Cara Menguras Tangki Bahan Bakar pada Mobil

tangki bbm

Kondisi salah mengisi BBM masih kerap terjadi. Bila mengalaminya, kamu harus segera menguras atau mengosongkan tangki bahan bakar. Tangki bahan bakar pada mobil berbeda-beda dan didesain tidak keluar sendiri. Jika tidak segera dikuras, dapat menyebabkan malfungsi atau kebakaran. Untuk itu, kamu perlu mengetahui beberapa cara menguras tangki bahan bakar di bawah ini.

  1. Gunakan Mobil Hingga Bensinnya Hampir Habis

Nyalakan mobil dan gunakan sampai hampir habis dengan cara mengendarainya. Parkirkan mobil dan biarkan mesinnya dingin sebelum mulai mengurasnya. Cara ini akan mengurangi jumlah pemompaan dan pengurasan yang harus dilakukan. Serta akan menyisakan lebih sedikit bensin untuk disimpan atau dibuang. Penting untuk diingat, jangan pernah menggunakan mobil apabila bahan bakar yang berada di tangki bukan bahan bakar yang seharusnya digunakan.

  1. Beli Sistem Penyedot Bahan Bakar

Penyedot bahan bakar bisa kamu dapatkan di toko suku cadang. Penyedot ini merupakan pompa bahan bakar mobil yang dioperasikan secara manual dengan cara menyedot bensin dari mobil ke dalam sebuah wadah. Pastikan kamu membeli penyedot yang cocok digunakan untuk bahan-bahan yang mudah terbakar. Sebab, percikan api di dekat tangki bensin akan membahayakan.

​​​3. Masukkan Selang ke Dalam Tangki Bensin

Selanjutnya, kamu dapat memasukkan selang hingga tersisa sekitar 30-60 cm dari pompa. Bagian ini merupakan bagian tersulit dari keseluruhan proses. Sebab, mobil yang lebih baru biasanya memiliki bola pelindung logam atau layer. Fungsinya, mencegah bensin keluar dari tangki apabila terjadi kecelakaan. Untuk mobil terbaru, siapkan selang terpisah yang lebih kecil, kaku, dan tidak mudah berbelit. Paksa selang ini masuk hingga mengenai penghalang, kemudian putar, dorong, dan paksa selang masuk mengitari bola logam yang menghalangi tempat masuk ke tangki. Apabila tidak berhasil meskipun sudah menggunakan kekuatan yang cukup besar, jangan lanjutkan. Sebab, dapat menyebabkan kebocoran tabung pengisi atau kerusakan lain.​​​​

  1. Pompa Hingga Bensinnya Keluar

Saat memompa, pastikan kamu sudah menyiapkan wadah untuk menampung bensin. Pegang ujung selang karena dapat bergerak ketika bensin mulai mengalir. Apabila kamu tidak memiliki pompa, kamu bisa menggunakan selang cadangan. Lalu, tiup selang cadangan untuk mendorong udara ke dalam tangki. Teknik ini akan memaksa bensin keluar dari selang yang lain.

  1. Keluarkan Selang dan Isi Kembali Tangki

Tangki sudah kosong dan kamu siap untuk melanjutkan servis. Apabila kendaraan kamu berisi bahan bakar yang tidak sesuai. Maka, kamu mungkin perlu membilas tangki dan sistem bahan bakar dengan bahan bakar yang seharusnya.

  1. Gunakan Kembali atau Buang dengan Benar

Apabila bensin belum terlalu lama atau masih bisa digunakan, kamu dapat mengalihkannya ke mobil lain. Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil. Contoh asuransi yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Asuransi Simas Insurtech dan Mega Insurance.

Asuransi Simas Insurtech menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive (all risk). Bengkel rekanannya sudah mencapai 584 bengkel. Hal ini akan memudahkanmu untuk melakukan perbaikan. Premi TLO mulai dari Rp35.000 perbulan. Untuk premi all risk mulai dari RP175.000 perbulan. Batas usia kendaraannya juga cukup lama. Untuk jaminan gabungan (Comprehensive) sampai dengan usia 10 tahun, sedangkan untuk jaminan Total Loss Only ( TLO ) bisa sampai dengan usia 20 tahun.

Mega Insurance menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive. Pilihan perluasan asuransi comprehensive-nya juga cukup banyak di antaranya; RSCC & TS (kerusuhan, pemogokan, sabotase), act of God (bencana alam), TJH, Kecelakaan diri pengemudi dan/atau penumpang. Proses klaimnya juga mudah karena ada aplikasi Mega Insurance Assistant.

Untuk mendapatkan pilihan asuransi terbaikmu, kamu bisa mengunjungi Cekpremi. Layanan ini menyediakan asuransi mobil yang sesuai untukmu. Pilih produknya dan dapatkan cashback dalam jumlah menarik.

Pertanyaan Seputar Cara Menguras Tangki Bahan Bakar

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apakah perlu kuras tangki bahan bakar?” answer-0=”Kotoran tangki bisa menumpuk karena tingginya kadar air dan sulfur bahan bakar. Pemilik yang biasanya membiarkan tangki kosong, selain korosi dikhawatirkan pompa bahan bakar juga bisa bermasalah. Karena itu, perlu untuk dilakukan kuras tangki agar tak ada kotoran yang menyumbat pasokan bahan bakar. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Berapa tahun sekali kuras tangki mobil?” answer-1=”Sebaiknya kuras tangki setiap 50.000 kilometer (km). Atau lebih cepat jika ada indikasi mesin mobil brebet. Filter bensin kotor maupun injektor tersumbat kotoran, efek yang akan timbul sangat beragam. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]