6 Tips dan Rekomendasi Tempat Wisata yang Cocok untuk Bayi

Aug - 03
2021
tempat wisata yang cocok untuk bayi

6 Tips dan Rekomendasi Tempat Wisata yang Cocok untuk Bayi

Rekreasi atau berwisata saat ini menjadi kebutuhan bagi banyak orang dari berbagai usia, termasuk bayi. Berbeda dengan wisata biasanya, tujuan wisata yang cocok untuk bayi masih terbatas. Apalagi sebagai orang tua pasti ingin menikmati liburan namun tetap aman dan nyaman. Berikut ini tips memilih tempat wisata yang cocok untuk bayi.

Lokasi Tidak Terlalu Jauh atau Perjalanan Kurang dari 6 Jam

Mengajak si kecil berlibur tentu harus menghitung durasi perjalanan. Semakin lama waktu perjalanan yang ditempuh, biasanya bayi akan rewel dan merasa tidak nyaman. Jadi, sebaiknya Anda memilih tempat wisata yang tidak terlalu jauh atau bisa dijangkau dengan waktu kurang dari 6 jam perjalanan, terutama jika lokasi tersebut harus dijangkau menggunakan pesawat.

Edukatif

Tips selanjutnya dalam memilih destinasi liburan bersama si kecil adalah dengan memperhatikan fungsi edukatifnya. Dalam memilih objek wisata bersama bayi, sebaiknya memilih destinasi yang dapat memberikan pengalaman berharga yang menyenangkan namun juga memberikan pengetahuan baru untuk di kecil. Misalnya, Anda bisa mengajaknya ke kebun binatang, museum, dan lain sebagainya.

Tidak Berbahaya

Pilihlah destinasi wisata yang tidak berbahaya. Saat ini banyak tawaran liburan jenis petualangan di alam bebas yang menyenangkan. Namun, jenis tempat wisata seperti ini berbahaya dan dapat membuat bayi merasa tidak nyaman. Selain penilaian berdasarkan medannya sulit atau berbahaya, suatu tempat atau destinasi sebaiknya dihindari jika ternyata destinasi tersebut merupakan daerah endemis penyakit atau sumber penyakit menular tertentu.

Menyediakan Fasilitas Lengkap

Selain medan yang tidak berbahaya, tujuan wisata rama bayi seharusnya menyediakan sarana publik seperti hotel, transportasi, fasilitas kesehatan hingga trotoar yang nyaman.

Cuaca Bersahabat Bagi Bayi

Hal yang perlu Anda perhatikan juga adalah cuaca di destinasi wisata yang akan Anda tuju. Suhu berkisar pada 20 derajat celcius merupakan yang direkomendasikan untuk bayi. Sebaiknya hindari tempat wisata yang memiliki iklim ekstrim, dan jangan lupa untuk memakaikan topi serta sunblock / sunscreen bayi dengan kandungan SPF tinggi. Anda juga perlu menyiapkan pakaian longgar untuk menutupi tubuh si kecil.

Baca juga: Mau Liburan Sambil Belajar? Ini Wisata Edukasi yang Bisa Dikunjungi!

Rekomendasi Tempat Wisata yang Cocok untuk Bayi

tips liburan keluarga

1. Pantai

Pantai menjadi pilihan lokasi yang memiliki banyak manfaat. Tempat yang luas memberikan ruang untuk eksplorasi dan membuat bayi mengenal alam bebas. Vitamin D dari matahari juga bisa menguatkan tulang dan gigi bayi selama masa pertumbuhan. Untuk bayi yang sedang belajar berjalan, pasir adalah media yang lembut dan cocok untuk digunakan.

2. Kebun Binatang

Pilihan kedua adalah kebun binatang untuk mengenalkan berbagai jenis satwa sejak dini. Selain itu, berkunjung ke kebun binatang juga bisa digunakan untuk melatih anak akan rasa takut pada hewan. Pergi ke kebun binatang juga bisa menjadi edukasi untuk saling menjaga dan menghormati sesama makhluk hidup.

3. Playground

Tempat wisata yang cocok untuk bayi lainnya adalah dengan pergi ke playground. Kini sudah banyak playground yang dibuat khusus untuk bayi. Pergi ke playground selain bisa melatih bayi menggunakan motorik dan sensorik nya juga bisa melatih bayi untuk berinteraksi dengan bayi lainnya. Di Playground juga bisa membuat bayi merasa nyaman karena berada di lingkungan baru. Berada di Playground dengan bayi seusianya juga memiliki manfaat lain seperti melatih kreatifitas dan juga imajinasi dari bayi. Rasa kepercayaan diri pada bayi juga akan terlatih di playground.

4. Taman Kota

Taman kota bisa menjadi salah satu alternative tempat wisata yang cocok untuk bayi. Selain jarak yang lebih dekat, taman kota juga bisa menjadi pilihan agar aktivitas bayi tidak monoton hanya di rumah saja. Banyaknya pepohonan di taman kota juga membuat teduh dan menjadi tempat yang nyaman untuk bayi. Selain itu juga memberikan udara segar.

5. Museum

Mengenalkan banyak hal pada anak ketika masih kecil memang tidak ada salahnya. Itulah mengapa pergi ke museum untuk berwisata dengan bayi bisa menjadi salah satu alternatif tempat wisata yang cocok untuk bayi. Tidak perlu pergi ke museum sejarah, kita bisa pergi ke museum dengan konsep lain seperti museum dengan koleksi mainan, atau museum dengan koleksi binatang purbakala. 

Itu tadi tips dan rekomendasi tempat wisata yang cocok untuk bayi. Segala jenis perjalanan bersama anak pasti akan menyenangkan sekali. Jangan lupa untuk memastikan semua barang-barang Anda terpacking dengan baik dan tidak ada yang tertinggal. 

Baca juga: Refreshing Low Budget, Terapkan 7 Tips Liburan Hemat Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *