Begini Cara Beli Kacamata dengan Asuransi, Mudah!

Mudah!

Sudah punya asuransi kesehatan baik pribadi atau dari kantor? Anda bisa beli kacamata dengan asuransi tersebut! Sayangnya masih banyak yang belum paham akan layanan dan juga cara klaimnya. 

Mengingat harga kacamata yang tidak murah, Anda tentunya wajib memanfaatkan layanan dari asuransi tersebut. Anda bisa membeli frame sekaligus lensa dengan asuransi dan prosesnya tidaklah sulit. Simak seperti apa prosesnya. 

Panduan Beli Kacamata dengan Asuransi Swasta 

Penting untuk kontrol ke dokter mata selama 1 sampai 2 tahun demi mengetahui kesehatan mata dan kualitas kacamata yang Anda gunakan. Biasanya minus yang bertambah, lensa yang sudah baret menjadi alasan Anda harus mengganti kacamata. 

Beberapa dokter mata pun menyarankan untuk rutin mengganti kacamata agar penglihatan tetap sehat. Perusahaan asuransi yang melihat kebutuhan ini pun meluncurkan produk asuransi kacamata baik untuk pribadi maupun perusahaan. 

Contohnya pada asuransi kacamata Manulife yang memberikan penggantian untuk lensa kacamata, lensa kontak dan bingkai kacamata. Ada juga asuransi Astra Life yang menyediakan layanan pembelian kacamata di Optik Seis. Selama asuransi kesehatan Anda memiliki manfaat pembelian kacamata maka Anda bisa memanfaatkannya. 

Langkah beli kaca mata dengan asuransi pun sangat mudah yaitu sebagai berikut:

  • Mencari Surat Jaminan atau Kesehatan Mata 

Bagi Anda yang ingin klaim asuransi dari perusahaan maka dibutuhkan surat jaminan yang didapatkan dari HRD di kantor. Surat jaminan ini menjadi syarat wajib agar bisa mendapatkan penggantian kacamata di optik. 

Berbeda jika Anda ingin mendapatkan kacamata dari asuransi pribadi, maka yang dibutuhkan adalah surat kesehatan mata atau ukur mata dari dokter mata di rumah sakit atau layanan kesehatan rekanan. Namun saat ini ada beberapa asuransi yang tidak membutuhkan surat kesehatan karena Anda bisa mengukurnya di optik rekanan. 

Khusus Anda yang memiliki BPJS Kesehatan, perlu adanya surat rujukan dari faskes 1 ke poli mata di faskes 2. Anda perlu mendapatkan resep dari poli mata sekaligus legalisir dan verifikasi. Dokumen inilah yang harus ditunjukkan ke optik rekanan nantinya. 

  • Mendatangi Optik Rekanan untuk Beli Kacamata dengan Asuransi

Pada saat beli kaca mata dengan asuransi Anda harus mendatang ke optik rekanan perusahaan asuransi tersebut. Jadi tidak bisa sembarangan ke optik, Anda harus tahu dulu daftar optik rekanannya. 

Biasanya beberapa optik seperti Optik Melawai, Optik Seis kerap menjadi rekanan perusahaan asuransi yang besar. Optik rekanan juga biasanya tidak hanya satu sehingga Anda bisa dengan mudah melakukan pembelian. 

Tunjukkan langsung surat jaminan dari perusahaan atau surat ukur mata dari dokter yang telah Anda dapatkan. Berikan kepada staf optik untuk dilakukan pengecekan dengan KTP sekaligus asuransi yang Anda miliki. 

  • Penjelasan Manfaat Asuransi 

Saat beli kaca mata dengan asuransi Anda akan mendapat penjelasan mengenai biaya atau manfaat yang didapatkan. Nantinya apabila harga kacamata yang Anda inginkan lebih tinggi dari manfaat asuransi maka Anda akan diminta untuk membayar biaya kekurangannya. 

Jika harga kacamata tidak lebih dari manfaat asuransi maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi. Penambahan biaya pun sebagian besar dilakukan langsung di optik saat Anda melakukan pemesanan. 

Misalnya untuk klaim kacamata dengan asuransi swasta per periode Anda bisa memperoleh sampai Rp1.000.000. Jika nilai kacamata hanya 700.000 maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi. 

Contoh lain saat klaim kacamata BPJS, jika Anda memiliki BPJS kelas 1 maka akan mendapatkan subsidi sebesar Rp300.000 sedangkan kelas 2 subsidinya adalah Rp200.00. Jika memiliki BPJS kelas 3 maka subsidinya adalah Rp150.000. 

Pada BPJS Kesehatan, subsidi tersebut akan didapatkan apabila Anda akan membeli lensa spheris minimal ukuran 0,5 dioptri, lensa silindris minimal ukuran 0,25 dioptri dan hanya diperoleh maksimal 2 tahun sekali. 

  • Mengukur Lensa 

Anda yang sudah mengetahui manfaat jika beli kaca mata dengan asuransi, maka selanjutnya tinggal memilih lensa sesuai ukuran yang tepat. Layaknya membeli kacamata seperti bisa, staf optik akan memberikan lensa untuk dicoba dan Anda harus yakin dengan kenyamanannya. 

Begitu juga dengan jenis lensa dan material yang digunakan. Sekarang ada begitu banyak material seperti kaca dan plastik. Selanjutnya adalah pemilihan bingka kacamata yang biasanya jenisnya sudah tersedia banyak di optik. 

  • Sistem Pembayaran 

Ada dua sistem pembayaran yang bisa Anda lakukan sesuai dengan ketentuan polis asuransi yang dimiliki. Pertama adalah cashless, Anda hanya perlu membawa kartu asuransi kesehatan yang dimiliki, nantinya staf toko akan menggesek kartu untuk pembayaran. 

Artinya Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang kecuali biaya kacamata sesuai dengan manfaat asuransi. Kedua adalah sistem pembayaran reimbursement, Anda perlu membayar kacamata terlebih dahulu kemudian menerima kwitansi pembayarannya dari optik. 

Lanjutkan dengan mendatangi kantor asuransi atau menggunakan platform aplikasi yang sudah disediakan untuk mengajukan klaim. Anda bisa menyerahkan dokumen seperti kuitansi pembayaran dan juga kartu asuransi. Nantinya biaya penggantian akan diberikan oleh pihak asuransi. 

  • Menunggu dan Mengambil Kacamata 

Apabila pembayaran sudah selesai maka pihak optik akan meminta Anda menunggu proses pembuatannya. Kacamata biasanya tidak bisa dibuat sehari langsung jadi, Anda bisa menunggu sekitar 7 sampai 10 hari tergantung dengan kualitas lensa yang diinginkan. 

Saat kacamata selesai lebih cepat, pihak optik akan segera memberitahukan Anda melalui kontak yang sudah diberikan. Anda bisa langsung mengambil kacamata dan menggunakannya. Ulangi cara ini setiap kali Anda akan beli kaca mata dengan asuransi. 

Mudah bukan langkahnya? Baik itu asuransi swasta maupun BPJS. Satu hal yang perlu Anda perhatikan saat beli kaca mata dengan asuransi adalah biaya manfaat yang didapatkan sehingga bisa memilih kacamata dengan harga yang lebih tepat. 

Rugi jika Anda tidak memiliki asuransi kesehatan sehingga bisa memperoleh manfaat pembelian kacamata dengan mudah. Anda yang belum memilikinya bisa mengecek pilihan asuransi kesehatan di Cekpremi.

Pilihlah asuransi yang memiliki pertambahan manfaat untuk pemeriksaan mata sekaligus pembelian kacamata. Jadi Anda bisa memanfaatkan benefitnya setiap 1 hingga 2 tahun. Anda juga bisa mendapatkan informasi manfaat perlindungan lain asuransi kesehatan di Cekpremi. 

Cek pilihan produknya di Cekpremi dan bandingkan sendiri untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.