Ternyata Ini Jam Waktu Tidur yang Baik Untuk Kesehatan!

Jul - 07
2021
waktu tidur yang baik untuk kesehatan

Ternyata Ini Jam Waktu Tidur yang Baik Untuk Kesehatan!

Last Updated on September 27, 2021 by Andini

Tidur merupakan hal yang penting dalam kesehatan seseorang jika seseorang kurang tidur, konsentrasi bisa terganggu. Tidak hanya itu saja, banyak manfaat negatif yang bisa kalian dapatkan. Nah agar kalian bisa terhindar dari beberapa manfaat buruk yang sudah disebutkan barusan, yuk simak jam waktu tidur yang ideal bagi kesehatan!

 

Daftar Jam Waktu Tidur yang Ideal Dibagi Berdasarkan Usia:

Berikut adalah daftar lengkap mengenai jam tidur yang ideal dibagi berdasarkan usia:

  • Bayi usia 0–3 bulan: 14–17 jam per hari.
  • Bayi usia 4–11 bulan: 12–15 jam per hari.
  • Bayi usia 1–2 tahun: 11–14 jam per hari.
  • Anak prasekolah usia 3–5 tahun: 10–13 jam per hari.
  • Anak usia sekolah usia 6–13 tahun: 9–11 jam per hari.
  • Remaja usia 14–17 tahun: 8–10 jam per hari.
  • Dewasa muda usia 18–25 tahun: 7–9 jam per hari.
  • Dewasa usia 26–64 tahun: 7–9 jam per hari.
  • Lansia usia diatas 65 tahun: 7–8 jam per hari.

Apa Sih Penyebab Seseorang Susah Tidur?

Banyak orang dewasa yang mengeluh karena susah tidur, berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab yang bisa menyebabkan susah tidur:

– Terlalu banyak mengkonsumsi kafein

Penyebab pertama yang paling umum dapat terjadi adalah karena terlalu banyak mengkonsumsi kafein. Entah itu dalam bentuk kopi ataupun coklat. Hal yang bisa kalian lakukan untuk meminimalisir efek kafein adalah dengan banyak menkonsumsi pisang selain itu minum susu hangat dan air putih juga bisa membantu.

– Stres

Stres atau banyak pikiran ternyata juga merupakan penyebab utama, orang dewasa sulit tidur. Jika kalian sedang banyak pikiran cobalah untuk menenangkan diri dengan meditasi dan berdoa. Jika sudah coba juga untuk meminum susu hangat agar kualitas tidur tetap terjaga.

– Sering minum minuman yang mengandung alkohol

Alkohol juga merupakan penyebab utama mengapa bisa seseorang sulit tidur. Mungkin kalian pernah melihat orang mabuk yang dapat tertidur pulas, namun pada kenyataannya kualitas tidur yang mereka dapat sangatlah buruk. Maka dari itu seringkali saat terbangun yang mereka rasakan adalah pusing.

– Nokturia

Pasti kalian masih asing dengan sebutan satu ini, artinya adalah buang air kecil berlebihan. Biasanya orang yang mengalami kondisi nokturia harus bolak balik ke WC untuk buang air kecil. Tentunya kualitas tidur akan terganggu jika seseorang mengalami nocturia.

– Nyeri otot

Penyebab lainnya mengapa seseorang bisa kesulitan untuk tidur adalah karena nyeri otot. Saat seseorang mengalami nyeri otot rasanya seluruh posisi tidur tidak ada yang nyaman. Hal ini tentunya mengakibatkan seseorang bisa susah tidur. Gunakan koyo atau kalian juga bisa memanggil tukang pijat, agar badan bisa rileks.

– Mengkonsumsi makanan yang difermentasikan

Hindari untuk menkonsumsi makanan yang difermentasikan terutama saat malam hari. Contohnya adalah keju, ikan asin dan masih banyak lagi. Jika sudah terlanjur mengkonsumsi makanan yang disebutan tadi, coba untuk banyak minum air putih dan buat badan se rileks mungkin agar bisa cepat tertidur.

 

Pastikan biaya berobat terlindungi dengan adanya asuransi!

Kesehatan merupakan hal termahal yang ada di dalam hidup seseorang. Jika tubuh terkena penyakit tentunya bisa menghalangi aktivitas-aktivitas kita, oleh karena itulah biasanya biaya berobat tidaklah murah.

Kalian bisa mendaftarkan diri kalian ke BPJS untuk keringanan biaya berobat, namun BPJS sayangnya tidak memberikan akses ke semua obat yang tersedia di dunia medis, oleh karena itu pastikan juga untuk mendaftarkan diri kalian ke asuransi kesehatan milik swasta! Kalian bisa mendapatkan keuntungan yang tidak kalian dapatkan dari BPJS loh.

Pilih dan bandingkan berbagai produk asuransi kesehatan yang terpercaya hanya di Cekpremi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid