Syarat Klaim Asuransi Mobil All Risk dan TLO

cara klaim asuransi mobil

Asuransi mobil adalah kebutuhan yang sangat penting bagi setiap pemilik kendaraan roda empat. Saat memilih asuransi, jangan hanya memerhatikan manfaatnya, tetapi pahami juga apa saja syarat klaim asuransi mobil yang benar agar klaim disetujui.

Asuransi mobil memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya untuk melindungi kendaraan Anda jika mengalami kecelakaan

Sayangnya, banyak orang yang gagal saat mengklaim asuransi karena tidak memahami seperti apa aturan main dan cara mengklaim asuransi mobil yang sesuai aturan perusahaan asuransi.

Padahal, seharusnya aturan klaim yang ditentukan perusahaan sudah dipahami sejak Anda memutuskan hendak memilih suatu layanan asuransi.

Tak perlu khawatir, cara mengklaim asuransi kendaraan roda empat sebetulnya mudah dilakukan, asalkan Anda mengetahui prosedurnya dengan baik.

Jika Anda masih kebingungan, simak saja panduan cara klaim asuransi mobil yang benar yang berlaku secara umum berikut ini.

Syarat Klaim Asuransi Mobil

Seperti yang telah disebutkan, melengkapi segala syarat klaim asuransi mobil juga sangat penting dilakukan. Dengan langkah ini, maka kesempatan pengajuan klaim diterima jadi semakin besar.

Lagipula, syarat dan ketentuan mengajukan klaim asuransi kendaraan sendiri sejatinya tidak sulit. Untuk membantu Anda, berikut syarat-syaratnya:

  • Polis asuransi dalam bentuk asli dan fotokopi
  • Menyertakan fotokopi SIM dan STNK
  • Bukti laporan kepolisian jika mobil mengalami kerusakan berat atau kehilangan
  • Formulir klaim yang sudah diisi dengan lengkap dan ditandatangani
  • Kronologi kejadian secara tertulis
  • Bukti kejadian berupa foto atau video

Saat mengajukan syarat klaim asuransi mobil, Anda akan diminta untuk membayar biaya tanggungan pribadi (own risk) sebesar Rp 250 – 300 ribu. Karena itu, jangan lupa untuk menyiapkan dana ini ya.

Syarat Klaim Asuransi Mobil All Risk

Asuransi mobilall riskadalah jenis asuransi yang manfaatnya mencakup seluruh risiko pada mobil, mulai dari kerusakan baik itu kerusakan ringan atau berat, hingga kehilangan kendaraan.

Nah,buat Anda yang sudah memiliki asuransi mobilall riskdan hendak mengajukan klaim, berikut ini cara klaim asuransi mobilall riskpada umumnya:

  • Melampirkan foto kendaraan yang rusak atau hilang
  • Membuat laporan kronologis
  • Mendatangi bengkel mobil terdekat
  • Mengisi formulir klaim asuransi yang tersedia di loket pendaftaran bengkel
  • Melampirkan dokumen persyaratan (kartu identitas, kartu asuransi, dsb.)

Syarat Klaim Asuransi Mobil Total Loss Only(TLO)

Lalu, bagaimana cara klaim asuransi mobil Total Loss Only (TLO)? Asuransi mobil TLO adalah jenis asuransi yang manfaatnya hanya mencakup kerusakan parah (sekitar 75 persen) pada mobil, atau jika mobil dicuri.

Asuransi TLO biasanya otomatis didapat apabila Anda membeli mobil secara kredit. Namun, Anda juga bisa mendaftar asuransi ini jika mobil dibeli secara tunai sekalipun.

Berikut adalah cara klaim asuransi mobil TLO:

  • Membuat laporan kehilangan (jika mobil hilang dicuri)
  • Memaparkan kronologi kejadian
  • Melampirkan dokumen persyaratan (KTP, SIM, STNK, BPKB, polis asuransi, surat laporan kehilangan)
  • Mengajukan klaim ke kantor asuransi

Tips agar Klaim Asuransi Mobil Disetujui

Setelah mengetahui prosedur klaim asuransi mobil baik itu all risk maupun TLO, berikut ini adalah tips untuk klaim asuransi mobil dengan benar dan mudah agar disetujui:

1. Mengambil Foto Kerusakan pada Mobil

Cara klaim asuransi mobil pertama yang perlu diperhatikan yaitu mengambil dokumentasi bagian yang rusak pada mobil Anda.

Ketika Anda mengalami kecelakan saat mengendarai mobil, jangan lupa untuk langsung mengambil foto bagian mobil yang rusak.

Hal ini penting dilakukan karena foto kerusakan mobil menjadi salah satu bukti yang dibutuhkan saat klaim asuransi mobil.

Terlebih jika terjadi kerusakan yang parah pada mobil Anda.

2. Menghubungi Pihak Asuransi

TIps mengklaim asuransi mobil selanjutnya adalah dengan menghubungi pihak asuransi dan menceritakan kronologi kecelakaan secara detail.

Jangan lupa untuk menyertakan foto kerusakan mobil dan berkas-berkas penting lainnya untuk pengajuan klaim ya!

3. Mempersiapkan Dokumen Persyaratan

Dalam pengajuan klaim, Anda harus mempersiapkan berkas penting seperti kartu identitas, kartu SIM, serta surat polis asuransi.

Anda juga mungkin akan dimintai surat keterangan kepolisian jika Anda terlibat dalam kecelakaan yang cukup parah atau tindak kriminal.

Dokumen yang lengkap akan mempermudah dan mempercepat proses pengajuan klaim asuransi mobil.

Oleh karena itu, pastikan dokumen Anda lengkap sebelum mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi ya.

4. Membawa Mobil ke Bengkel Rekanan Asuransi

Jika berkas-berkas sudah sesuai dengan ketentuan dari asuransi, Anda dapat langsung membawa mobil Anda untuk diperbaiki di bengkel rekanan perusahaan asuransi.

Jangan membawa mobil Anda ke bengkel yang tidak bekerja sama dengan pihak asuransi karena pengajuan klaim bisa saja ditolak!

5. Mengajukan Klaim Asuransi Mobil

Cara klaim asuransi mobil yang terakhir yakni mengisi formulir pengajuan klaim.

Formulir biasanya berisi data-data mengenai waktu dan tempat kejadian kecelakaan serta identitas diri Anda.

Isilah formulir pengajuan klaim dengan jujur karena pihak asuransi dan bengkel akan mengetahui jika data yang diberikan tidak sesuai kenyataan.

Apabila ditemukan data yang tidak sesuai dengan kejadian kecelakaan, maka klaim asuransi mobil Anda bisa saja ditolak.

Setelah pengajuan klaim asuransi mobil selesai, tanyakan pula kepada pihak bengkel mengenai durasi perbaikan mobil Anda.

Kendaraan dengan kerusakan kecil biasanya hanya memakan waktu 1-2 hari saja.

Namun, untuk kasus kerusakan mobil yang parah bisa jadi membutuhkan waktu berminggu-minggu sampai selesai diperbaiki.

Berikan Perlindungan Terbaik untuk Mobil Kesayangan Anda!

Nah, itulah cara klaim asuransi mobil sesuai prosedur yang benar. Tidak terlalu sulit, bukan?

Jika Anda belum memiliki asuransi mobil, segera pertimbangkan produk yang paling cocok agar kendaraan Anda lebih terlindungi. Temukan berbagai asuransi mobil terbaik dan terpercaya diCekpremi.comsekarang juga dan dapatkan diskon premi hingga 25% plus extracashback10%!