Cara Merawat Rem Tromol Mobil agar Tidak Cepat Rusak

Rem tromol mobil merupakan salah satu komponen mobil yang sangat penting. Untuk itu, kamu perlu merawat rem tromol mobil agar tidak cepat rusak. Selain menghemat biaya perawatan mobil, keselamatan dan kenyamanan juga lebih terjamin dengan kondisi rem tromol yang baik.

Pada intinya, rem tromol mempunyai fungsi utama untuk menghentikan atau memperlambat laju mobil saat maju dan mundur. Peran ini sangat vital untuk keselamatan dan keamanan saat berkendara. Jangan sampai ada gangguan pada fungsi rem mobil.

Sebagai pemilik mobil, kamu perlu mengetahui sistem kerja rem tromol dan cara merawatnya agar bisa segera mengatasinya apabila ada masalah. Untuk lebih jelasnya mengenai apa itu rem tromol dan cara merawatnya, baca artikel ini sampai habis ya.

Mengenal Apa Itu Rem Tromol

Rem tromol yang digunakan untuk mobil mempunyai sistem kerja yang hampir sama dengan yang digunakan untuk motor. Sistem rem tromol sudah menggunakan sistem hidrolik untuk yang ada pada mobil.

Sistem ini memanfaatkan tekanan hidrolik untuk menekan kanvas rem. Sistem kerja dari rem ini adalah adanya gesekan yang diubah fungsinya menjadi energi putar atau gerak sehingga putaran roda mobil bisa dihentikan.

Ada dua jenis rem pada mobil yaitu, rem tromol dan rem cakram. Kelebihan rem tromol adalah kampas remnya tampak lebih kuat karena ukuran kampas lebih lebar.

Sistem rem ini tertutup sehingga aman dari kotoran yang berasal dari luar. Rem tromol membuatmu lebih mudah dalam perawatannya karena aman dari kotoran.

Rem yang satu ini cukup mempunyai daya cengkeram kuat dan proses pengeremannya cukup lembut. Mobil cocok menggunakan rem ini.

Cara Merawat Rem Tromol Mobil Agar Awet

Kamu bisa melakukan perawatan rem tromol secara mandiri. Ada beberapa langkah perawatan yang perlu kamu lakukan agar rem tromol lebih awet. Berikut ini cara merawatnya.

  • Tidak Ada Minyak Yang Merembes pada Rem

Kamu perlu memastikan tidak ada minyak yang merembes pada rem. Untuk itu, kamu perlu mengecek kondisi rem secara berkala.

Apabila kamu melihat ada rembesan minyak pada rem, berarti area rem tromol mengalami kebocoran. Saat akan bepergian menggunakan mobil, kamu perlu mengecek kondisi rem apakah ada rembesan minyak atau tidak.

Rembesan minyak bisa menurunkan daya cengkram rem tromol sehingga akan sangat berbahaya.

  • Periksa Tinggi Tuas Rem Tangan

Untuk memastikan kondisi rem tangan, kamu perlu memeriksa ketinggian tuas rem tangan saat ditarik apakah sudah pas atau belum. Selain itu, jika terdengar bunyi klik lebih dari sembilan kali saat ditarik, rem tangan berpotensi blong.

  • Pengaturan Rem Tromol Sesuai Setelan Standar

Rem tromol perlu kamu setel sesuai standar pabrik agar bisa bekerja dengan baik apalagi saat memarkir mobil di area yang tidak datar.

Sebaiknya, kamu melakukan penyetelan rem tromol secara manual agar hasilnya maksimalnya.

  • Membersihkan Rem Tromol Secara Berkala

Meskipun sistemnya tertutup, bukan berarti tidak ada kotoran yang menempel pada rem tromol. Kamu perlu membersihkannya secara rutin agar rem tidak seret dan tetap bisa bekerja dengan baik.

Apalagi saat terjadi hujan, kemungkinan pasir lembut atau air hujan yang menempel bisa membuat kinerja rem terganggu. Untuk membersihkannya, kamu hanya perlu membilasnya dengan air bersih dan menyikatnya.

  • Memastikan Tidak Timbul Bau Hangus pada Rem Tromol

Saat mengecek kondisi rem tromol, kamu perlu memastikan tidak ada bau hangus pada rem. Bau hangus tersebut menandakan adanya minyak yang terbakar di area rem dan roda.

Kamu perlu menjaga kelembaban kampas rem tromol secara rutin dan menggantinya setelah jarak tempuhnya sudah mencapai 25.000 kilometer. Hal ini perlu kamu lakukan agar tidak terjadi gesekan dengan piringan rem yang bisa menyebabkan rem tromol panas.

  • Mengecek Kondisi Sepatu Rem

Sepatu rem bisa kamu cek dengan melihat penggantian kampas rem yang kamu lakukan. Jika kampas sudah mengalami pergantian sebanyak empat kali, itu berarti sepatu rem juga sudah waktunya diganti.

Penggantian ini perlu kamu lakukan agar kinerja rem tromol tetap efektif untuk menghentikan atau memperlambat laju mobil.

Beberapa cara tersebut perlu kamu lakukan secara rutin agar kinerja rem tetap baik. Jika diabaikan, rem bisa mengalami kondisi yang fatal seperti, rem blong.

Nah, itu tadi beberapa cara merawat rem tromol agar lebih awet dan performanya tetap baik.

Sebaiknya, kamu juga melindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari asuransi mobil. Kamu akan terhindar dari potensi kerugian atas kerusakan mobil akibat kecelakaan.

Kamu tidak perlu bingung dalam memilih asuransi mobil terbaik. Kamu bisa menemukannya di cekpremi. Yuk segera kunjungi cekpremi dan temukan asuransi mobil terbaik untuk mobil kesayanganmu.

Asuransi Mobil

Pertanyaan Seputar Rem Tromol Mobil

Rem tromol perlu dirawat dengan baik agar awet. Mungkin masih ada pertanyaan yang terbersit tentang hal ini. Berikut pertanyaan yang biasanya diajukan.

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa kelemahan dari sistem rem tromol?” answer-0=”Salah satu kelemahan dari rem tromol adalah tidak semua bagian kampas rem menempel. Saat dilakukan pengereman, hanya sekitar 70 persen kampas yang menempel.” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apakah rem tromol bagus?” answer-1=”Salah satu kelebihan rem tromol dibandingkan rem cakram adalah tidak mudah disusupi kotoran karena tertutup. Kinerjanya juga terbilang lebih lembut.” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]