Kenali Jenis Asuransi Endowment beserta Kelebihan dan Kekurangannya!

Apr - 22
2021
asuransi endowment

Kenali Jenis Asuransi Endowment beserta Kelebihan dan Kekurangannya!

Asuransi memang beragam jenisnya, namun masih sedikit yang tahu mengenai jenis asuransi endowment. Penjelasan umum mengenai asuransi endowment adalah jenis asuransi yang menkombinasikan antara asuransi jiwa dengan manfaat akumulasi dana.

Maksudnya adalah selain memberikan perlindungan berupa asuransi jiwa, asuransi ini memberikan keuntungan dana yang bisa dicairkan jika peserta meninggal. Dana yang dicairkan ini akan diberikan kepada ahli waris yang bersangkutan.

Singkatnya, jika kalian mengikutsertakan diri kalian ke asuransi endowment, maka kalian harus membayar premi secara rutin hingga batas waktu yang disepakati. Seperti 10 atau 20 tahun. Kalian juga bisa memakai batas waktu umur sebagai pengukurnya misalnya 50 tahun.

Kalaupun peserta yang bersangkutan tidak mampu membayar premi dikarenakan kecelakaan, tidak perlu khawatir karena premi akan dibayarkan oleh pihak asuransi. Oleh karena itulah asuransi ini sering disebut sebagai asuransi dwiguna yang artinya memiliki 2 manfaat yaitu asuransi jiwa dan juga sebagai tabungan dana.

Mengapa kita memilih asuransi endowment?

Asuransi endowment dapat sangat berguna untuk menyiapkan biaya pendidikan buah hati kita nantinya. Jika kalian menggunakan produk asuransi endowment, maka kalian bisa terhindar dari yang resiko biaya pendidikan yang semakin mahal ke depannya. Tentunya kalian tidak mau kan buah hati kalian pendidikannya terlantar karena biaya?

Kelebihan dan kekurangan asuransi endowment

Setelah mengetahui penjelasan singkat mengenai asuransi endowment, maka selanjutnya kami akan membahas apa saja kekurangan dan kelebihan dari asuransi endowment.

Kelebihan:

– Kita akan dipaksa untuk disiplin menabung
– Dana yang bisa dicairkan untuk ahli waris
– Memiliki fungsi sebagai asuransi jiwa yang dapat melindungi kondisi finansial peserta

Kekurangan:

– Hasil tabungan yang didapat seringkali kalah oleh inflasi
– Harga premi lebih mahal
– Dana hanya bisa dicairkan jika ada kondisi khusus saja

Masa pencairan asuransi endowment

Disini kami mengambil kasus jika penggunaan asuransi endowment digunakan untuk biaya pendidikan. Berikut adalah fase dimana kalian bisa mencairkan asuransi kalian, terbagi menjadi 4 fase yaitu:

1. Sekolah Dasar (SD)

Dana yang bisa dicairkan adalah sebanyak 20% dari total uang pertanggungan, kalian bisa mencairkan dana ini setelah masuk tahun ke-6 pembayaran.

2. Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Besaran dana yang bisa dicairkan sama yaitu 20% dari total uang pertanggungan, kalian bisa mencairkan dana ini setelah masuk tahun ke-12 pembayaran premi.

3. Sekolah Menengah Atas (SMA)

Dana yang bisa dicairkan adalah sebanyak 20% dan kalian bisa melakukan pencairan pada tahun ke-15 pembayaran premi.

4. Kuliah

Untuk fase kuliah, maka dana yang bisa dicairkan adalah sebanyak 40% dari uang pertanggungan mengingat kuliah membutuhkan dana yang tidak sedikit. Kalian bisa mencairkan dana ini pada tahun ke-18 pembayaran premi.

Berikan proteksi kepada masa depan kalian!

Banyak biaya yang dibutuhkan demi masa depan, mulai dari biaya sehari-hari, pengobatan, pendidikan, bahkan investasi. Pastikan kalian dipersenjatai dengan berbagai pilihan asuransi untuk menunjang masa depan kalian.

Jika kalian ingin mencari produk asuransi, maka kalian bisa mengunjungi Cekpremi, disini kami memberikan berbagai pilihan produk asuransi yang dapat kalian pilih dan bandingkan! Tentunya kami bekerjasama dengan perusahaan asuransi yang sudah memiliki reputasi!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner asuransi covid