Asuransi Pengiriman Barang: Fungsi, Pengertian, dan Pilihan Produknya

Oct - 15
2021
asuransi pengiriman barang

Asuransi Pengiriman Barang: Fungsi, Pengertian, dan Pilihan Produknya

Asuransi pengiriman barang sebenarnya sering kita jumpai ketika kita membeli barang, produk asuransi ini melindungi kerugian akibat rusak atau hilangnya suatu barang.

Sangat berguna ketika kita ingin membeli suatu barang mahal sehingga resiko kerugian akibat rusak atau hilangnya barang yang kita beli bisa terlindungi dengan adanya asuransi pengiriman barang. Tanpa berlama-lama lagi mari kita simak pembahasan lengkapnya di artikel bawah ini!

Fungsi Asuransi Pengiriman Barang

Berikut adalah beberapa fungsi yang bisa kalian dapatkan dari asuransi pengiriman barang:

1. Memberikan Perlindungan

Jika barang yang dikirim, rusak atau hilang karena kejadian tidak sengaja kerugian tersebut dapat dilindungi oleh asuransi pengiriman barang. Tentunya hal ini melindungi kalian dari risiko kerugian akibat rusaknya barang yang kalian beli.

2. Mengurangi rasa cemas jika barang rusak/hilang

Pada saat kalian membeli barang yang tidak murah harganya pasti kalian cemas bukan? Maka dari itu menggunakan asuransi pengiriman barang bisa membuat kalian lebih tenang.

3. Sangat berguna jika digunakan saat pengiriman dalam kuantitas besar

Jika kalian melakukan pengiriman dalam kuantitas besar, asuransi pengiriman barang bisa memegang peranan penting. Hal ini dikarenakan risiko kerugian jika barang rusak akibat bencana atau musibah lainnya dapat dilindungi oleh asuransi.

Jenis-jenis Asuransi Pengiriman Barang

Asuransi pengiriman barang dibagi menjadi 3 jenis yaitu:

1. Asuransi pengangkutan darat

Jenis asuransi yang pertama adalah asuransi yang mengganti segala kerugian yang terjadi apabila kerusakan atau kehilangan terjadi saat pengiriman jalur darat. Jenis jaminannya dibagi menjadi 2

  • Land transit cover A yang setara dengan ICC-C
  • Land transit cover B yang setara dengan ICC-A

2. Asuransi pengangkutan laut (Marine Cargo)

Selanjutnya ada asuransi pengangkutan laut atau yang sering disebut dengan Marine Cargo. Asuransi ini melindungi berbagai risiko yang dapat terjadi selama pengiriman melalui jalur laut. Asuransi Marine Cargo dibagi menjadi 3 bagian:

  • ACC-C
    Melindungi barang dari risiko ledakan dan kebakaran, kapal kandas, bongkar muat barang, pembongkaran barang di pelabuhan, dan kondisi penyelamatan umum seperti dimana kargo harus dibuang ke air untuk menyelamatkan kapal
  • ACC-B
    Sama dengan ACC-C namun dengan tambahan proteksi berupa gempa bumi, petir, dan letusan gunung api, masuknya air ke dalam kargo, koli barang hilang saat bongkar muat
  • ACC-A
    Menjamin semua risiko yang ada di dalam ACC-C dan ACC-B
  • Total Loss Only (TLO)
    Jenis asuransi ini menanggung kondisi barang rusak sepenuhnya atau hilang akibat alat angkut

3. Asuransi pengangkutan udara

Merupakan jenis asuransi yang melindungi segala kerugian yang mungkin terjadi saat pengiriman barang melalui jalur udara.

Pilihan produk asuransi pengiriman barang

1. Asuransi Tokio Marine

Produk ini menyediakan layanan asuransi yang berfokus pada barang yang memiliki nilai besar. Sehingga cocok sekali bagi eksportir importir, perusahaan logistik, produsen dan pedagang yang terlibat perdagangan internasional.

2. Asuransi Sinar Mas

Lebih dikenal dengan nama Simas Cargo, risiko yang ditanggung oleh produk asuransi ini adalah kerusakan barang akibat pengiriman melalui laut, darat dan udara. Berlaku untuk pengiriman domestik dan internasional.

3. Asuransi Aswata

Produk ini memberikan perlindungan yang hanya mencakup skala nasional saja dengan nilai klaim sedang. Biaya pengiriman barang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

4. Asuransi ACA

Terakhir ada Asuransi ACA yang memberikan jasa pengiriman asuransi sekali jalan dengan nilai perlindungan di bawah Rp 1 miliar.

5. Asuransi Pengiriman Barang JNE

JNE tidak hanya menyediakan jasa antar barang saja, JNE juga menyediakan pilihan produk asuransi pengiriman barang dengan harga yang terjangkau.

Biaya premi yang dipatok hanyalah sebesar 0,2% dari harga barang ditambah dengan biaya administrasi sebesar Rp 5 ribu.

6. Asuransi Pengiriman Barang TIKI

Sama halnya dengan JNE, TIKI juga menyediakan asuransi dengan biaya premi sebesar 0,25% dari harga barang. Namun untuk barang tertentu dikenakan biaya yang lebih spesifik:

  • Ijazah, paspor, STNK, dan SIM sebesar Rp 500 ribu
  • KTP dan KK sebesar Rp 150 ribu
  • Akta kelahiran sebesar Rp 200 ribu
  • STNK mobil sebesar Rp 1,5 juta

7. Asuransi Pengiriman Barang Tokopedia

Produk asuransi dari Tokopedia menawarkan proteksi biaya tanggungan hingga mencapai Rp 100 juta loh! Namun biaya premi yang diberikan cenderung lebih tinggi yaitu sebesar 0,4% dari harga barang.

 

Dapatkan berbagai pilihan produk asuransi di Cekpremi!

asuransi lainnya cekpremi

Jika tertarik untuk melengkapi proteksi pengiriman barang dengan asuransi yuk kunjungi Cekpremi! Kami memberikan banyak penawaran produk asuransi tentunya dengan promo yang menguntungkan bagi customer baru segera kunjungi website Cekpremi yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *