Lebih Murah Mana Mudik Pakai Kendaraan Sendiri Atau Transportasi Umum?

May - 15
2019
Lebih Murah Mana Mudik Pakai Kendaraan Sendiri Atau Transportasi Umum

Lebih Murah Mana Mudik Pakai Kendaraan Sendiri Atau Transportasi Umum?

Di bulan Ramadan seperti saat ini, banyak sekali yang cari asuransi mobil All Risk. Bukan hanya mereka yang punya mobil pribadi melainkan juga penyedia jasa rental mobil.

Anda tentu tahu alasannya. Untuk mereka yang punya mobil pribadi, mereka ingin mudik aman dan nyaman. Oleh sebab itu, mereka mengasuransikan mobil tersebut. Sementara itu, penyedia jasa rental mobil tidak mau hal buruk terjadi seperti penyewa membawa kabur mobil sewaan. Makanya, mereka mengajukan asuransi mobil All Risk.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Akan tetapi, tidak sedikit juga yang memilih untuk mudik menggunakan transportasi umum. Mungkin saja mereka memang tidak punya mobil. Tapi, ada juga lho yang punya mobil tapi tidak mau menggunakan mobil tersebut. Mereka merasa tidak ingin terlalu lelah menyetir sendiri. Selain itu, mudik dengan transportasi umum dianggap lebih murah.

Benarkah Mudik dengan Transportasi Umum Lebih Murah?

Sekilas, memang lebih murah mudik dengan transporatasi umum. Bayangkan saja. Jika Anda menggunakan mobil sendiri, Anda harus membeli BBM. Belum lagi dengan biaya lainnya seperti biaya tol, biaya untuk makan di jalan, dan lain sebagainya.

Lain hal jika menggunakan transportasi umum. Contohnya saja bus yang banyak dipilih sebagai kendaraan untuk mudik. Dengan membayar tiket, mereka sudah mendapatkan tempat duduk yang nyaman. Biasanya juga sudah ada fasilitas seperti makan gratis. Lebih enak dan lebih murah, bukan?

Akan tetapi, tidak selalu mudik dengan transportasi umum itu lebih murah. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan biaya mudik dengan transportasi umum membengkak.

Harga Tiket yang Kelewat Mahal

Seperti biasanya, harga tiket waktu mudik pasti naik. Bukan hanya tiket bus tapi juga tiket untuk jenis kendaraan lainnya. Hal inilah yang membuat biaya mudik menjadi mahal meskipun Anda menggunakan transporasi umum.

Gonta Ganti Kendaraan

Apakah Anda hanya perlu menggunakan satu kendaraan lalu sampai ke kampung halaman? Banyak yang harus berganti kendaraan berkali-kali. Bahkan, untuk mudik ke pulau yang berbeda, banyak yang menggunakan transportasi berbeda. Awalnya menggunakan pesawat lalu berganti menggunakan bus berkali-kali untuk sampai ke kampung halaman.

Jelas kan biayanya bisa berlipat-lipat?

Mudik dengan Keluarga Besar

Semakin banyak jumlah keluarga yang ikut mudik, maka semakin banyak tiket yang harus Anda beli. Untuk keluarga kecil, tentu mudik dengan transportasi umum menjadi solusi terbaik. Lain hal jika anggota keluarga Anda lebih dari 3.

Jadi, tidak selalu mudik dengan alat transportasi umum itu jauh lebih murah. Bisa saja dengan menggunakan mobil sendiri itu jauh lebih terjangkau.

Tips Mudik Hemat Menggunakan Mobil

Kebanyakan yang sudah punya keluarga berusaha untuk memiliki mobil untuk mudik. Tentu saja bukan hanya untuk mudik. Mobil juga digunakan untuk mobilitas setiap hari.

Makanya, banyak orang yang akhirnya membeli mobil saat Ramadan. Alasannya, agar mereka bisa mudik dengan kendaraan sendiri.

Biaya mudik dengan mobil sendiri bisa lebih murah jika Anda menerapkan tips berikut ini.

Pilih Mobil Irit

Jika Anda berencana membeli mobil untuk keperluan mudik tahun ini, sebaiknya pilih mobil yang irit. Contohnya saja mobil LCGC atau low cost green car. Ini tipe mobil kecil yang sangat irit bensin.

Siapkan Bekal dari Rumah

Sebenarnya, yang menghabiskan banyak uang saat mudik dengan mobil pribadi adalah biaya makan. Belum lagi jika Anda makan di tempat makan berarti Anda berhenti cukup lama. Ini akan membuat waktu tempat lebih lama.

Sebaiknya bawa bekal dari rumah. Biarkan anggota keluarga Anda makan sembari jalan.

Lalu, bagaimana dengan Anda? Karena Anda menyetir, Anda bisa istirahat sebentar sembari makan. Yang pasti, Anda dan keluarga tidak perlu mengantri di restoran untuk makan. Selain menghabiskan banyak uang, Anda juga kehilangan banyak waktu.

Asuransikan Mobil Anda

Anda mungkin merasa keberatan jika mengasuransikan mobil Anda. Akan tetapi, coba bayangkan. Berapa kerugian yang harus Anda tanggung jika terjadi kecelakaan? Bayangkan jika ternyata mobil Anda dicuri orang?

Maka dari itu, cari asuransi mobil All Risk sekarang juga. asuransikan mobil Anda sebelum mudik. Dengan membayar premi beberapa juta, Anda mendapatkan covering belasan, puluhan, dan bahkan ratusan juta.

Keputusan ada di tangan Anda. Jangan memaksakan diri untuk membeli mobil ketika Anda belum punya budget.

Sebenarnya, ada solusi jika Anda ingin memiliki mobil sendiri untuk mudik tahun ini. Misalnya Anda kredit mobil. Ini solusi yang paling sering dipilih.

Namun, kalaupun Anda sudah kredit mobil, sebaiknya langsung cari asuransi mobil All Risk. Ajukan asuransi agar mobil Anda mendapatkan proteksi.

Ada juga yang memutuskan untuk menyewa mobil saja. Mereka merasa tidak terlalu urgent untuk membeli mobil. Mereka lebih suka memilih menyewa mobil untuk keperluan mudik. Mereka bisa memilih mobil tipe apa yang ingin disewa. Ini jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan membeli mobil.

Tentu Anda punya pilihan sendiri. Yang pasti, mudik tahun ini jauh lebih menyenangkan. Sekarang ini, semakin banyak moda transportasi yang bisa Anda pilih. Anda bisa gunakan mobil pribadi, mobil rental, bus, kereta, dan bahkan pesawat.

Tiket pesawat cenderung lebih terjangkau. Sementara itu, jalan sudah diperbaiki. Ada tol yang sudah terhubung satu sama lain. Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang tidak takut untuk mudik dengan menggunakan mobil sendiri.

Bagaimana dengan Anda? Jika Anda memutuskan untuk mudik dengan mobil pribadi, jangan lupa cari asuransi mobil All Risk. Buat perjalanan mudik Anda lebih aman dan tenang dengan mengasuransikan kendaraan Anda.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *