ganti karet dengan yang baru atau melakukan setting ulang. Siapa tahu permasalahannya hanya kelonggaran komponen saja.

Kaki kaki mobil bunyi merupakan masalah besar. Jadi tidak layak menganggapnya kasus ringan. Lain daripada itu, ini pentingnya ikut asuransi mobil. Paling tidak, setiap ada perawatan kerusakan, biayanya tidak besar. Maka dari itu, segera asuransikan sekarang juga mobil kamu di Cek Premi. Pasti puas dan tidak mengecewakan.

Pertanyaan Seputar Kaki Kaki Mobil Bunyi

Ada beberapa pertanyaan bagus terkait kaki kaki mobil bunyi. Pertanyaan ini perlu dijawab karena sejatinya masih banyak orang tidak memahaminya. Ini pertanyaan yang dimaksud:

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=” Apa yang Dimaksud dengan Kaki Kaki Mobil Bunyi?” answer-0=”Yang dimaksud kaki kaki mobil bunyi adalah terdengar suara bising dan asing yang muncul dari bawah mobil tepatnya di antara ban bagian depan. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=” Apa Penyebab Terjadinya Kaki Kaki Mobil Bunyi?” answer-1=”Banyak penyebab kaki kaki mobil bunyi yang semuanya bermuara pada kerusakan komponen yang berada di area tersebut. Seperti shock breaker yang lemah, karet support yang rusak hingga setting bushing stabilizer yang longgar.” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]