Mudah! Begini Cara dan Syarat Bayar Pajak Mobil di Tahun 2021!

Apr - 26
2021
cara dan syarat bayar pajak mobil

Mudah! Begini Cara dan Syarat Bayar Pajak Mobil di Tahun 2021!

Jika kalian memiliki kendaraan tentunya kalian mempunyai kewajiban untuk membayar pajak. Biaya yang dibayarkan biasanya akan digunakan oleh pemerintah untuk membangun fasilitas-fasilitas negara. Jika kalian bingung apa saja syarat dan cara bayar pajak mobil maka kalian bisa membaca langkah demi langkahnya disini!

Kebanyakan orang mungkin malas untuk mengurus membayar biaya pajak mobil, padahal proses dan syaratnya sebenarnya tidaklah begitu sulit. Pertama-tama mari kita simak apa saja syarat-syarat dokumen yang harus disiapkan jika ingin bayar pajak mobil:

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Syarat-syarat dokumen bayar pajak mobil

Berikut adalah daftar berkas yang harus kalian siapkan untuk kemudian dibawa ke kantor samsat:

– STNK asli dan fotokopi STNK 2 lembar
– BPKB asli dan fotokopi
– KTP pemilik dan fotokopi KTP
– Surat kuasa kalau orang lain yang mengurus

Cara bayar pajak mobil via kantor Samsat:

Waktu yang dibutuhkan untuk bayar pajak via Samsat biasanya memakan waktu 1 jam jika kalian datang lebih awal.

– Datangi samsat pada pagi hari

Datangi kantor samsat terdekat, kalau bisa pagi hari pada saat samsat baru beroperasi guna menghindari antrian yang panjang. Jangan lupa siapkan bolpoin untuk mengisi formulir

– Isi formulir dengan lengkap

Jadikan KTP dan STNK anda sebagai patokan untuk mengisi formulir yang bisa kalian dapatkan dari petugas samsat

– Serahkan formulir dan berkas kepada petugas

Setelah formulir diisi, serahkan formulir dan berkas yang sudah disiapkan sebelumnya kepada petugas. Biasanya kalian akan diberikan nomor antrian, tunggu nama kalian dipanggil untuk diberi petunjuk untuk proses pembayaran

– Bayar biaya pajak yang sudah dicantumkan oleh petugas

Biasanya setelah nama kalian dipanggil, maka kalian akan diberikan rincian biaya yang harus kalian bayarkan. Kalian bisa mendatangi loket PKB untuk melanjutkan ke proses pembayaran. Setelah proses bayar selesai, maka bukti pembayaran akan diberikan cap dan tanda tangan oleh petugas.

– Berikan bukti pembayaran ke petugas di loket pengambilan

Jika kalian sudah mencapai proses ini, maka kalian hanyalah perlu menunggu. Tunggu nama kalian dipanggil, maka kalian akan mendapatkan STNK dan bukti pembayaran PKB yang sudah diperbarui. Pastikan data yang tercantum sudah benar dan tidak salah. Jika sudah maka kalian sudah menyelesaikan proses bayar pajak mobil via Samsat.

Cara bayar pajak mobil via online

samsat online

Mengingat pandemi Covid-19 yang sedang mewabah, samsat memberikan alternatif baru untuk membayar pajak mobil, yaitu via online. Simak langsung langkah demi langkahnya!

– Unduh aplikasi samsat online di Google Play Store (iOS belum tersedia)

Langkah pertama adalah, kalian harus mengunduh aplikasi samsat online terlebih dahulu. Setelah mengunduh, kalian bisa masuk ke proses pendaftaran.

– Masukkan data yang diminta

Kalian akan diminta untuk mengisi data berupa NIK, nopol kendaraan sesuai dengan STNK, dan 5 digit terakhir nomor rangka mobil. Jika sudah tekan pilihan kode bayar.

– Lakukan pembayaran via bank yang sudah bekerja sama dengan Samsat

Setelah kalian tekan kode bayar, maka aplikasi akan memberikan bukti pembayaran elektronik beserta dengan nomor rekening yang dituju untuk proses pembayaran. Bank yang sudah bekerja sama adalah BCA, BNI, BRI, Mandiri, BTN, CIMB Niaga, dan Permata Bank.

– Bukti pembayaran akan dikirimkan melalui email

Jika proses pembayaran sudah kalian selesaikan, maka pihak samsat akan memberikan E-TBPKB dan e-pengesahan STNK kedua dokumen ini berlaku selama 30 hari.

– Tunggu STNK yang sudah diperbarui dikirimkan

Biasanya proses ini memakan waktu 7 hari kerja, STNK yang sudah diperbarui akan dikirimkan ke alamat yang tertera di STNK yang lama.

Pastikan biaya servis mobil dilindungi oleh asuransi mobil 

Mobil tentunya perlu dirawat secara rutin agar performa tetap terjaga, seringkali biaya perawatan mobil tidak jarang membuat kita kewalahan, oleh karena itu berikan perlindungan biaya berupa asuransi kepada mobil kalian! Dengan adanya asuransi, kalian tidak perlu khawatir akan biaya-biaya yang bisa saja muncul akibat kerusakan mobil. 

Bandingkan dan pilih berbagai produk asuransi mobil hanya di Cekpremi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *