Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit, Mudah dan Prosesnya Cepat!

Apr - 24
2021
cara klaim asuransi mobil kredit

Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit, Mudah dan Prosesnya Cepat!

Berada di kota besar, membuat mobilitas meningkat dan untuk mempermudahnya, Anda membutuhkan kendaraan yang mendukung. Memiliki mobil akan membuat perjalanan terasa lebih aman dan nyaman, terlebih untuk perjalanan jarak jauh. Membeli mobil secara tunai mungkin tidak mudah untuk banyak orang. Oleh karena itu, kredit mobil adalah solusi terbaiknya. Cukup dengan sejumlah uang dan persyaratan lengkap, mobil bisa langsung dibawa pulang. Saat membeli mobil secara kredit biasanya sudah dilengkapi dengan asuransi. Jadi, ketika terjadi kerusakan akibat kecelakaan, Anda dapat melakukan klaim. Mungkin masih banyak yang bingung bagaimana cara klaim asuransi mobil kredit, berikut adalah caranya.

Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit 

klaim asuransi mobil

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Segera Lapor

Keadaaan di jalan raya tidak bisa diprediksi. Ada kemungkinan mobil Anda mengalami kerusakan akibat kecelakaan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melaporkan kejadian yang menimpa mobil kepada pihak asuransi dengan menceritakan detail kejadian dan melampirkan foto kerusakan.

Siapkan Dokumen Lengkap

Anda juga harus menyertakan dokumen lengkap, seperti SIM, STNK, surat keterangan dari kepolisian jika kerusakan mobil lebih dari 70%, dan polis asuransi mobil. Kelengkapan berkas ini akan mendukung proses klaim yang lebih lancar. 

Datang ke Cabang Terdekat

Pemilik kendaraan harus mengisi laporan klaim dan datang ke cabang terdekat. Pihak asuransi akan melakukan pengecekan kelengkapan data dan mengirim surveyor untuk melihat kerusakan mobil. Kemudian, Anda akan diberikan rencana perbaikan di bengkel.

Klaim Melalui Aplikasi

Seiring perkembangan teknologi, Anda juga bisa melakukan klaim dengan mudah melalui aplikasi. Kemudian petugas asuransi akan menghubungi dan menghampiri untuk mengecek langsung kondisi kendaraan di lokasi yang dipilih.

Mobil Pengganti Saat Proses Perbaikan

Asuransi tidak membedakan status kepemilikan mobil. Jadi, mobil yang sudah lunas ataupun kredit akan diberi perlindungan asuransi yang sama. Sehingga apapun yang terjadi pada mobil menjadi tanggung jawab dari perusahaan asuransi yang bersangkutan. Kemudian, Anda juga bisa mendapatkan fasilitas mobil pengganti. Jadi, selama proses perbaikan mobil, Anda akan diberi pinjam mobil dari pihak asuransi untuk mengakomodasi kebutuhan harian Anda. 

Perlu diketahui bahwa tidak semua paket asuransi menyediakan mobil pengganti. Simak baik-baik ketentuan yang tertulis dalam polis asuransi mobil Anda. Pastikan beberapa hal penting dan umum yang wajib ada seperti: perlindungan menyeluruh atas kerusakan atau kerugian pada kendaraan Anda, tanggung jawab hukum pihak ketiga, asuransi kecelakaan diri pengemudi dan penumpang dan yang lebih penting lagi manfaat tambahan apakah tersedia misalnya, mobil pengganti, mobil derek, ambulance, mobile claim services, garansi perbaikan dan layanan servis 24 jam.

Berapa Lama Proses Klaim Asuransi Mobil?

Asuransi selalu memberikan batas waktu tertentu untuk pengurusan klaim. Lewat dari itu, klaim bisa ditolak. Klaim asuransi mobil harus segera diurus karena batas waktunya pendek, hanya 3 x 24 jam. Kemudian proses klaim asuransi dan pengerjaan bengkel biasanya butuh waktu 3-5 hari.

Hal-Hal Umum Penyebab Klaim Ditolak 

klaim asuransi ditolak

 

Tidak melengkapi berkas yang dibutuhkan. Jika tidak terpenuhi atau tanpa sengaja terlupakan satu dokumen saja, bisa jadi klaim Anda akan ditolak. Untuk itu selalu persiapkan dan lengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan agar klaim asuransi mobil Anda bisa diterima oleh perusahaan penyedia asuransi.

Batas waktu yang ditetapkan untuk pengajuan klaim telah lewat. Selain mempersiapkan berkas, Anda juga harus mengetahui batas waktu pengajuan klaim yang ditetapkan oleh pihak perusahaan asuransi. 

Terjadi pelanggaran hukum. Melewati rambu atau menyetir di luar batas kecepatan normal bisa menjadi pelanggaran hukum yang menyebabkan klaim asuransi mobil Anda ditolak.

Kerusakan yang dimanipulasi. Meski tidak banyak, namun terkadang ada pemilik polis yang dengan sengaja merusak kendaraannya, semata agar mendapatkan penggantian dari pihak asuransi. Entah itu dengan sengaja menabrakkan mobil, merusak bagian mesin, atau melakukan sesuatu agar mobil mogok. Ketika pihak perusahaan asuransi memeriksa dan menemukan adanya percobaan manipulasi, atau melihat kejanggalan dari kerusakan yang terjadi pada mobil Anda, bisa jadi klaim Anda ditolak.

Kejadian tidak termasuk ke dalam risiko pertanggungjawaban. Anda harus teliti membaca polis dan risiko-risiko yang dipertanggungkan. Pahami penjelasan dari seluruh risiko yang dijamin dan hal-hal yang tidak dijamin. 

Cara klaim asuransi mobil kredit ataupun sudah lunas sebenarnya sama saja. Mulai dari proses klaim hingga fasilitas penunjang saat mobil diperbaiki. Dapatkan penawaran asuransi mobil terbaik di cekpremi.com. Ada diskon 25% plus cashback 10% lho!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *