Teknik, Persiapan Dan Cara Mengatasi Biaya Operasi Katarak

Biaya Operasi Katarak

Katarak adalah kondisi gangguan penglihatan, akibat kekeruhan yang terjadi pada lensa mata. Gangguan yang umumnya terjadi pada orang lanjut usia ini, berpotensi menyebabkan kebutaan, jika tidak segera ditangani dengan serius. Untuk itu jika Anda memiliki gejala mata katarak, maka sesegera mungkin harus mengambil langkah penyembuhan. Termasuk pemilihan metode atau tekniknya, persiapan yang harus dilakukan, dan bagaimana mempersiapkan biaya operasi katarak tersebut.

3 Kondisi Penentu Operasi Katarak

Ada tiga hal yang menjadi penentu Anda melakukan operasi katarak yaitu :

  • Tujuan

Anda harus segera melakukan operasi katarak, jika mulai merasakan gangguan yang cukup signifikan pada penglihatan, hingga mengganggu seluruh aktivitas.

  • Kondisi Berbahaya

Ketika mempunyai gangguan penglihatan lain yang cukup berbahaya seperti glukoma, maka saat itulah Anda harus segera melakukan operasi katarak.

  • Estetika

Apakah Anda mulai terganggu dengan kondisi pupil mata, yang perlahan berubah warna menjadi abu-abu? Jika benar, maka kondisi ini bisa menjadi penentu tindakan operasi katarak.

4 Jenis Teknik Operasi katarak

Terdapat empat jenis teknik operasi katarak yang dilakukan dokter, untuk penyembuhan katarak pada mata Anda.

  • Teknik Fakoemulsifikasi

Teknik ini paling sering digunakan dokter untuk penyembuhan pasien katarak. Caranya dengan membuat sayatan di tepi kornea, yang dilanjutkan dengan penghancuran lensa melalui gelombang ultrasonik. Lensa yang sudah rusak dikeluarkan untuk diganti dengan yang baru.

  • Teknik Penggunaan Laser

Cara kedua dengan menggunakan laser seperti halnya operasi lasik. Laser digunakan untuk membuat banyak sayatan, dan menghancurkan lensa yang rusak sekaligus, agar mudah dikeluarkan dari mata.

  • Teknik Ekstrakapsular

Teknik ini umumnya digunakan untuk pasien yang mengalami katarak hampir di seluruh bagian lensa mata. Teknik ini langsung mengangkat lensa yang rusak secara utuh, hingga tersisa kapsul belakang lensa, untuk penempatan lensa baru.

  • Teknik Intrakapsular

Teknik ini menggunakan cara mengangkat seluruh lensa dan kapsul dari mata setelah membuat sayatan besar. Langkah selanjutnya menempatkan lensa baru di lokasi lensa yang lama atau di tempat baru.

2 Efek Samping Setelah Operasi Katarak

Setelah melakukan operasi, ada dua jenis efek samping katarak yang akan Anda alami.

  • Gangguan Penglihatan

Setelah operasi, biasanya Anda akan mengalami beberapa gangguan penglihatan pada mata. Contohnya penglihatan menjadi buram, timbul rasa gatal, dan juga sensitif terhadap cahaya.

  • Terjadi Komplikasi

Gangguan berikutnya bisa jadi Anda akan mengalami komplikasi pasca operasi. Contohnya timbul peradangan, infeksi, pendarahan, pembengkakan, glukoma, bahkan kebutaan. Komplikasi ini akan sangat berbahaya, jika Anda tidak segera berkonsultasi kepada dokter.

6 Persiapan Sebelum Operasi Katarak

Lantas, persiapan operasi katarak apa saja yang perlu Anda lakukan?

  • Pemeriksaan Awal

Pemeriksaan awal ini meliputi rekam jantung, kondisi kornea dan saraf mata, serta pemeriksaan jenis serta ukuran lensa yang akan digunakan. Tak lupa pemeriksaan kondisi kesehatan pasien secara umum.

  • Mengetahui Pantangan Dan Kewajiban Sebelum Tindakan Operasi

Pastikan pula Anda mengetahui pantangan serta kewajiban yang harus dipatuhi. Seperti pantangan tentang konsumsi obat-obatan, atau larangan mengemudikan kendaraan.

  • Persiapan Kondisi Tubuh Dan Mental

Upayakan menjaga kesehatan tubuh dan mata sebelum melakukan operasi. Tak kalah penting menyiapkan mental, agar siap menghadapi operasi dan resiko pasca operasi.

  • Pengetahuan Tentang Prosedur Dari Semua Teknik Operasi

Anda juga harus mengetahui prosedur dari semua teknik operasi, agar Anda dapat menentukan pilihan. Pilihan teknik operasi akan sangat menentukan biaya operasi katarak yang harus Anda persiapkan.

  • Pemilihan Jenis Lensa Dan Teknik Operasi

Setelah mengetahui kondisi mata seluruhnya dan kesehatan tubuh secara umum, maka Anda dapat menentukan jenis lensa dan teknik operasi. Hal ini juga turut berpengaruh terhadap pengeluaran biaya operasi katarak yang Anda jalani.

  • Persiapan Biaya Operasi Katarak

Biaya operasi katarak yang tidak sedikit, tentunya juga harus Anda persiapkan dengan matang. Jangan sampai pengeluaran biaya ini mendatangkan kesulitan, hingga mengganggu kondisi keuangan keluarga.

3 Cara Mengatasi Biaya Operasi Katarak

Biaya operasi katarak rata-rata memiliki kisaran nominal yang cukup besar, sehingga Anda harus benar-benar mempersiapkan dana tersebut.

  • Biaya Pribadi

Bagi Anda yang memang berencana operasi katarak, bisa memakai dana pribadi jika telah mempersiapkannya sejauh mungkin. Ketika menggunakan dana pribadi, hal ini memungkinkan Anda memilih metode operasi terbaik.

  • Program Pemerintah BPJS

Biaya operasi katarak juga dapat memanfaatkan BPJS sebagai program unggulan pemerintah, untuk meringankan beban masyarakat saat berobat. Tentu saja dengan cara Anda harus mengikuti prosedur yang telah ditetapkan, seperti tidak ada tunggakan iuran, serta melampirkan rujukan dan dokumen sesuai kebutuhan.

  • Asuransi Kesehatan

Anda pun bisa mempersiapkan biaya operasi katarak dengan cara mengikuti program asuransi kesehatan. Anda dapat menentukan pilihan jasa layanan asuransi kesehatan terbaik, membayar premi sesuai perhitungan, hingga nantinya Anda dapat merasakan manfaatnya. Termasuk kemudahan dalam persiapan biaya operasi katarak.

Pastikan Kelancaran Operasi Katarak Anda Dengan Asuransi Kesehatan Dari Cekpremi

Ketika Anda memilih asuransi kesehatan sebagai solusi biaya operasi katarak, maka pastinya Anda harus menentukan jasa penyedia asuransi yang mampu menjawab kebutuhan. Dari sekian banyak jasa penyedia asuransi tersebut, cekpremi bisa menjadi pilihan, tatkala Anda sedang mempersiapkan biaya operasi katarak.

Cekpremi merupakan jasa penyedia asuransi, yang memiliki banyak produk sesuai kebutuhan. Dalam hal asuransi kesehatan, cekpremi menyediakan produk yang memberikan manfaat perawatan kesehatan, berupa penggantian biaya dokter, rawat jalan, pembelian obat, rawat inap hingga tindakan operasi.

Cekpremi juga mempunyai empat tipe pilihan asuransi kesehatan meliputi rawat inap, rawat jalan, melahirkan dan rawat gigi. Cekpremi sendiri juga telah bekerja sama, dengan banyak bank dan mitra asuransi kesehatan ternama di Indonesia, agar Anda merasa nyaman dan aman saat bertransaksi maupun pengambilan manfaat.

Untuk pengambilan manfaat asuransi kesehatan, cekpremi memiliki dua sistem yaitu reimbursement dan cashless. Jika reimbursement, Anda harus menyediakan dana terlebih dahulu untuk membayar semua biaya, yang kemudian akan diganti oleh pihak asuransi sesuai batasan dalam perjanjian, dan setelah melengkapi dokumen sesuai ketentuan. Sedangkan untuk cashless, Anda langsung mendapatkan manfaat asuransi melalui kartu, tanpa harus menyediakan dana awal.

Jadi, yuk pastikan solusi biaya operasi katarak Anda dengan asuransi kesehatan dari cekpremi.



Referensi :

Alodokter

Hello Sehat

Klinik Mata Nusantara

Alodokter

SehatQ