Kenali Penyebab dan Cara Membersihkan Kerak Oli Pada Mesin Mobil

Aug - 04
2021
cara membersihkan kerak oli pada mesin mobil

Kenali Penyebab dan Cara Membersihkan Kerak Oli Pada Mesin Mobil

Oli merupakan bagian dari mobil yang memiliki fungsi penting, yakni sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan antar-komponen mesin. Mesin membutuhkan oli agar berjalan sempurna dan menghindari panas berlebih yang disebabkan oleh gesekan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara membersihkan kerak oli pada mesin mobil.

Ketika ada permasalahan pada oli, maka mesin berpotensi untuk terganggu. Ada beberapa hal yang menyebabkan oli bermasalah hingga mempengaruhi performa mesin. Di antaranya adalah oli yang aus, serta sisa oli di sela-sela komponen mesin yang menimbulkan kerak karbon. Kerak oli ini jika menumpuk dan tidak pernah dibersihkan akan mengganggu performa mesin. Bahkan dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan kerusakan mesin.

Penumpukan kerak di ruang bakar juga bisa disebabkan oleh sisa pembakaran yang tidak sempurna. Hal ini disebabkan oleh penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan mesin, atau kualitas bahan bakar yang buruk. Endapan debu dan kotoran yang masuk ke ruang mesin juga memperburuk kualitas oli sehingga menimbulkan kerak.

Kerak oli ini dikenal juga sebagai oil sludge yang dapat menimbulkan masalah yang lebih besar jika tidak segera dilakukan perawatan berkala. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan pembersihan. Berikut ini cara membersihkan kerak oli pada mesin mobil.

Cara Membersihkan Kerak Oli Pada Mesin Mobil

tips membersihkan oli

Sebelum melakukan pembersihan kerak oli, sebaiknya Anda mempersiapkan berbagai peralatan yang akan dibutuhkan. Peralatan yang Anda perlu persiapkan yakni spons, sikat gigi, dan kain microfiber. Jangan lupa untuk memastikan kebersihan dari 3 alat tersebut agar tidak menambah kotor kerak oli atau malah menambah kotoran.

Selanjutnya Anda perlu mendapatkan jenis pembersih yang pas. Ada 3 jenis pembersih yang bisa Anda gunakan yaitu engine conditioner, engine flush, dan engine degreaser. 

1. Engine Conditioner

Jenis pembersih ini akan menambahkan busa ketika disemprotkan ke ruang bakar. Busa ini akan membantu membersihkan kerak oli dengan mempermudah prosesnya.

2. Engine Flush

Engine flush merupakan deterjen khusus yang mampu membersihkan kotoran serta melunturkan kerak oli dalam karter mesin serta jalur oli. Cairan engine flush biasanya berada dalam kemasan kaleng. Cara penggunaan bahan ini pun cukup mudah dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah di kemudian hari. 

Cara menggunakan engine flush ini sangat mudah, yakni dengan menyalakan mobil selama 15 menit, kemudian buang engine flush melalui pembuangan oli.   Gunakan bahan ini juga saat mengganti oli, terutama ketika sudah mencapai 70.000 kilometer. Jika sudah mencapai jarak tempuh demikian, maka Anda sangat disarankan untuk melakukan engine flush setiap mengganti filter oli. 

3. Engine Degreaser

Selain engine flush, ada satu cairan lagi yang bisa Anda gunakan juga, yaitu engine degreaser. Cairan ini berfungsi untuk membersihkan ruang mesin secara total. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yakni dengan cara disemprotkan. Bahan ini akan berfungsi sebagai solvent dengan tekstur yang lebih keras untuk membersihkan kotoran atau daki yang berada di bagian terluar. 

Jika sudah menggunakan engine flush, Anda juga perlu memakai cairan satu lagi. Namanya adalah engine degreaser. Kegunaannya untuk membersihkan ruang mesin secara total. Cara penggunaannya dengan disemprotkan ke bagian mesin, lalu sikat dengan air sabun hingga bersih. 

Secara garis besar, ada tiga pembersih yang bisa digunakan untuk membersihkan mesin. Pertama adalah engine conditioner berbentuk busa yang berfungsi membersihkan ruang bakar dengan cara disemprotkan. Lalu ada engine degreaser berbagai solvent dengan tekstur yang lebih keras untuk membersihkan kotoran atau daki yang berada di bagian terluar.

Kerak oli memang sangat mengganggu mesin Anda tetapi Anda juga harus mempertimbangkan performa Anda. Untuk mencegah agar oli mesin tidak cepat diganti, maka dapat berpotensi membahayakan keselamatan Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu sekali untuk menjaga kebersihan dengan cara melakukan perawatan dan pengecekan rutin. 

Nah, itu penyebab dan cara membersihkan kerak oli pada mesin mobil. Ternyata penting sekali, ya, untuk menjaga kondisi kendaraan terutama oli dan mesin agar tetap bersih. Selain itu, tambahkan juga asuransi kendaraan yang bisa Anda dapatkan informasi lengkapnya melalui Cekpremi.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi