Mudah dan Simpel, Begini Cara Menghitung HPP yang Benar!

cara menghitung hpp

Bagi para pebisnis, HPP merupakan unsur yang penting bagi keberlangsungan suatu bisnis. HPP akan memberikan informasi yang jelas mengenai harga jual yang sesuai terhadap suatu barang.

Cara menghitung HPP biasanya tergantung dari seberapa kompleks bagaimana barang tersebut dibuat. Misalkan suatu barang memerlukan bantuan alat, dan karyawan dalam proses pembuatannya. Itu semua akan masuk dalam pertimbangan dalam mencari HPP.

Penasaran bagaimana cara hitung HPP yang benar? Mari simak penjelasan lengkapnya di artikel ini!

Apa Itu HPP?

Pertama-tama sebaiknya kalian mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu HPP. HPP adalah sebuah patokan yang dipakai saat ingin menentukan harga jual suatu barang dengan mempertimbangkan seluruh biaya produksi yang dipakai.

Maka dari itu HPP harus dicantumkan pada laporan keuangan agar perusahaan memiliki gambaran jelas mengenai biaya produksi yang diperlukan sebelum memproduksi.

Jika HPP telah dihitung, maka perusahaan dapat menentukan harga yang sesuai dengan biaya produksi barang tersebut. Dengan begitu keuntungan bisa didapat oleh perusahaan.

Menghitung biaya HPP biasanya dilakukan oleh perusahaan dagang yang bergerak dalam bidang jual beli.

Apa Saja Komponen HPP?

Dalam perhitungan HPP, ada beberapa komponen yang perlu kalian ketahui. Dengan mengetahui komponen ini, maka kalian bisa menghitung HPP dengan lebih jelas. Berikut adalah komponennya:

1. Persediaan Awal

Persediaan awal adalah persediaan dagangan pada awal tahun fiskal. Biasanya komponen ini terdapat pada neraca periode berjalan dan neraca tahun sebelumnya.

Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kekurangan persediaan yang jika kurang maka akan berimbas ke kekurangan barang produksi.

Maka dari itu persediaan awal adalah komponen pertama yang harus kalian ketahui sebelum menghitung HPP.

2. Pembelian Bersih

Agar persediaan barang terjamin selama proses berlangsung, maka sebuah perusahaan dagang harus melakukan pembelian bersih.

Biasanya pembelian bersih akan dibayarkan melalui tunai dan kredit ditambah dengan biaya transportasi.

Tidak menutup kemungkinan saat proses pembelian bersih akan ada retur dan diskon. Namun yang perlu diperhatikan adalah komponen pembelian bersih akan mempengaruhi HPP kedepannya.

3. Persediaan Akhir

Komponen persediaan akhir akan bisa didapat jika kalian sudah memiliki komponen persediaan awal dan pembelian bersih.

Persediaan akhir bisa didapat dari persediaan awal – pembelian bersih. Biasanya informasi ini bisa kalian dapat pada data penyesuaian di akhir periode.

Cara Menghitung HPP

Nah kalau kalian sudah tahu apa saja komponen yang diperlukan, maka tiba saatnya kalian menghitung HPP. Kalian bisa menghitung HPP dengan cara berikut:

HPP = Persediaan Awal – Pembelian Bersih – Persediaan Awal

Apa Tujuan dari adanya HPP?

Ada beberapa tujuan dari HPP berikut adalah tujuannya:

1. Mengetahui harga jual suatu barang

HPP mempertimbangkan seluruh aspek produksi suatu barang, dengan mengetahui segala aspek mengenai produksi, kalian bisa menentukan harga barang yang sesuai dengan biaya produksi yang dikeluarkan.

Otomatis proses penentuan harga suatu barang akan lebih mendalam dan perusahaan bisa memperoleh keuntungan yang setimpal.

2. Mencegah terjadinya kelebihan pengeluaran

Dengan mengetahui berapa biaya produksi suatu barang, maka perusahaan bisa mempertimbangkan apakah biaya produksi yang dikeluarkan setimpal dengan hasilnya.

Jika tidak setimpal perusahaan bisa segera melakukan tindakan agar mencegah terjadinya kelebihan pengeluaran akibat biaya produksi yang berlebih.

3. Berguna untuk pembuatan laporan laba rugi

Di dalam sebuah laporan laba rugi, HPP tentunya merupakan bagian penting. Tujuan dari laporan laba rugi itu sendiri adalah untuk mengetahui apakah usaha yang dilakukan saat ini sudah memberikan hasil atau tidak.

Dengan begitu perusahaan bisa mengambil langkah selanjutnya dengan rasional. Dikarenakan keputusan diambil berdasarkan data.

4. Memaksimalkan keuntungan

Dengan mengetahui HPP, kita bisa memaksimalkan keuntungan yang bisa didapat oleh perusahaan kita. Menjual dengan harga yang pas dan tidak berlebih adalah strategi terbaik dalam sebuah bisnis.

Tips Menghitung HPP

Agar bisa menghitung HPP dengan benar dan akurat, kalian bisa pergunakan beberapa tips berikut ini:

1. Ketahui dulu komponen yang diperlukan dalam menghitung HPP

Tips pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengetahui komponen pembentuk sebuah HPP terlebih dahulu.

Komponen tersebut adalah persediaan awal, pembelian bersih dan persediaan akhir suatu barang.

2. Gunakan perangkat lunak

Untuk menghindari kesalahan hitung yang tidak disengaja, ada baiknya kalian menggunakan perangkat lunak agar proses penghitungan akurat dan tidak meleset.

 

Kunjungi blog Cekpremi untuk berbagai informasi seputar keuangan lainnya! Dan bagi kalian yang sedang mencari asuransi, segera kunjungi Cekpremi untuk mendapatkan perbandingan harga dari setiap produk asuransi.

Diskon 25% bagi setiap pelanggan yang berbelanja di Cekpremi!

 

 

About Andrian

Passionate SEO person, and love to bring people the right information that they want. Please enjoy our article and hopefully the information that we serve is fulfilling your needs :)

View all posts by Andrian →