Beli Mobil Bekas? Simak Cara Balik Nama Mobil yang Benar!

Apr - 01
2021
proses cara balik nama mobil

Beli Mobil Bekas? Simak Cara Balik Nama Mobil yang Benar!

Kalian baru saja membeli mobil bekas? Ada baiknya kalian segera mengurus dokumen balik nama. Tujuan dari hal ini adalah agar semua hak miliki di STNK dan BPKB menjadi 100% milik kalian!

Sebaiknya nya juga sesaat setelah membeli mobil kalian langsung mengajak penjual untuk mengurusnya jika tidak mau pajak progresif menjadi kalian yang bayar. Pajak progresif hanya dikenakan kepada pemilik yang memiliki lebih dari 1 motor dan 1 mobil ya.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Ada baiknya sebelum mengurus proses balik nama kalian riset terlebih dahulu apa saja yang diperlukan dan membutuhkan biaya berapa, karena setiap daerah memiliki kebijakan yang berbeda-beda dan patokan biaya yang beda juga. Namun secara umum ini dokumen yang harus kalian siapkan:

Dokumen untuk ganti nama STNK:

1. STNK asli dan fotokopinya
2. KTP asli pemilik baru dan fotokopinya
3. Fotokopi BPKB mobil
4. Fotokopi hasil pengesahan cek fisik
5. Fotokopi kuitansi yang ditandatangani oleh pembeli dan penual diatas materai 6.000

Cek fisik mobil di Samsat

Jikalau semua sudah disiapkan, pergilah ke kantor Samsat terdekat untuk melakukan proses pengecekan fisik. Setelah proses cek fisik selesai maka kalian menyerahkan berkas dokumen yang sudah disiapkan ke loket. Kalian akan diminta membayar biaya administrasi setelah membayar kalian akan mendapat bukti pembayaran yang berguna untuk mengambil STNK yang sudah di balik nama. Waktu yang dibutuhkan untuk memproses berbeda-beda.

Balik nama BPKB di Polda

Perlu diperhatikan sebelum masuk ke proses ini kalian sudah harus memegang STNK yang sudah beratasnamakan kalian. Ada beberapa berkas yang harus kalian sediakan:

1. Fotokopi STNK baru
2. Fotokopi KTP
3. Fotokopi BPKB
4. Fotokopi surat pengesahan cek fisik
5. Fotokopi kuitansi pembelian
6. BPKB asli

Setelah berkas disiapkan maka kalian bisa langsung datang ke loket dan membayar biaya yang diperlukan. Setelah itu petugas akan memberikan bukti bayar yang harus kalian bawa saat BPKB sudah selesai di proses. Waktu pengerjaan BPKB baru bisa variatif tergantung berapa banyak antrian nya. Paling lama memakan waktu selama 5 hari.

Kisaran biaya yang harus disiapkan:

-Biaya pendaftaran balik nama – Rp 100 ribu ke atas
-Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB) – 1% dari harga jual kendaraan
-Biaya pembuatan STNK – Rp 200 ribu
-Biaya TNKB – Rp 100 ribu
-Biaya pembuatan BPKB baru -Rp 300 ribu ke atas

Menggunakan Biro Jasa

Bagi kalian yang tidak mempunyai waktu untuk mengurus atau tidak mau pusing dengan segala prosesnya maka kalian bisa menggunakan biro jasa. Ada baiknya kalian menggunakan biro jasa hasil rekomendasi atau yang memang sudah berpengalaman agar semua proses berjalan lancar.

Namun harga yang biasanya dipatok memang tidaklah murah, Untuk membayar jasa nya saja kita membutuhkan biaya sebesar 200-400 ribu. Patut diperhatikan harga tadi belum termasuk biaya administratif nya ya!

Bagi kalian yang ingin mencari mobil yang sesuai dengan kebutuhan kalian ada baiknya membaca dahulu artikel sebelumnya dari kami yaitu:

Kenali Dahulu 10 Jenis Mobil ini Sebelum Membeli!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *