Kenali Tanda dan Cara Mengatasi Insecure Agar Hidup Lebih Tenang

Aug - 04
2021
tips membuat pede

Kenali Tanda dan Cara Mengatasi Insecure Agar Hidup Lebih Tenang

Insecure atau perasaan tidak aman merupakan tindakan dari adanya emosi dalam diri kita yang menilai diri sebagai seorang inferior dari orang lain. Perasaan tidak aman semacam ini sering dirasakan oleh semua orang dalam hidupnya, terutama ketika sedang merasa kekurangan, malu, bersalah, dan ketika merasa tidak bisa melakukan sesuatu. Penting untuk mengathui cara mengatasi insecure agar Anda tetap merasa percaya diri.

Perasaan insecure juga bisa membuat seseorang takut berinteraksi dengan orang lain. Pada dasarnya, merasa tidak aman itu sangat wajar. Namun sebagai makhluk sosial yang harus bersosialisasi, maka jika insecure menghinggapi, kita perlu melakukan tindakan yang tepat. Hal ini karena jika perasaan insecure dibiarkan terus menerus, maka akan merugikan diri Anda.

Oleh sebab itu, penting untuk mengenali tanda-tanda ketika Anda merasa insecure dan cara bangkit dari perasaan tersebut.

Tanda-Tanda Anda Merasa Insecure

1. Tidak ingin keluar dari zona nyaman

Pengalaman di masa lalu seperti dikecewakan, dikhianati, atau perasaan buruk lainnya dapat membuat seseorang tidak ingin keluar dari zona nyaman. Pengalaman buruk dapat menimbulkan rasa takut dan hal ini dapat menghambat Anda untuk berkembang lebih jauh lagi.

2. Gemar membandingkan diri dengan orang lain

Tanda selanjutnya adalah seseorang jadi sering membandingkan dirinya dengan orang lain tanpa menyadari bahwa perbandingan tersebut relevan atau tidak. Ingatlah, bahwa setiap orang memiliki titik mulai dan waktunya masing-masing yang membuat pencapaian Anda dan orang lain pun berbeda. Sehingga tak perlu membandingkan diri, karena setiap orang memiliki waktunya sendiri.

3. Memandang rendah diri sendiri

Pengalaman buruk di masa lalu juga bisa membuat seseorang jadi memandang rendah dirinya sendiri. Jika Anda ada di fase seperti ini cobalah untuk belajar memahami diri sendiri sehingga bisa lebih menghargai diri sendiri.

4. Haus pujian dan pengakuan dari orang lain

Perasaan insecure juga bisa ditandai dengan rasa ingin dipuji atau diakui oleh orang lain. Hal ini karena seseorang merasa minder dan merasa perlu mendengar pujian atau pengakuan orang lain untuk membuatnya merasa lebih baik.

5. Menghindari interaksi dengan lingkungan sekitar

Seseorang yang sedang merasa insecure cenderung menarik diri dan membatasi interaksi dengan orang lain. Apalagi jika di dalam interaksi tersebut sering membahas mengenai pencapaian, prestasi dan lain-lain yang bisa membuat seseorang menjadi down. Ketika hal ini terjadi, Anda bisa memandangnya dari sudut yang berbeda. Cobalah untuk tidak merasa terintimidasi dan cari insight dalam cerita teman Anda untuk dijadikan motivasi.

Nah, apakah tanda-tanda di atas ada dalam diri Anda? Jika Anda merasa insecure, lakukan beberapa hal ini untuk mengatasinya.

Baca juga: Ini 7 Tips Hidup Bahagia dan Jadi Lebih Bermakna

Cara Mengatasi Insecure Dalam Kehidupan Sehari-Hari

cara mengatasi insecure

1. Fokus dalam menjadi dan mencintai diri sendiri

Fokuslah dengan diri sendiri, belajar untuk mencintai diri sendiri dapat membuat Anda lebih mengenal kekuatan dan kelemaha. Selain melawan perasaan tidak aman, dengan mengenali diri sendiri, Anda bisa lebih mudah dalam menentukan langkah selanjutnya. Anda akan menyadari apa yang menjadi tujuan dan fokuslah pada hal tersebut serta mulailah untuk mengabaikan proses dan tujuan orang lain.

2. Jangan bandingkan diri sendiri  dengan orang lain

Ingat, ya! Anda itu unik dan spesial. Setiap orang memiliki waktunya masing-masing. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain akan menguras banyak tenaga dan bersifat toxic. Mulaikan fokus dengan proses dan tujuan hidup sendiri adalah salah satu cara mengatasi insecure.

3. Kelilingi diri dengan orang yang suportif

Lingkungan tempat ANdabertumbuh sangat mempengaruhi kondisi emosional diri. Lingkupi diri dengan teman-teman yang suportif dan mendorong untuk terus berpikiran positif sehingga dapat menjauhkan dari pikiran negatif dan insecure.

4. Kenali diri sendiri

Anda bisa memulai dengan berkenalan dengan diri sendiri . Cobalah cari tahu apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan Anda sehingga bisa mengurangi membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain.

5. Selalu bersyukur

Jangan lupa untuk selalu bersyukur dalam segala kondisi. Bersyukur juga membuat  beban pikiran secara perlahan berkurang. Selain bersyukur, Anda juga harus tambahkan juga kerja keras Anda dengan doa yang tulus.

Kalau sudah mengetahui cara mengatasi insecure, silahkan mencoba! Sebagai langkah pertama, cobalah untuk mengenal kembali diri Anda, kelebihan dan kekurangannya. Kurangi juga membandingkan diri dengan orang lain.

Baca juga: Benarkah Ikigai Adalah Panggilan Jiwa? Ini Pengertian dan Cara Menemukannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *