Asuransi AdMedika: Layanan, Manfaat, Cara Klaim, dll

asuransi admedika

Anda yang menjadi peserta asuransi kesehatan pasti sudah tidak asing lagi dengan AdMedika, bukan? Nah, kali ini kita akan bahas secara mendalam apa sih asuransi AdMedika itu. Yuk, simak informasinya berikut ini!

Apa Itu Asuransi AdMedika?

PT Administrasi Medika atau yang dikenal sebagai AdMedika adalah perusahaan yang berperan sebagai pihak ketiga atau Third Party Administrator (TPA) dalam hal melayani administrasi untuk kebutuhan klaim manfaat asuransi kesehatan di berbagai rumah sakit rekanan di seluruh Indonesia, Asia, bahkan dunia.  Asuransi AdMedika berdiri sejak tahun 2002. Pada tahun 2010, perusahaan ini resmi menjadi bagian dari Telkom Group melalui PT Multimedia Nusantara atau yang biasa dikenal TelkomMetra.

Memasuki tahun 2016, AdMedika bertransformasi dari perusahaan yang hanya memberikan layanan TPA menjadi sebuah perusahaan dengan prinsip Total Health Solution. Hal ini bertujuan untuk memperkuat posisi AdMedika sebagai pemimpin pasar di bidangnya. Saat ini, AdMedika memiliki 3 bidang fokus utama, yaitu Claim Management Service, Health Digital service dan Provider Management Service.

Layanan Asuransi AdMedika

AdMedika memiliki sejumlah layanan yang bisa dipilih oleh Anda guna memudahkan proses klaim asuransi yang dibeli. Layanan-layanan tersebut adalah sebagai berikut:

1. AdClaim Pro

AdClaim Pro atau AdMedika Claim adalah layanan klaim ganti rugi asuransi sesuai dengan polis asuransi yang sudah disetujui. Layanan ini memberikan layanan yang meliputi klaim manfaat asuransi untuk rawat jalan dan rawat inap dengan sistem pembayaran non-tunai ataupun reimbursement.

Manfaat layanan AdClaim Pro di antaranya meliputi:

  • Klaim layanan rawat inap dan rawat jalan secara cashless
  • Klaim layanan rawat inap dan rawat jalan secara reimbursement

2. AdClaim Plus

AdClaim Plus memiliki manfaat yang hampir sama dengan AdClaim Pro. Namun, pada asuransi AdMedika AdClaim Plus terdapat layanan tambahan bagi klien AdMedika. Layanan tambahan yang dimaksud berupa kemudahan bagi peserta atau bukan untuk dapat mendapatkan perawatan di lebih dari 2.500 jaringan provider.

Selain itu, terdapat layanan tambahan yang ditawarkan oleh Asuransi AdMedika AdClaim Plus berupa:

  • Peserta akan mendapatkan kemudahan untuk mendapatkan perawatan kesehatan di seluruh rumah sakit maupun klinik rekanan AdMedika yang tersebar di seluruh Indonesia.
  • Peserta akan mendapatkan kemudahan dalam proses pengurusan administrasi rumah sakit sehingga peserta dapat lebih cepat dalam mengurus administrasinya.

3. AdClaim Manage Care

Selanjutnya ada juga layanan AdClaim Manage Care yang merupakan layanan AdMedika claim yang memberikan manfaat berupa perawatan kesehatan berjenjang, yaitu mulai dari perawatan kesehatan di klinik atau Puskesmas hingga manfaat perawatan kesehatan di rumah sakit. Nasabah tidak perlu repot mengurus administrasi kesehatan yang sifatnya berjenjang yang umumnya cukup memakan waktu.

AdClaim Manage Care memberikan beberapa layanan untuk nasabahnya, yaitu:

  • Manfaat perawatan kesehatan berupa rawat jalan tingkat pertama di klinik atau di Puskesmas
  • Manfaat rawat jalan untuk tingkat lanjut atau tingkat spesialis
  • Manfaat perawatan kesehatan berupa rawat inap
  • Manfaat perawatan kesehatan berupa manfaat perawatan melahirkan (asuransi AdMedika melahirkan)

4. AdClaim CoB

Adclaim CoB (Coordination of Benefits) merupakan layanan dari asuransi AdMedika untuk mempermudah klien AdMedika nasabah dalam pembayaran asuransi. Adclaim CoB memberikan layanan pembayaran asuransi yang telah berkoordinasi dengan BPJS kesehatan. Manfaat AdClaim CoB antara lain:

  • Manfaat koordinasi jaminan kesehatan. Dalam hal ini peserta bisa mendapatkan jaminan kesehatan yang dibayar penuh.
  • Manfaat untuk menghindarkan peserta dari kelebihan pembayaran dari satu penjamin.

5. Assistant Service (I-Assist)

Layanan lain dari Asuransi AdMedika adalah layanan Assistant Service atau I-Assist. I-Assist merupakan layanan bantuan terpadu bagi peserta untuk melakukan evakuasi medis yang akan memberikan pelayanan 24 jam setiap hari di seluruh rekanan Asuransi AdMedika, baik untuk rekanan yang berada di dalam negeri maupun rekanan yang berada di luar negeri.

Manfaat layanan yang diberikan oleh I-Assist antara lain:

  • Manfaat layanan evakuasi medis 24 jam
  • Manfaat layanan pemantauan kesehatan secara intensif
  • Manfaat layanan rujukan dan konsultasi medis di seluruh dunia yang tersedia 24 jam setiap harinya.
  • Manfaat pelayanan dokter umum dan dokter spesialis

6. AdDoc

AdDoc atau digital claim merupakan layanan proses klaim digital melalui web service dari provider layanan kesehatan ke payor atau pihak insurance. AdDoc hadir untuk memberikan layanan klaim manfaat asuransi yang lebih efisien dan cepat karena proses klaim dilakukan langsung via web service dari Asuransi AdMedika. Beberapa manfaat dari AdDoc antara lain:

  • Mempercepat proses klaim
  • Percepatan waktu pembayaran manfaat asuransi dari payer ke provider
  • Menghemat biaya pengiriman dokumen klaim manfaat asuransi
  • Efisiensi proses administrasi klaim asuransi

7. AdBrief

Layanan AdBrief atau Data Analytics adalah layanan dari hasil analisis atau pengolahan data dan informasi mengenai perawatan, manajemen, dan analisis risiko. Nantinya hasil analisis ini dapat memberikan manfaat optimal bagi kedua pihak, yaitu peserta asuransi dan perusahaan asuransi.

Hasil analisis dari AdBrief diharapkan dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan strategis, merumuskan rencana promotif, preventif, rehabilitatif dan kuratif. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan Asuransi AdMedika.

Berikut beberapa layanan serta manfaat layanan AdBrief:

  • Disease Management merupakan layanan pengklasifikasian tren kesehatan berdasarkan penyakit dengan biaya perawatan tinggi atau penyakit yang bersifat degeneratif.
  • Medical Case Management merupakan program layanan untuk kasus-kasu medis khusus.
  • Provider Management merupakan program layanan yang memberikan akses informasi luas tentang pelayanan kesehatan berkualitas dan efisiensi biaya perawatan medis
  • Medication Management merupakan program yang dikelola oleh apoteker handal untuk memberikan layanan bantuan dalam memastikan efektivitas, kesesuaian, dan keamanan penggunaan obat terutama bagi pasien yang menderita penyakit dengan resiko tinggi atau bersifat degeneratif.

8. Mobile Health

AdMedika Mobile Health merupakan layanan mobile yang memberikan berbagai kemudahan dan berbagai informasi seputar klaim, rekanan dan informasi lainnya melalui aplikasi mobile AdMedika. Kamu dapat mendownload aplikasi mobile Asuransi AdMedika di Google Play untuk android dan App Store untuk iphone. Nama aplikasi mobile AdMedika ini adalah My Persona. Manfaat layanan Mobile Health ini antara lain:

  • Mudah untuk mendapatkan informasi kesehatan
  • Bisa mengakses informasi catatan klaim yang sudah pernah dilakukan (histori klaim) oleh peserta.
  • Terdapat informasi rekanan rumah sakit atau klinik terdekat.
  • Terdapat kartu kesehatan digital yang memudahkan nasabah dalam memproses segala sesuatu.

9. T-Health Digital Service

T-Health Digital Service atau Telkom Health Digital merupakan program Mobile Obstetrical Monitoring (MOM). Layanan ini digunakan untuk memantau kondisi kesehatan ibu hamil dan janin berbasis digital. Ada berbagai fitur yang terdapat pada layanan ini agar dapat memberikan pelayanan monitoring terbaik bagi ibu hamil. Layanan ini memberikan berbagai manfaat bagi ibu hamil, seperti:

  • Dapat mendeteksi dan memantau kehamilan sejak dini
  • Nasabah mendapatkan akses perawatan pre & post melahirkan yang luas
  • Peningkatan manajemen pasien yang lebih optimal

10. Hisys

Hisys atau Health Information System merupakan aplikasi yang berisi sistem informasi manajemen pelayanan pasien dan manajemen pelaporan. Sistem aplikasi ini memungkinkan pertukaran informasi secara online antar bagian di rumah sakit ataupun klinik dengan keamanan tingkat tinggi. Manfaat dari layanan ini antara lain:

  • Akses 24 jam untuk melihat informasi kesehatan pasien oleh dokter atau pihak-pihak yang berwenang guna melihat informasi histori kesehatan pasien tersebut.
  • Menggunakan teknologi Cloud Computing yang mampu meminimalkan biaya hardware.
  • Teknologi mudah dikembangkan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing user.

11. TelkoMedika Service

TelkoMedika Service merupakan layanan asuransi Medika dalam bentuk kegiatan atau promosi-promosi dari perusahaan di bidang kesehatan seperti kegiatan vaksin, optik, atau medical check up (MCU). Manfaat dari layanan ini adalah promosi yang menarik serta diskon yang dapat kamu manfaatkan, seperti diskon sebesar Rp 250.000 untuk kacamata serta potongan lainnya.

12. Valuecard

Valuecard merupakan kartu kepesertaan yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan berbagai diskon atau promo menarik dari perusahaan rekanan atau merchant-merchant mitra AdMedika. Beberapa manfaat yang dapat kamu dapatkan dari Valuecard antara lain:

Bagi peserta:

  • Peserta mendapatkan program promo yang diselenggarakan oleh merchant-merchant rekanan
  • Peserta mendapatkan kesempatan untuk membeli atau mendapatkan produk/jasa dengan harga promo
  • Peserta selalu mendapatkan informasi terupdate mengenai promo-promo dari berbagai merchant rekanan
  • Peserta selalu mendapatkan informasi terupdate untuk kegiatan preventif kesehatannya
  • Peserta mendapatkan nilai tambah atau nilai prestige sebagai pemegang kartu Asuransi AdMedika.

Bagi payer:

  • Payer dapat memberikan nilai plus bagi peserta
  • Payer dapat memberikan nilai plus untuk meningkatkan daya saing produk asuransi
  • Payer memiliki potensi untuk menurunkan klaim rate karena merchant terpilih akan lebih berfokus pada kegiatan promosi dan preventif.

13. CM SMS Notification

Claim Management SMS Notification atau CM SMS Notification adalah layanan  informasi terupdate agar peserta asuransi dapat mengetahui informasi status administrasi proses klaim kesehatan yang sedang diproses. Informasi ini akan dikirimkan langsung ke ponsel peserta melalui SMS. Layanan ini dibuat untuk mengurangi keluhan peserta terhadap asuransi, provider dan Asuransi AdMedika. Selain itu, layanan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan Asuransi AdMedika.

Manfaat dari layanan ini antara lain:

  • Memberikan notifikasi konfirmasi pendaftaran
  • Memberikan notifikasi konfirmasi penjaminan
  • Memberikan notifikasi atau pemberitahuan jika klaim ditolak.
  • Memberikan notifikasi biaya perawatan
  • Memberikan informasi estimasi biaya perawatan, baik perawatan rawat jalan, rawat inap, maupun tindakan medis lainnya.

14. Personal Care Officer

Personal Care Officer (PCO) atau asuransi AdMedika individu adalah layanan untuk mempermudah dan mempercepat proses klaim dan persetujuan tindakan medis di rumah sakit. Manfaat dari layanan Personal Care Officer (POS) antara lain:

  • Membantu proses penjaminan saat melakukan perawatan di rumah sakit, baik penjaminan untuk rawat jalan maupun untuk rawat inap
  • Memberikan pelayanan langsung kepada peserta
  • Membantu proses persetujuan tindakan medis

15. AdPay Personal

Adpay Personal merupakan layanan pembayaran asuransi AdMedika. AdMedika mengusung tema one stop payment online yang dapat melayani berbagai jenis transaksi pembayaran dalam 24 jam sehari dan 7 hari seminggu dari mana saja. Layaknya pembayaran digital lainnya, AdPay Personal ini juga memberikan layanan berbagai transaksi seperti pembayaran asuransi, pembayaran BPJS, pembayaran berbagai utilities, dan sebagainya. 

Manfaat Asuransi AdMedika

Asuransi AdMedika hadir dengan berbagai macam layanan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi peserta dan klien AdMedika. Beberapa manfaat dari Asuransi AdMedika yang dapat dirasakan baik oleh peserta maupun klien AdMedika antara lain:

  • Memudahkan klaim rawat inap dan rawat jalan
  • Memberikan Layanan Klaim yang Praktis
  • Memberikan Layanan Khusus Ibu Hamil
  • Memudahkan Informasi dan Pembayaran BPJS

Cara Klaim Asuransi AdMedika

Cara klaim asuransi AdMedika adalah dengan menggunakan aplikasi AdMedika EDC. Dengan aplikasi tersebut, dapat memudahkan peserta untuk klaim asuransi kesehatan secara non-tunai (cashless).

Peserta hanya perlu membawa kartu asuransi ke rumah sakit atau ke pelayanan kesehatan rekanan dari Asuransi AdMedika sebagai bukti kepesertaan. Setelah peserta menunjukkan kartu keanggotaan, peserta langsung bisa mendapatkan tindakan pengobatan.

Daftar Perusahaan Asuransi Rekanan AdMedika

Berikut daftar perusahaan Asuransi Rekanan AdMedika:

  • ACA
  • Adira
  • AIA
  • Allianz
  • Angkasa Pura
  • Astra Life
  • Asuransi Garda Oto
  • Asuransi MAG
  • Asuransi Sinar Mas
  • Asuransi ABDA
  • Avrist
  • AXA
  • AXA Mandiri
  • BCA Life
  • Bhinneka Life
  • Bintang
  • BNI Life
  • BRI Life
  • CAR Life
  • Chubb Life
  • Cigna
  • Generali Indonesia
  • Great Eastern General Insurance
  • Lippo Insurance
  • Manulife
  • OJK
  • Panin Dai Ichi Life
  • Pertamina Hulu Indonesia
  • Pertamina Lubricants
  • Peruri
  • PLN
  • Prudential
  • Reliance
  • Samsung Tugu
  • Sequis Life
  • Sunlife
  • Tokio Marine Life
  • Tokopedia
  • Tugu Kresna
  • Zurich Insurance Indonesia

Itu dia informasi mengenai asuransi AdMedika yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!