Apa itu Leasing Mobil? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Apr - 20
2021
leasing mobil

Apa itu Leasing Mobil? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Mungkin istilah leasing mobil sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Diambil dari kata “lease” yang artinya menyewakan jika diambil dari sudut pandang perbankan dapat kira artikan sebagai sebuah pinjaman uang. Tentunya sebagai peminjam kita harus melunasi tepat waktu sesuai dengan yang sudah diatur di perjanjian.

Terdapat 3 pihak yang berperan dalam proses leasing mobil yaitu:

– Lessor, sebagai pihak yang memberikan pinjaman dana
– Lesse, sebagai pihak yang meminja
– Supplier, sebagai pihak penyedia barang

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Setelah mengetahui siapa saja pihak yang terlibat, mari kita simak apa saja langkah-langkah yang harus diperhatikan sebelum mengajukan leasing:

1. Persyaratan dokumen

Sebelum mengajukan, kalian harus mempersiapkan dokumen penunjang agar pengajuan leasing kalian dapat diproses berikut dokumen yang dibutuhkan:

– Kartu identitas (KTP, SIM, paspor)
– Kartu keluarga
– NPWP
– Slip gaji
– Tagihan kartu kredit selama 3 bulan terakhir- Akta pendirian perusahaan dan SIUP bagi pengusaha

2. Pilih tenor waktu yang sesuai dengan kemampuan finansial kalian

Setelah semua dokumen dipenuhi dan sudah lolos cek, maka langkah selanjutnya kalian harus menentukan berapa lama tenor waktu pelunasan yang kalian inginkan. Biasanya tersedia 3 pilihan yaitu 1,2 dan 3 tahun.

3. Pilih uang muka yang tidak memberatkan kondisi finansial

Setelah menentukan tenor waktu, kalian juga harus memikirkan uang muka yang harus dibayarkan. Pastikan besaran uang muka tidak melebihi kapasitas kalian dan juga tidak memberatkan biaya cicilan yang akan ditanggung nantinya.

4. Teliti kembali bunga yang dikenakan

Untuk menghindari biaya yang membengkak, kalian harus meneliti ulang biaya bunga yang dikenakan. Pastikan beban bunga yang tertera di kontrak tidak memberatkan kalian.

5. Pastikan kalian membayar tepat waktu

Jika semua syarat sudah dipenuhi dan proses leasing kalian diterima, pastikan untuk selalu membayar tepat waktu. Jikalau kalian telat membayar biasanya dari pihak leasing akan mengenakan sejumlah biaya lebih.

Tips memilih leasing yang tepat

Pada saat kalian ingin mengajukan leasing, pastikan kalian bekerja sama dengan pihak penyedia yang sudah terpercaya. Jangan sampai kalian mengalami kerugian di hari mendatang. Berikut adalah tips-tips dalam memilih leasing yang terpercaya:

– Pastikan reputasi penyedia leasing sudah dikenal luas, dan ada bukti pelanggan yang puas dengan leasing tersebut
– Pastikan leasing sudah terdaftar di OJK
– Pilih leasing yang pelayanan nya cepat tanggap jika ada keluhan

Berikan proteksi asuransi kepada mobil anda pada saat masa pelunasan

Ada baiknya kalian memberikan perlindungan lebih kepada mobil kalian agar kalian terlindungi dari segala jenis resiko biaya kerusakan mobil. Bayangkan saja, jika mobil suatu saat bermasalah, maka kalian harus membayar biaya servisnya yang tentunya tidak sedikit. Dengan adanya asuransi maka kalian tidak perlu repot memikirkan lagi soal biaya!

Kalian bisa memilih 2 pilihan asuransi mobil yang sudah beredar di pasaran:

– Asuransi TLO

Merupakan jenis asuransi murah yang ditawarkan. Asuransi ini hanya akan memberikan biaya ganti rugi jika mobil mengalami kerusakan lebih dari 75%

– Asuransi All-Risk

Biaya asuransi all risk memang lebih mahal dibandingkan dengan asuransi TLO, namun dengan menggunakan asuransi ini segala jenis kerusakan baik itu kerusakan minor semua biaya akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Jika kalian tertarik untuk membeli asuransi mobil, maka Cekpremi menyediakan berbagai macam produk asuransi mobil yang terpercaya! Bandingkan dan pilih asuransi yang sesuai hanya di Cekpremi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *