Perut Kembung? Kenali Penyebabnya dan Atasi dengan 7 Cara Alami ini!

Aug - 07
2021
mengatasi perut kembung

Perut Kembung? Kenali Penyebabnya dan Atasi dengan 7 Cara Alami ini!

Gas yang terkumpul di perut bisa menyebabkan kembung dan perut yang kembung tentunya sangat mengganggu aktivitas kalian sehari-hari. Perut yang kembung biasanya terjadi karena makanan tidak tercerna dengan baik di dalam tubuh. Tidak perlu khawatir kalau perut kembung, kalian bisa mengatasinya dengan cara alami yang akan kami bahas di artikel ini:

7 cara mengatasi perut kembung

1. Hindari makanan berlemak

Makanan yang berlemak merupakan jenis makanan yang sulit untuk dicerna tubuh. Makanan yang sulit dicerna otomatis akan membuat perut kembung. Maka dari itu saat perut kembung sebisa mungkin hindari makanan berlemak ya!

2. Konsumsi yoghurt

Kandungan probiotik yang terdapat di dalam yoghurt terbukti dapat membantu proses pencernaan makanan. Jika makanan bisa dicerna dengan baik, perut pun akan bebas dari yang namanya kembung.

3. Kunyah makanan sampai halus

Cara makan yang terlalu cepat menyebabkan makanan tidak cukup halus untuk dicerna oleh tubuh. Maka dari itu usahakan setiap makan kalian mengunyah makanan sampai halus agar makanan dapat dengan mudah untuk dicerna oleh tubuh.

Baca juga: 5 Khasiat Bawang Putih Bakar bagi Kesehatan, Bikin Panjang Umur!

4. Kompres perut dengan air hangat

Perut yang dikompres dengan air hangat bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan perut kembung. Air hangat mampu membuat otot-otot di saluran pencernaan menjadi lebih rileks.

5. Hentikan kebiasaan merokok

Asap dari rokok biasanya masih terperangkap di dalam perut sehingga kemungkinan besar perut pun bisa kembung. Selain mencegah perut kembung, berhenti merokok juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti mencegah penyakit paru-paru dan juga jantung.

6. Olahraga ringan

Jika ingin perut terhindar dari rasa kembung, maka kami sarankan untuk melakukan olahraga ringan. Terutama olahraga yang melibatkan otot perut. Hal ini bertujuan untuk membuat otot perut lebih rileks dan pencernaan pun bisa lebih lancar.

Baca juga: 10 Cara Alami Menyembuhkan Mata Minus, Tanpa Kacamata!

7. Tidak berbicara saat makan

Berbicara saat makan menyebabkan udara terdorong ke dalam perut yang akhirnya mengakibatkan perut menjadi kembung. Usahakan agar saat makan jangan terlalu banyak bicara ya!

Penyebab perut kembung

Jika sudah mengetahui cara menyembuhkan perut kembung, maka selanjutnya mari kita ketahui apa kemungkinan penyebab perut kembung:

1. Masuk angin

Dalam dunia medis sebenarnya tidak ada istilah yang namanya masuk angin. Masuk angin ditandai dengan sering bersendawa dan juga nyeri perut. Selain itu pertanda orang terkena masuk angin adalah cepat kenyang.

2. Maag

Pertanda seseorang terkena maag adalah perut kembung, mual, dan juga rasa perih di kerongkongan. Cara menyembuhkan penyakit maag adalah dengan mengkonsumsi obat maag dan juga mengkonsumsi pisang.

 

Pastikan biaya berobat terlindungi dengan adanya asuransi!

Kesehatan merupakan hal termahal yang ada di dalam hidup seseorang. Jika tubuh terkena penyakit tentunya bisa menghalangi aktivitas-aktivitas kita, oleh karena itulah biasanya biaya berobat tidaklah murah.

Kalian bisa mendaftarkan diri kalian ke BPJS untuk keringanan biaya berobat, namun BPJS sayangnya tidak memberikan akses ke semua obat yang tersedia di dunia medis, oleh karena itu pastikan juga untuk mendaftarkan diri kalian ke asuransi kesehatan milik swasta! Kalian bisa mendapatkan keuntungan yang tidak kalian dapatkan dari BPJS loh.

Pilih dan bandingkan berbagai produk asuransi kesehatan yang terpercaya hanya di Cekpremi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid