Harga Vaksin Kucing Terbaru sesuai Jenis dan Fungsinya

harga vaksin kucing

Jangan lupa vaksin jika Anda ingin anabul punya usia panjang dan sehat terus. Harga vaksin kucing sebenarnya tidak mahal, apalagi hanya perlu dilakukan setahun sekali bagi kucing dewasa. Berbeda dengan anjing yang harus divaksin setahun dua kali.

Kucing yang sudah divaksin nantinya akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih tinggi, sehingga ketika musim virus mereka tidak mudah terserang. Apalagi banyak sekali virus kucing yang cukup mematikan. Seperti apa daftar harganya dan apa saja jenis vaksinnya, mari simak dulu.

Daftar Harga Vaksin Kucing dari Jenisnya

Prosedur pemberian vaksin ini sebaiknya hanya dilakukan oleh dokter hewan. Jangan sekali-kali Anda mencoba untuk menyuntikkan vaksin sendiri karena akan sangat berbahaya. Anda yang tidak memiliki pengalaman dan ilmu kedokteran hewan justru akan menyakiti kucing di rumah.

Jangan hanya karena ingin mendapat harga lebih murah lantas Anda melakukannya sendiri. Padahal harga vaksin kucing sudah lengkap dengan biaya dokter untuk menyuntik. Bahkan Anda juga bisa mencari promo vaksin kucing gratis yang biasa diadakan komunitas tertentu. Berikut ini daftar jenis vaksin dan harganya.

1. Vaksin Tricat

Sama seperti bayi atau anak-anak kucing yang baru berusia 8-10 minggu juga sudah membutuhkan vaksin. Disebut dengan vaksin Tricat yang merupakan urutan vaksin kucing pertama semasa hidupnya.

Vaksin ini bertujuan untuk menjaga tubuh kucing agar tidak mudah terjangkit virus seperti Feline Panleucopenia, Feline Calicivirus dan Feline Rhinotracheitis. Karena berfungsi mencegah ketiga virus tersebut maka vaksin ini disebut vaksin Tricat.

Harga vaksin kucing Tricat ini ada di kisaran Rp100.000 hingga Rp200.000. Tergantung dengan lokasi tempat tinggal. Jadi jika Anda memiliki anak kucing yang baru lahir, maka jadwalkan untuk vaksin pada usia 2 bulan. Pada saat ini anak kucing sudah aktif bermain.

2. Vaksin Tetracat

Jenis vaksin selanjutnya yaitu Tetracat. Anda yang memiliki kucing usia 12 – 14 bulan wajib mendapatkan vaksin ini. Apalagi jika sudah melewatkan vaksin Tricat di bulan sebelumnya.

Vaksinasi ini pada dasarnya adalah pengulangan dari vaksin Tricat yang bisa mencegah ketiga virus tadi. Namun ada satu tambahan yaitu untuk mencegah penularan penyakit Chlamydia. Penyakit ini akan menginfeksi mata kucing, mereka bisa mengalami peradangan.

Jadi jangan sampai kucing melewatkan vaksin yang satu ini. Harga vaksin kucing Tetracat adalah sekitar Rp200.000 sampai dengan Rp220.000. Perlu diketahui juga bahwa vaksin Tetracat inilah yang harus diulangi setiap tahunnya.

Jadi jika kucing sudah mendapatkan Tetracat di usia 12 bulan maka pada saat usia 24 bulan mereka harus mendapatkan suntikan vaksin ini dan juga seterusnya. Dengan begitu mereka akan memiliki kekebalan tubuh dari virus yang terus diperbarui.

3. Vaksin Rabies

Kucing juga bisa memiliki penyakit rabies, Anda harus berhati-hati apalagi jika kucing di rumah memiliki kebiasaan menggigit yang berlebihan. Vaksin rabies harus diberikan pada kucing yang usianya sudah 20 minggu.

Biasanya dokter akan memberikan vaksin ini 2 bulanan setelah kucing mendapat vaksin tetracat yang pertama. Vaksin ini sebaiknya juga diulangi setiap tahunnya jika kucing dilepas di luaran. Mengingat risiko terkena rabies lebih tinggi.

