3 Cara Mengatasi Sakit Gigi dan Obat Alami untuk Redakan Ngilu

Jul - 27
2021
cara mengatasi sakit gigi

3 Cara Mengatasi Sakit Gigi dan Obat Alami untuk Redakan Ngilu

Sakit gigi dapat disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari tumbuh gigi, gigi berlubang, gusi bengkak, hingga adanya abses atau nanah di dasar gigi. Sakit gigi merupakan masalah gigi dan mulut yang paling menyiksa karena biasanya rasa nyerinya tidak hanya di gigi saja, tetapi bisa sampai demam, pusing, sakit telinga, sakit leher, dan bau mulut. Belum lagi kondisi rahang yang bengkak membuat sulit membuka mulut. Mafhum sudah jika banyak yang mengatakan bahwa lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. Sebelum sakit gigi menjadi parah, ada beberapa cara mengatasi sakit gigi secara darurat sebelum Anda pergi ke dokter.

Berikut ini 3 cara mengatasi sakit gigi yang mudah dan sederhana dan bisa Anda lakukan untuk membantu meredakan sakit gigi.

1. Kumur dengan Air Garam

Sebelum berkumur dengan air garam, sebaiknya Anda melakukan flossing terlebih dahulu untuk membersihkan siswa makanan yang menempel di gigi. Air garam terbukti membantu meredakan peradangan serta rasa sakit di gusi dan gigi. Caranya, siapkan 1-2 sendok makan garam dapur dan larutkan dalam segelas air hangat. Kemudian berkumur selama 30 detik . Pastikan Anda tidak menelan airnya, ya!

2. Kompres Dingin

Kompres dingin menggunakan es batu dapat meredakan pipi bengkak akibat sakit gigi. Selain meredakan bengkak, kompres dingin juga bisa membantu mengurangi nyeri serta pendarahan ke dalam jaringan gusi. Kompres dingin dilakukan dengan cara membungkus beberapa keping es batu dalam sebuah handuk kecil. Lalu tempelkan handuk tersebut pada area pipi yang mengalami pembengkakan. Biarkan selama 15 menit-20 menit. Ulangi cara ini setidaknya tiga kali dalam sehari atau sampai bengkak di pipi Anda mereda.

3. Obat Pereda Nyeri

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah minum obat pereda nyeri yang banyak dijual bebas di apotek dan bisa Anda beli tanpa resep dokter. Pastikan Anda membaca petunjuk penggunaan obat dengan teliti, ya! Jika sakit gigi tidak kunjung reda, segera cari bantuan medis.

Selain penanganan secara medis di dokter gigi, ada beberapa cara alami untuk mengatasi sakit gigi. Bahan-bahan alami ini juga bisa ditemukan di dapur rumah Anda, lho! Karena alami, sudah tentu aman untuk digunakan. Namun, obat-obatan alami ini sifatnya sebagai pertolongan darurat saja, Anda masih harus memeriksakan diri ke dokter gigi untuk mengetahui kesehatan gigi dan mulut.

Cara Mengatasi Sakit Gigi dengan Bahan Alami

obat sakit gigi

Kunyah Bawang Putih

Mengunyah bawang putih bisa membantu meredakan sakit gigi karena bumbu dapur satu ini bersifat antiseptic dan menjadi antibiotic alami yang bisa melawan infeksi. Senyawa allicin yang terkandung dalam bawang putih juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri di gigi Anda. Siapkan satu siung bawang putih yang sudah dikupas lalu potong menjadi dua bagian. Kemudian, letakkan potongan bawang putih mentah tadi di bagian gigi yang sakit. Anda juga bisa mengunyah langsung bawang putih tersebut selama beberapa menit. Meskipun tidak enak, tapi tahan yaaa…!

Daun Jambu Biji

Daun jambu biji memiliki sifat anti radang yang dapat membantu menyembuhkan luka. Selain itu, daun jambu biji juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melindungi kesehatan gigi dan mulut Anda. Cara mengobati sakit gigi menggunakan daun jambu biji sangat mudah. Anda bisa mengunyah daun jambu biji segar secara langsung.

Selain mengunyahnya secara langsung, kamu juga bisa menjadikan daun jambu biji sebagai obat kumur. Caranya dengan merebus daun jambu biji dan biarkan airnya agak dingin. Gunakan untuk kumur selagi hangat ya.

Minyak Cengkih

Cengkih mengandung senyawa eugenol yang berfungsi sebagai antiseptik alami. Ini yang membuat cengkih terbukti efektif mampu meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Caranya dengan merendam kapas dalam minyak cengkih dan gigit kapas tersebut menggunakan gigi yang sakit. Atau kamu juga bisa menjadikannya sebagai obat kumur dengan cara mencampurkan setetes minyak cengkih ke dalam air hangat dan gunakan untuk berkumur.

Itu tadi cara mengatasi sakit gigi di rumah dan obat herbal yang bisa kamu gunakan untuk mengobati sakit gigi. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut, ya! Kamu bisa melakukannya dengan rajin menggosok gigi dan rajin memeriksakan gigi ke dokter gigi. Untuk mendapatkan perlindungan kesehatan, yuk miliki asuransi kesehatan! Dapatnya tawaran menariknya hanya di Cekpremi.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid