Yuk Kenalan dengan Berbagai Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan!

Jun - 02
2021
jenis jenis asuransi kesehatan

Yuk Kenalan dengan Berbagai Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan!

Asuransi kesehatan tentunya memegang peranan vital dalam kehidupan seseorang dengan adanya asuransi kesehatan, biaya berobat bisa sepenuhnya ditanggung oleh pihak asuransi. Namun perlu kalian ketahui asuransi kesehatan memiliki berbagai ragam jenis. Setiap jenis memiliki kegunaan yang berbeda-beda dan tentunya hanya bisa digunakan sesuai dengan perjanjian di polis. Yuk kenali jenis jenis asuransi kesehatan di artikel ini!

Jenis-jenis Asuransi Kesehatan Berdasarkan Subjeknya

1. Asuransi Personal

Sesuai dengan namanya yaitu asuransi personal, yang artinya orang yang ditanggung dalam jenis asuransi ini hanyalah 1 orang. Asuransi ini hanya bisa digunakan untuk menanggung biaya kesehatan orang yang tertera di polis dan tidak bisa dilimpahkan ke orang lain ataupun keluarga.

2. Asuransi Kelompok

Merupakan kebalikan dari asuransi personal, jenis asuransi ini diperuntukkan untuk sebuah kelompok. Misalkan keluarga, karyawan di perusahaan dan sejenisnya. Jenis asuransi ini memastikan seluruh anggota di dalam kelompok yang bersangkutan di polis dapat mengajukan klaim biaya berobat.

Jenis-jenis Asuransi Kesehatan Berdasarkan Jenis Perawatan

1. Asuransi Rawat Inap

Nah untuk jenis asuransi kesehatan pertama ada asuransi rawat inap. Sesuai dengan namanya asuransi ini memberikan pertanggungan biaya jika kalian perlu melakukan rawat inap di rumah sakit. Mengingat biaya rawat inap yang sangat mahal, maka sangat disarankan untuk membeli asuransi rawat inap. Biasanya digunakan saat seseorang harus dibedah dan penyakit yang proses penyembuhannya membutuhkan kontrol ketat dari dokter.

2. Asuransi Rawat Jalan

Biasanya jenis asuransi ini digunakan saat penyakit yang diderita tidaklah paran dan tidak memerlukan perawatan intensif. Misalkan masuk angin, batuk dan penyakit-penyakit sejenisnya. Tidak hanya itu asuransi rawat jalan juga dapat sangat berguna jika seorang istri dalam proses hamil. Seluruh biaya cek dan konsultasi akan ditanggung oleh jenis asuransi rawat jalan.

Baca juga: Perbandingan Asuransi Kesehatan Bukan Hanya Preminya Saja

Jenis-jenis Asuransi Kesehatan Berdasarkan Badan Penyelenggara

1. Asuransi Swasta

Asuransi swasta biasanya memberikan pelayanan yang lebih lengkap dibandingkan dengan asuransi pemerintah. Meskipun biaya yang perlu dibayarkan lebih mahal, namun kalian akan mendapatkan fasilitas pelayanan yang cepat dan juga berkualitas. Tentunya kualitas pelayanan yang kalian dapatkan tergantung apa produk asuransi yang kalian pilih.

2. Asuransi Pemerintah

Mungkin kebanyakan orang lebih mengenal asuransi pemerintah dengan sebutan BPJS. Jenis asuransi satu ini tidak memerlukan biaya besar untuk iuran bulanan nya. Namun fasilitas yang diberikan cenderung lebih rumit dan tidak lengkap. Ada tahapan-tahapan yang harus kalian lalui sebelum akhirnya bisa masuk ke rumah sakit. Selain itu obat yang diberikan juga sudah ditentukan oleh pihak pemerintah mana yang bisa diklaim dan mana yang tidak bisa.

Baca juga: Perbedaan Asuransi Kesehatan dari Pemerintah dan Swasta

Pastikan biaya berobat terlindungi dengan adanya asuransi!

Kesehatan merupakan hal termahal yang ada di dalam hidup seseorang. Jika tubuh terkena penyakit tentunya bisa menghalangi aktivitas-aktivitas kita, oleh karena itulah biasanya biaya berobat tidaklah murah.

Kalian bisa mendaftarkan diri kalian ke BPJS untuk keringanan biaya berobat, namun BPJS sayangnya tidak memberikan akses ke semua obat yang tersedia di dunia medis, oleh karena itu pastikan juga untuk mendaftarkan diri kalian ke asuransi kesehatan milik swasta! Kalian bisa mendapatkan keuntungan yang tidak kalian dapatkan dari BPJS loh.

Pilih dan bandingkan berbagai produk asuransi kesehatan yang terpercaya hanya di Cekpremi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid