Perlukah Asuransi Rental Mobil Untuk Melindungi Dari Kehilangan?

Jun - 18
2021
asuransi rental mobil

Perlukah Asuransi Rental Mobil Untuk Melindungi Dari Kehilangan?

Memiliki usaha sewa atau rental mobil bisa menjanjikan lho, apalagi di daerah-daerah wisata yang potensial. Namun tentunya dibalik keuntungan tersebut ada resiko yang bisa membikin pusing. Seperti resiko kerusakan atau kehilangan kendaraan ketika disewa. Lalu, apakah ada asuransi rental mobil untuk melindunginya? Tentu ada! Asuransi ini bisa menanggung resiko kerusakan dan kehilangan saat disewakan atau dipakai orang lain.

Potensi kerusakan atau kehilangan ini bisa juga terjadi karena penyewa merasa tidak memiliki kendaraan tersebut sehingga tidak terlalu disiplin menjaganya. Bisa saja penyewa lupa mengunci kendaraan atau memarkirkannya di sembarang tempat sehingga bisa menyebabkan mobil hilang. Selain itu juga angka kecelakaan di jalan raya sangat tinggi. Walaupun sudah berhati-hati, ada kemungkinan pengendara lain yang lalai dan membuat Anda sebagai penyedia rental harus menanggung biaya perbaikan.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Mengapa Memiliki Asuransi Rental Mobil Itu Penting? 

 

rental mobil

Anda Tidak Bisa Mengontrol Penyewa

Ketika menyewakan mobil dengan sistem lepas kunci, alias tanpa supir, berarti Anda menyerahkan aset kepada orang lain. Ada penyewa yang apik dalam menggunakannya, namun ada juga yang tidak peduli dengan mobil sewaan. Pada saat digunakan di jalan, bisa saja terjadi kecelakaan, baret, atau penyok. 

Resiko Selain Human Error

Selain karena kecerobohan penyewa, bisa saja terjadi hal-hal buruk lain yang tidak terduga. Misalkan pencurian, walaupun mobil sudah diparkir di tempat yang aman. Atau terjadi bencana alam yang tidak bisa dihindari. 

Meminimalkan Kerugian

Dalam usaha rental mobil, ketika mobil mengalami kecelakaan dan masuk bengkel dalam beberapa hari, pastinya Anda akan kehilangan pendapatan. Nah, jika memiliki asuransi mobil, biasanya ada kendaraan pengganti yang diberikan atau biaya ganti rugi dari pendapatan yang hilang. Hal ini tentunya sesuai dengan jenis asuransi dan premi yang dipilih. 

Preminya Murah 

Umumnya besaran premi tahunan asuransi mobil tidak terlalu mahal, tidak sampai 5% dari harga mobil. Jadi daripada mengeluarkan biaya yang lebih besar, sebaiknya Anda memiliki asuransi mobil ini. Dapatkan penawaran terbaiknya hanya di Cekpremi.com.

Pilihan Perlindungan yang Ditawarkan 

Dalam asuransi mobil, ada dua jenis perlindungan yang ditawarkan. yaitu All Risk (Comprehensive) dan Total Loss Only (TLO). 

Asuransi All Risk akan menanggung semua kerusakan mobil, termasuk kerusakan besar dan  ringan, seperti baret, penyok hingga kerusakan berat dan kehilangan. 

Sedangkan asuransi TLO hanya menanggung kerusakan mobil berat yang lebih dari 75% atau kehilangan. 

Sebaiknya pilih yang mana? Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kantong Anda! Premi asuransi TLO tentu lebih murah dari All Risk. Namun perlindungannya juga terbatas.

Asuransi Opsional yang Bisa Dibeli Penyewa

Anda bisa memilih untuk membeli asuransi ekstra untuk menutup ekses (artinya Anda tidak perlu membayar apa pun untuk perbaikan) dan mengasuransikan bagian lain dari mobil rental. Ini tidak diharuskan secara hukum, jadi tergantung penyewa apakah mereka mau membeli asuransi ekstra atau tidak.

Jika tidak ingin membayar langsung, Anda juga bisa memasukkan asuransi ekstra ke penyewa. Misalkan Anda menyewakan mobil melalui situs-situs online, ada pilihan untuk menambahkan asuransi mobil yang preminya dibayarkan oleh penyewa agar ketika terjadi kerusakan, Anda maupun penyewa tidak perlu mengeluarkan uang dan dicover oleh asuransi.

Apa yang Bisa Membuat Klaim Asuransi Rental Ditolak?

Ternyata ada beberapa kasus dimana klaim premi asuransi rental mobil ditolak. Salah satu penyebab yang umum terjadi adalah jenis polis asuransi yang dibeli bukan untuk mobil komersial. Jadi, saat membeli asuransi pilihlah yang dirancang untuk kebutuhan bisnis bukan untuk kendaraan pribadi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *