Mau Punya Black Card BRI? Cek Jenis dan Syarat Pengajuannya

black card bri

Ingin membuat black card BRI? Black card yang ternyata identik dimiliki oleh kaum elit ini ternyata juga dikeluarkan oleh beberapa bank di Indonesia termasuk BRI. Hanya saja tentunya limit yang dimiliki tidak setinggi black card yang dikeluarkan American Express Bank dan American Express Centurion Bank

Ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh nasabah jika ingin mengajukan black card di BRI. Seperti apa syaratnya dan apa saja jenis kartu yang termasuk black card? Simak dulu informasinya sampai akhir. 

Jenis-Jenis Black Card BRI dan Penjelasannya

Black card merupakan kartu kredit yang memiliki banyak sekali privilege bagi pemegangnya. Mulai dari bisa belanja barang mewah bahkan memperoleh berbagai akses menginap di hotel mewah gratis bahkan jalan-jalan ke luar negeri. 

BRI yang merupakan bank milik BUMN ternyata juga mengeluarkan beberapa jenis black card yang tentunya masih belum banyak diketahui. Berikut ini beberapa jenis dan penjelasan lengkapnya. 

  • BRI Infinite 

Salah satu kartu BRI yang memiliki limit awal Rp150.000.000 hingga Rp999.999.999. Anda yang sudah menjadi nasabah prioritas BRI dan memiliki minimal AUM Rp500.000.000 bisa mendapatkan BRI Infinite. 

Bahkan tidak harus mengajukan, biasanya nasabah prioritas yang sudah memenuhi syarat bisa mendapatkan penawaran langsung dari BRI. Maksimal penarikannya sendiri adalah 60% dari sisa limit atau maksimal Rp10.000.000 per harinya. 

Tidak ada biaya upgrade kartu yang harus dibayarkan oleh pengguna. Sedangkan untuk annual fee adalah Rp2.400.000. Selama memegang kartu ini Anda bisa mendapat akses ke airport lounge gratis untuk 2 pax dan promo khusus Visa untuk belanja di luar negeri pada merchant yang bekerja sama. 

  • BRI World Access 

Ada juga BRI World Access yang menyediakan limit awal Rp100.000.000 hingga Rp999.999.999. Jika ingin membuat kartu ini Anda harus menjadi nasabah BRI dengan penghasilan per bulannya minimal Rp30.000.000. 

Privilege yang diperoleh adalah mendapatkan poin setiap kali melakukan transaksi di hotel, travel agent, hingga airlines yang bekerja sama dengan BRI. Annual fee yang diberikan lebih kecil yaitu Rp1.000.000 saja dengan maksimal penarikan 60% dari sisa limit. 

Apabila ini menaikkan black card BRI limit  maka Anda akan dikenakan biaya Rp100.000 saja. Nantinya tidak akan dikenakan biaya upgrade kartu. Perlu diperhatikan, jika mengalami keterlambatan pembayaran maka akan dikenakan denda sebesar 1% dari tagihan atau maksimal Rp100.000. 

  • BRI MasterCard Platinum 

Black card BRI Platinum merupakan kartu yang paling mudah didapatkan karena syarat utamanya adalah memiliki penghasilan minimal Rp10.000.000 per bulannya. Anda sudah akan mendapatkan limit kartu mulai dari Rp50.000.000 hingga Rp99.999.999. 

Annual fee yang dikenakan juga lebih rendah yaitu Rp600.000. Selama menggunakan kartu ini Anda bisa tarik tunai sebesar 60% dari sisa limit atau maksimal Rp10.000.000 per harinya. Ya, inilah keistimewaan black card karena Anda bisa melakukan tarik tunai. 

Saat ingin meningkatkan limit Anda bisa mendapatkan biaya Rp100.000 dengan biaya upgrade kartu masih gratis. Ketika kartu rusak atau hilang, Anda dikenakan biaya Rp50.000 untuk menggantinya. Denda keterlambatan yang dikenakan juga sama yaitu 1% dari tagihan. 

Syarat dan Cara Pengajuan Black Card di BRI 

Jadi apakah Anda sudah memenuhi syarat minimal penghasilan pada masing-masing black card BRI tadi? Pengajuan biasanya bisa dilakukan jika Anda ingin membuat kartu kredit BRI Platinum dan BRI World Access. Sedangkan BRI Infinite biasanya hanya bisa diperoleh jika Anda mendapat penawaran dari bank BRI. 

Cek dulu seperti apa syarat dan cara pengajuannya. 

Syarat Mengajukan BRI Platinum dan BRI World Access

Syarat yang dibutuhkan tidak terlalu banyak yaitu memenuhi minimal penghasilan seperti yang tadi sudah dijelaskan. Jika sudah, maka Anda harus memiliki usia minimal 21 tahun. 

Anda bisa membuat kartu tambahan dengan catatan usia pemegang kartu tambahan minimal adalah 17 tahun. Sebelum mengajukan black card BRI, pastikan Anda sudah memahami biaya-biaya tambahan seperti biaya langganan per tahun denda, penggantian kartu dan lainnya. 

Cara Mengajukan Kartu Kredit BRI  

Cukup dengan tiga langkah mudah Anda bisa mengajukan kartu kredit BRI Platinum dan BRI World Access. Berikut ini langkahnya:

  • Mengisi Formulir 

Anda bisa langsung mengunjungi situs resmi BRI kemudian masuk ke halaman pengajuan kartu kredit. Aksesnya bisa dilakukan melalui komputer atau smartphone. Anda tinggal klik Apply Kartu dan mengisi formulir yang sudah disediakan. 

Beberapa informasi yang diminta sangat mudah yaitu NIK, Nama sesuai KTP dan juga tanggal lahir. Anda juga akan diminta memasukkan informasi kontak yaitu nomor hp yang aktif. 

  • Melakukan Verifikasi 

BRI akan memberikan kode OTP yang dikirimkan ke sms dan harus Anda masukkan ke dalam situs BRI saat pendaftaran tadi. Kemudian isi lagi informasi berupa data pekerjaan dan juga foto dari slip gaji. 

Isi juga digital signature dan melakukan verifikasi kembali untuk memastikan bahwa benar bahwa Anda yang mengajukan. 

  • Menunggu Proses Verifikasi BRI 

Pengajuan sudah selesai ketika Anda mengirimkan data. Sekarang Anda hanya perlu menunggu verifikasi dari BRI. Lama waktunya tidak bisa diprediksi karena tidak sedikit pula yang mengajukannya. 

Selama data Anda sudah benar maka BRI akan memanggil Anda apabila pengajuan disetujui. Anda bisa langsung mencetak kartu dan mengaktifkan sehingga segera dapat digunakan. 

Black card BRI memiliki limit yang lebih tinggi dibandingkan kartu kredit biasa. Ada banyak kebutuhan yang bisa Anda penuhi bukan sekedar belanja. Black card juga sering dimanfaatkan untuk bisa membeli dan mencicil mobil karena prosesnya yang sangat mudah. 

Sambil membeli mobil tentunya Anda perlu juga memiliki asuransi mobil sebagai bentuk perlindungan. Pembayaran premi nantinya juga bisa dilakukan menggunakan black card agar semakin mudah. 

Satu hal yang penting adalah memilih asuransi mobil yang tepat. Anda bisa menentukannya dengan mengecek melalui Cekpremi.  Cek dan bandingkan sendiri di Cekpremi mana asuransi mobil yang sesuai dengan limit black card dan kondisi keuangan Anda. 

Sumber: 

Gramedia

OCBC NISP

BRI