Tips Asuransi Perjalanan Internasional untuk Liburan Luar Negeri

Asuransi Perjalanan Internasional

Setelah beberapa tahun terkendala oleh COVID-19, sekarang adalah waktu yang tepat bagi kamu untuk merencanakan liburan ke luar negeri. Hal yang perlu kamu pertimbangkan dalam merencanakannya adalah keamanan selama liburan.Nah, agar liburanmu ke luar negeri tetap aman dan nyaman, kamu bisa menggunakan asuransi perjalanan internasional.  Dengan menggunakan asuransi perjalanan internasional, kamu akan terlindungi dari resiko dan ketidaknyamanan selama melakukan liburan.Tak hanya perlu mempersiapkan asuransi perjalanan internasional, berikut ini tips mempersiapkan liburan aman ke luar negeri yang bisa kamu lakukan. Simak baik-baik ya.

Asuransi Perjalanan Internasional

  1.       Pilih Penginapan Dengan Standar Kebersihan Yang Baik

Selama liburan ke luar negeri kamu harus mengutamakan kesehatan. Untuk itu, kamu perlu memilih penginapan dengan standar kebersihan yang baik. Hal ini sangat penting. Sebab, jika kamu sakit maka liburanmu jauh-jauh ke luar negeri akan sia-sia.

Dalam menentukan penginapan ini, kamu perlu memperhatikan sistem kebersihan yang mereka terapkan. Kamu bisa memperhatikan apakah mereka sudah memprogramkan kebersihan secara rutin dan memenuhi  standar atau belum. Informasi tersebut penting sebelum kamu memutuskan akan menginap di mana.

  1. Menyalin Dokumen Penting

Tips selanjutnya yang perlu kamu lakukan menyalin dokumen penting. Sebagai contoh adalah visa, paspor, sertifikat vaksinasi COVID-19 dan sebagainya.

Lalu, salinan dokumen tersebut disimpan di tempat yang aman atau dititipkan kepada keluarga yang terpercaya. Hal ini perlu kamu lakukan untuk berjaga-jaga apabila dalam perjalanan selama liburan kamu kehilangan dokumen tersebut.

  1.       Siapkan Cara Berpakaian Yang Sesuai Dengan Negara Tujuan

Agar liburanmu aman dan nyaman, kamu perlu menyiapkan pakaian yang sesuai dengan Negara tujuan. Hal ini harus kamu lakukan agar bisa membaur dengan masyarakat yang kebudayaannya berbeda.

dengan membaur, kamu bisa terhindar dari menarik perhatian sehingga liburanmu terasa aman dan nyaman.

  1.       Cermati Risiko Kesehatan Negara Tujuan

Kondisi di luar negeri berbeda dengan Negara asalmu. Untuk itu, kamu perlu mencermati risiko kesehatan di Negara yang kamu tuju.

Kamu perlu mempertimbangkan apakah ada potensi risiko kesehatan dan perlu vaksinasi khusus yang terkait dengan Negara tujuanmu atau tidak.

  1.       Catat Kebutuhan Yang Diperlukan Selama Liburan

Setelah negara tujuan wisata sudah kamu tentukan, kamu perlu mencatat apa saja kebutuhan yang kamu perlukan selama berwisata. Tentu, kamu perlu mencatat kebutuhan yang sesuai dengan negara tujuan wisatamu. Kebutuhan untuk destinasi wisata yang satu berbeda dengan destinasi wisata lainnya.

Tidak hanya kebutuhan dalam berpakaian, tetapi yang tak kalah pentingnya adalah obat-obatan pribadi. Agar tidak ada yang terlewat, kamu perlu mencatat daftar kebutuhan selama liburan. 

  1.       Jauh-Jauh Hari Sudah Pesan Tiket dan Penginapan

Liburan ke luar negeri tidak boleh kamu anggap sepele, harus disiapkan dengan matang sejak jauh-jauh hari. Dalam memesan tiket dan penginapan, kamu harus memesannya jauh-jauh hari.

Pasalnya, jika kamu memesannya mendadak apalagi hari H perjalanan, bisa saja tiket dan penginapan yang kamu inginkan sudah penuh. Bisa bikin pusing, bukan?

Saat ini, kamu bisa dengan mudah mencari informasi pemesanan tiket dan penginapan melalui internet dan berbagai platform terpercaya.

  1.       Siapkan Budget Liburan

Setelah menentukan negara tujuan wisata dan kapan waktunya, kamu perlu menyiapkan budget untuk melakukan liburan. Berwisata ke luar negeri membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sangat berbeda dengan liburan ke wisata domestik. Ada banyak kebutuhan yang harus kamu penuhi.

Budget liburan ini untuk keperluan meliputi, pembuatan visa, pesan tiket pesawat, penginapan, perlengkapan tambahan, obat-obatan pribadi, konsumsi, oleh-oleh, asuransi dan sebagainya.

Untuk mengetahui berapa budget yang kamu butuhkan, kamu bisa mencatat keperluanmu secara detail dan lengkap.

  1.       Menyiapkan Mata Uang Asing

Tips selanjutnya adalah menyiapkan mata uang yang digunakan di negara tujuan wisata. Kamu perlu menukarkan mata uang sebelum berangkat agar mudah bertransaksi di negara tujuan.

Untuk menghindari kehilangan, kamu bisa menyimpannya di beberapa tempat yang aman.

  1. Menggunakan Asuransi Perjalanan Internasional

Tips selanjutnya yang sangat penting adalah menggunakan asuransi perjalanan internasional. Asuransi jenis ini manfaatnya sangat banyak. Tidak hanya terbatas pada kesehatan, tetapi juga banyak hal yang akan membuatmu merasa aman dan nyaman selama perjalanan.

Asuransi ini sebaiknya kamu miliki saat akan melakukan liburan ke luar negeri. Manfaatnya sangat banyak, bahkan bisa untuk klaim atas keterlambatan atau pembatalan tiket perjalanan yang sudah kamu pesan.

Asuransi perjalanan juga merupakan salah satu syarat yang diperlukan untuk mengajukan visa saat kamu berencana mengunjungi negara tertentu. Di era pandemi Covid-19, asuransi perjalanan memegang peranan penting dalam keamanan dan kenyamanan saat bepergian ke luar negeri.

Untuk mendapatkannya pun cukup fleksibel. Asuransi ini bisa kamu beli secara mendadak, bahkan bisa bersamaan dengan membeli tiket pesawat.

Nah, itu tadi beberapa tips yang perlu kamu lakukan untuk mempersiapkan liburan ke luar negeri agar tetap aman dan nyaman. Liburan ke luar negeri membutuhkan banyak persiapan. Maka dari itu, sebaiknya kamu memilih asuransi perjalanan internasional yang tepat.

Masih bingung memilih asuransi perjalanan internasional yang bagus? Kamu bisa mengunjungi Cekpremi dan mendapatkan rekomendasi asuransi perjalanan internasional terbaik yang sesuai kebutuhanmu. Kamu akan merasakan pengalaman liburan yang aman dan nyaman ke luar negeri bersama asuransi dari cekpremi.

 Pertanyaan Seputar Asuransi Perjalanan Internasional

Berwisata ke luar negeri memerlukan persiapan yang banyak. Semuanya harus disiapkan dengan baik, tak terkecuali asuransi perjalanan internasional. Berikut ini beberapa pertanyaan yang umum diajukan berkaitan dengan asuransi jenis ini.

asuransi perjalanan

Apa yang dimaksud dengan asuransi perjalanan?

Asuransi perjalanan adalah asuransi untuk perlindungan terhadap segala resiko yang terjadi selama perjalanan, baik itu yang berkaitan dengan kondisi darurat medis atau ketidaknyamanan selama perjalanan. Perlindungan dari asuransi ini bisa digunakan baik di dalam negeri ataupun luar negeri.

Apa pentingnya asuransi perjalanan?

Asuransi perjalanan mempunyai fungsi penting dalam memberikan perlindungan terhadap seseorang yang mengalami resiko-resiko tidak terduga selama perjalanan. Bahkan, di beberapa negara tertentu, selama pandemic COVID-19 ini mewajibkan kepada turis yang akan berkunjung untuk mempunyai asuransi perjalanan.