Namun, jika Anda memelihara kucing di dalam rumah maka tidak masalah jika vaksin ini hanya diberikan sekali seumur hidup. Harga vaksin kucing untuk mencegah rabies ini pun cukup murah yaitu sekitar Rp60.000 hingga Rp100.000.

Persiapan sebelum Kucing Mendapatkan Vaksin

Jangan pernah lupa akan jadwal pemberian vaksin pada kucing. Sekali saja Anda melewatkannya beberapa bulan maka daya tahan tubuh kucing akan lebih rendah menghadapi virus. Kucing mungkin akan lebih mudah terserang flu berulang.

Setiap kali kucing mendapat vaksin pertama kali, dokter akan memberikan buku vaksin. Dalam buku tersebut akan disematkan stiker jenis vaksin, informasi tanggal vaksin sekarang dan selanjutnya. Jadi lebih baik Anda mengecek buku vaksin ini secara rutin dan bisa merencanakan mendapatkan vaksin kucing terdekat.

Sebelum suntik ada juga beberapa persiapan yang harus dilakukan sebagai berikut:

1. Mengenali Usia Kucing dengan Baik

Anda harus tahu betul berapa usia kucing sebelum mendapatkan vaksin. Lebih mudah untuk mencatat usia ini di ponsel Anda sebagai pengingat. Namun mungkin cukup sulit jika Anda mendapatkan kucing yang usianya sudah dewasa.

Apabila kurang tahu dengan usia kucing sebaiknya tunggu tiga bulan kemudian. Cek apakah kondisinya sehat atau tidak. Ketika kucing menunjukkan tanda-tanda sakit sebaiknya obati sebelum memberikan vaksin Tetracat.

2. Pastikan Kucing Sehat Bebas Parasit

Memiliki bulu membuat berbagai macam parasit sangat mudah menyerang kucing. Mulai dari kutu, jamur, pinjal begitu pula dengan cacing dalam perut. Sebelum vaksin kondisi kucing harus terbebas dari semua parasit tersebut. Alasannya vaksin adalah virus yang dimasukkan ke dalam tubuh kucing demi meningkatkan imunnya.

Jadi jika masih ada parasit di tubuhnya bisa menjadi semakin parah. Obati kucing dengan salep jika jamuran dan obat tetes kutu jika terdapat tungau. Anda juga harus memberikan obat cacing kucing setidaknya sebulan sebelum vaksin.

3. Kucing Tidak Sedang Sakit Flu atau Lainnya

Saat vaksin masuk ke dalam tubuh kucing, mereka mungkin akan merasa sedikit demam atau tidak nyaman. Oleh karena itu sebelum vaksin mereka tidak boleh sakit sedikitpun. Baik itu flu apalagi demam, karena penyakit ini akan bertambah parah.

Dokter juga tidak akan asal suntik, biasanya mereka akan mengecek suhu tubuh kucing. Mengecek bagian mata, mulut dan juga telinga apakah terdapat parasit yang harus disembuhkan terlebih dahulu.

4. Buat Kucing Merasa Nyaman dan Bahagia

Sebelum dan sesudah vaksin Anda harus terus memperhatikan kucing secara ekstra. Jangan sampai mereka tidak bahagia, karena ketika dibawa ke dokter hewan mereka pasti akan takut dan stres.

Setidaknya jika Anda membawa mereka untuk bermain, memberikan makanan kesukaan, mengelus dan menyisir mereka akan merasa bahagia. Kebahagiaan ini membuat mereka tidak takut lagi untuk disuntik.

Jika mempertimbangkan harga vaksin kucing dengan usia kucing yang bisa lebih lama tentunya Anda tidak akan merasa rugi. Anda bisa bersama dengan kucing kesayangan dalam kurun waktu hingga belasan tahun.

Selain kucing Anda juga harus memperhatikan kesehatan diri sendiri serta keluarga. Memiliki asuransi kesehatan sudah jadi kewajiban yang tidak boleh Anda lewatkan. Anda bisa mencari asuransinya melalui cekpremi.com.

Berbagai jenis asuransi kesehatan telah tersedia, Anda tinggal memilih saja mana yang paling cocok. Yuk langsung saja temukan asuransinya dengan mengakses cekpremi.com.

Sumber:

Merdeka

Lifstyle Bisnis

Funa Fella

Suara

Halodoc

CatLover