Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit, Mudah dan Prosesnya Cepat!

cara klaim asuransi mobil kredit

Berada di kota besar, membuat mobilitas meningkat dan untuk mempermudahnya, Anda membutuhkan kendaraan yang mendukung. Memiliki mobil akan membuat perjalanan terasa lebih aman dan nyaman, terlebih untuk perjalanan jarak jauh. Membeli mobil secara tunai mungkin tidak mudah untuk banyak orang. Oleh karena itu, kredit mobil adalah solusi terbaiknya. Cukup dengan sejumlah uang dan persyaratan lengkap, mobil bisa langsung dibawa pulang. Saat membeli mobil secara kredit biasanya sudah dilengkapi dengan asuransi. Jadi, ketika terjadi kerusakan akibat kecelakaan, Anda dapat melakukan klaim. Mungkin masih banyak yang bingung bagaimana cara klaim asuransi mobil kredit, berikut adalah caranya.

Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit

klaim asuransi mobil

Cara klaim asuransi mobil kredit tidak jauh berbeda dengan mobil yang sudah lunas. Adapun untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut. Langkah-langkah di bawah ini berlaku untuk asuransi yang bekerja sama dengan BCA Finance, asuransi mobil Zurich, dan Asuransi Garda Oto.

Segera Lapor

Keadaaan di jalan raya tidak bisa diprediksi. Ada kemungkinan mobil Anda mengalami kerusakan akibat kecelakaan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melaporkan kejadian yang menimpa mobil kepada pihak asuransi dengan menceritakan detail kejadian dan melampirkan foto kerusakan.

Siapkan Dokumen Lengkap

Anda juga harus menyertakan dokumen lengkap, seperti SIM, STNK, surat keterangan dari kepolisian jika kerusakan mobil lebih dari 70%, dan polis asuransi mobil. Kelengkapan berkas ini akan mendukung proses klaim yang lebih lancar.

Datang ke Cabang Terdekat

Pemilik kendaraan harus tepat dalam cara klaim asuransi mobil dengan mengisi laporan dan datang ke cabang terdekat. Jika cara klaim asuransi mobil sudah tepat maka, pihak asuransi akan melakukan pengecekan kelengkapan data dan mengirim surveyor untuk melihat kerusakan mobil. Kemudian, Anda akan diberikan rencana perbaikan di bengkel.

Klaim Melalui Aplikasi

Seiring perkembangan teknologi, Anda juga bisa melakukan klaim dengan mudah melalui aplikasi. Kemudian petugas asuransi akan menghubungi dan menghampiri untuk mengecek langsung kondisi kendaraan di lokasi yang dipilih.

Proses klaim akan diproses dan diselesaikan pada alamat yang dipilih. Jika sewaktu-waktu terjadi penolakan, maka mengurusnya harus lewat alamat kantor yang Anda pilih sejak awal, bukan pada alamat lain. Pilihlah acara secara cermat, pastikan Anda mudah menjangkau alamat tersebut bila proses klaim bermasalah.

Cek progres

Anda bisa mengecek progres klaim yang diajukan melalui aplikasi. Biasanya keterangan klaim akan berubah sesuai dengan sejauh mana proses klaim yang bersangkutan.

Dengan mengetahui progres, Anda bisa mengetahui estimasi waktu hingga uang pertanggungan yang dicairkan oleh perusahaan asuransi.

Selain itu, sebaiknya cek perkembangan klaim secara berkala supaya Anda selalu update. Jika tidak berubah, maka Anda dapat mengambil tindakan untuk mempercepat proses klaim dengan cara menghubungi perusahaan asuransi pilihan Anda.

Mobil Pengganti Saat Proses Perbaikan

Asuransi tidak membedakan status kepemilikan mobil. Jadi, mobil yang sudah lunas ataupun kredit akan diberi perlindungan asuransi yang sama. Sehingga apapun yang terjadi pada mobil menjadi tanggung jawab dari perusahaan asuransi yang bersangkutan.

Kemudian, Anda juga bisa mendapatkan fasilitas mobil pengganti. Jadi, selama proses perbaikan mobil, Anda akan diberi pinjam mobil dari pihak asuransi untuk mengakomodasi kebutuhan harian Anda.

Perlu diketahui bahwa tidak semua paket asuransi menyediakan mobil pengganti. Simak baik-baik ketentuan yang tertulis dalam polis asuransi mobil Anda.

Pastikan beberapa hal penting dan umum yang wajib ada seperti: perlindungan menyeluruh atas kerusakan atau kerugian pada kendaraan Anda, tanggung jawab hukum pihak ketiga, asuransi kecelakaan diri pengemudi dan penumpang dan yang lebih penting lagi manfaat tambahan apakah tersedia misalnya, mobil pengganti, mobil derek, ambulance, mobile claim services, garansi perbaikan dan layanan servis 24 jam.

Berapa Lama Proses Klaim Asuransi Mobil?

Asuransi selalu memberikan batas waktu tertentu untuk pengurusan klaim. Lewat dari itu, klaim bisa ditolak. Klaim asuransi mobil harus segera diurus karena batas waktunya pendek, hanya 3 x 24 jam. Kemudian proses klaim asuransi dan pengerjaan bengkel biasanya butuh waktu 3-5 hari.

Hal-Hal Umum Penyebab Klaim Ditolak

klaim asuransi ditolak

Tidak melengkapi berkas yang dibutuhkan. Jika tidak terpenuhi atau tanpa sengaja terlupakan satu dokumen saja, bisa jadi klaim Anda akan ditolak. Untuk itu selalu persiapkan dan lengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan agar klaim asuransi mobil Anda bisa diterima oleh perusahaan penyedia asuransi.

Batas waktu yang ditetapkan untuk pengajuan klaim telah lewat

Selain mempersiapkan berkas, Anda juga harus mengetahui batas waktu pengajuan klaim yang ditetapkan oleh pihak perusahaan asuransi.

Terjadi pelanggaran hukum

Melewati rambu atau menyetir di luar batas kecepatan normal bisa menjadi pelanggaran hukum yang menyebabkan klaim asuransi mobil Anda ditolak.

Kerusakan yang dimanipulasi

Meski tidak banyak, namun terkadang ada pemilik polis yang dengan sengaja merusak kendaraannya, semata agar mendapatkan penggantian dari pihak asuransi. Entah itu dengan sengaja menabrakkan mobil, merusak bagian mesin, atau melakukan sesuatu agar mobil mogok. Ketika pihak perusahaan asuransi memeriksa dan menemukan adanya percobaan manipulasi, atau melihat kejanggalan dari kerusakan yang terjadi pada mobil Anda, bisa jadi klaim Anda ditolak.

Kejadian tidak termasuk ke dalam risiko pertanggungjawaban

Anda harus teliti membaca polis dan risiko-risiko yang dipertanggungkan. Pahami penjelasan dari seluruh risiko yang dijamin dan hal-hal yang tidak dijamin.

Cara klaim asuransi mobil kredit ataupun sudah lunas sebenarnya sama saja. Mulai dari proses klaim hingga fasilitas penunjang saat mobil diperbaiki. Dapatkan penawaran asuransi mobil terbaik di cekpremi.com. Ada diskon 25% plus cashback 10% lho!