Asuransi Kesehatan Keluarga : Keuntungan, Manfaat dan Tips Memilihnya

asuransi kesehatan keluarga

Kesehatan merupakan nikmat terbesar yang selalu diharapkan semua orang. Terlebih, kesehatan bagi keluarga yang selalu diharapkan setiap harinya. Untuk menjaga kesehatan keluarga, kamu perlu melakukan proteksi dini. Hal tersebut dilakukan dengan cara mendaftar asuransi kesehatan keluarga.

Tidak dapat dipungkiri, faktanya biaya kesehatan semakin hari semakin tinggi dan tentu memunculkan kekhawatiran. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan proteksi dini, agar ketika masalah kesehatan datang finansialmu tidak terganggu.Seringkali ketika masalah kesehatan datang, orang-orang kebingungan untuk membayar biaya kesehatan yang tidak sedikit. Alhasil, finansial yang sudah dianggarkan untuk berbagai kebutuhan menjadi berantakan.

Agar hal tersebut tidak terjadi serta kesehatan keluargamu terjamin, ikuti asuransi kesehatan keluarga. Sekarang sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi kesehatan keluarga. Namun, masih banyak diantara kamu yang bingung tentang asuransi kesehatan keluarga. Oleh karena itu, mari simak rangkuman di bawah ini. Pahami asuransi kesehatan keluarga, yuk.

Apa itu Asuransi Kesehatan Keluarga?

Asuransi kesehatan keluarga merupakan produk asuransi yang dirancang untuk melindungi setiap anggota keluarga dari berbagai risiko kesehatan pada satu polis. Oleh sebab itu, asuransi ini sangat praktis dan efektif. Kamu tidak perlu mendaftarkan asuransi anggota keluargamu satu-satu.

Asuransi kesehatan keluarga biasanya bisa menanggung lima anggota keluarga. Tertanggung utama ayah dan ibu serta tertanggung anak. Namun, karena ketatnya persaingan antara perusahaan asuransi tidak sedikit dari mereka menawarkan tertanggung tambahan.

Keuntungan Memiliki Asuransi Kesehatan Keluarga

Sebelum kamu mendaftar asuransi tersebut, terlebih dahulu kamu harus mengetahui apa saja keuntungan yang diperoleh. Berikut keuntungan yang akan kamu peroleh jika kamu mendaftar asuransi kesehatan keluarga.

1. Proteksi Kesehatan Tepat Guna bagi Anggota Keluarga

Saat memiliki asuransi keluarga, kamu bisa memilih rumah sakit serta dokter dengan leluasa. Asuransi ini juga memberikan perlindungan lebih lengkap sesuai dengan kebutuhan keluarga. Selain itu, prosedurnya lebih simpel sehingga tindakan medis bisa segera didapatkan.

1. Premi lebih Terjangkau

Karena langsung memberikan perlindungan pada banyak orang sekaligus, umumnya premi asuransi ini lebih murah. Biaya administrasi pada produk ini lebih kecil, namun tetap memberikan manfaat yang optimal.

3. Dapat Menyesuaikan Manfaat dengan Kemampuan dan Kebutuhan

Setiap orang memiliki kebutuhan perlindungan kesehatan yang berbeda. Pada asuransi ini, kamu bisa menyesuaikan perlindungan pada polis sesuai dengan kebutuhan keluargamu.

4. Mengamankan Tabungan Keluarga

Dengan asuransi kesehatan keluarga, kamu tidak perlu khawatir biaya darurat mu akan terkuras untuk biaya rumah sakit. Asuransi ini akan menanggung biaya rumah sakit, selama pengeluaran tersebut sesuai dengan polis yang telah disepakati.

5. Melengkapi Fasilitas Kesehatan yang Bisa Didapatkan

Asuransi ini dapat menutup protection gap pada fasilitas kesehatan yang bisa didapatkan. Misalnya, proteksi kesehatan yang tidak dijamin BPJS kesehatan bisa dipersiapkan asuransi kesehatan keluarga ini.

6. Cocok Menjadi Pengendali Risiko

Masalah kesehatan merupakan musibah yang bisa menimpa siapa saja dan kapan saja. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu perlu mendaftar asuransi keluarga. Dengan begitu, masalah kesehatan keluarga telah terjamin. Kamu tidak perlu merasa khawatir lagi.

Manfaat yang Dijamin Asuransi Kesehatan Keluarga

Apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dari asuransi keluarga? Simak penjelasan di bawah ini.

1. Proteksi Harian pada Perawatan Rumah Sakit

Jika tertanggung memerlukan perawatan harian di rumah sakit, maka asuransi ini akan menanggungnya. Nominal manfaat disesuaikan dengan besarnya premi tertanggung.

2. Proteksi Harian pada Perawatan ICU

Sama halnya dengan manfaat yang pertama, jika tertanggung memerlukan perawatan ICU asuransi ini juga menanggungnya. 

3. Rawat Jalan Pasca Perawatan

Setelah melakukan perawatan rumah sakit, tentunya diperlukan rawat jalan untuk mengontrol perkembangan kesehatan. Hal demikian juga ditanggung asuransi ini.

4. Proteksi Pembedahan

Jika dibutuhkan pembedahan, tidak perlu khawatir asuransi kesehatan keluarga juga menanggungnya.

5. Home & Away Service Assistance

Ini adalah manfaat spesial yang akan kamu peroleh. Kamu bisa mendapatkan layanan pendamping serta bantuan. Baik saat kamu berada di rumah ataupun sedang melakukan konsultasi medis.

6. Bentuk Pembayaran Simpel

Asuransi ini menawarkan dua bentuk pembayaran yaitu, reimbursement dan cashless. Kamu bisa menentukan sendiri cara pembayarannya sesuai dengan kebutuhanmu.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik

Dalam menentukan asuransi keluarga, kamu tidak boleh sembarangan. Kamu perlu mengetahui terlebih dahulu hal-hal penting dari asuransi tersebut. Agar kelak tidak ada penyesalan dalam mendaftar asuransi kesehatan keluarga. Berikut tips memilih asuransi kesehatan keluarga.

  • Utamakan klaim cashless
  • Cari tahu jaringan mitra rumah sakit
  • Pilih asuransi keluarga murni
  • Prioritaskan proteksi rawat inap
  • Sesuaikan premi dan manfaat sesuai dengan kebutuhan
  • Pilihlah yang tidak memiliki batas per perawatan
  • Jangan asal mengambil asuransi

Bagaimana tertarik untuk mendaftar asuransi kesehatan keluarga untuk keluargamu? Apakah kamu masih bingung dalam memilih asuransi? Kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa mendaftar asuransi kesehatan di cekpremi. Terdapat banyak mitra terbaik yang tentunya menyediakan penawaran terbaik. 

Yuk kunjungi cekpremi, dapatkan perlindungan terbaik untuk kesehatan keluargamu.

Pertanyaan Seputar Asuransi Kesehatan Keluarga

Selain beberapa hal yang telah dijelaskan, tentunya masih banyak pertanyaan yang ingin ditanyakan. Terlebih asuransi kesehatan keluarga merupakan hal penting bagi setiap orang. Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan.

 

Apa itu asuransi keluarga?

Asuransi kesehatan keluarga merupakan produk asuransi yang dirancang untuk melindungi setiap anggota keluarga dari berbagai risiko kesehatan pada satu polis.

Apa saja jenis-jenis asuransi?

Ada beberapa jenis asuransi yaitu, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kendaraan, asuransi dana hari tua, asuransi umum dan asuransi lainnya.