Warna BBM Menentukan Jenisnya Lho, Jangan Keliru!

warna bbm

Pertamina menawarkan 8 jenis BBM dengan warna berbeda dan biasanya bisa Anda temukan ketika ke SPBU. Warna BBM yang berbeda-beda memiliki artian berbeda sehingga sangat penting mengenalinya terlebih dahulu agar tidak salah beli.

Saat di SPBU pasti Anda menemukan beberapa warna di stan BBM, seperti warna biru, hijau, merah, atau kuning. Mengapa warna bahan bakar berbeda-beda dan apa saja arti dari beragam warna tersebut? Berikut penjelasan lengkapnya agar tidak tertukar.

8 Warna BBM Pertamina

Apa saja jenis BBM di Pertamina? Meskipun banyak SPBU Pertamina tersebar di berbagai daerah  namun tidak sedikit orang yang belum paham jenisnya. Ada 8 jenis BBM yang dijual Pertamina dengan warna yang berbeda sebagai berikut:

  • Premium

Jenis BBM cukup beragam sehingga sering kali membuat Anda bingung memilih salah satu yang tepat dengan jenis kendaraan. Premium termasuk jenis yang paling populer sejak dulu, namun saat ini jenis bahan ini sudah tidak bisa Anda temukan.

Warna BBM jenis Premium kuning cerah dan bahan bakar premium memiliki nilai oktan minimal 88 tergolong rendah. Hal tersebut sesuai dengan peraturan Gas Bumi Np.3674/K24/DJM/2006 dan Keputusan Direktorat Jenderal Minyak.

Biasanya peruntukkan jenis bahan bakar satu ini pada kendaraan dengan kompresi di bawah 9:1 atau kompresi rendah. Apabila kendaraan dengan kompresi tinggi memaksakan menggunakan Premium tentu berisiko mengalami knocking hingga kerusakan mesin yang fatal.

  • Pertalite

Sebenarnya premium termasuk jenis BBM yang cukup populer sejak dulu, namun Anda tidak bisa lagi menggunakan BBM ini. Pasalnya, bahan bakar jenis Premium sudah tergantikan dengan BBM jenis Pertalite.

Pertalite memiliki kualitas yang sedikit lebih bagus dari Premium karena memiliki nilai oktan minimal 90. BBM jenis Pertalite ini sangat cocok untuk kendaraan dengan kompresi 9:1 sampai 10:1, seperti mobil keluaran tahun lama yang terkenal memiliki kompresi rendah.

Warna BBM Pertalite berbeda dengan jenis Premium, bahan bakar satu ini memiliki ciri berwarna hijau terang dan jernih. Kelebihan bahan bakar Pertalite, yaitu harga terjangkau, lebih irit, serta mampu menempuh jarak maksimal 51 KM.

  • Pertamax

Jenis bahan bakar yang populer lainnya ada BBM Pertamax yang memiliki kualitas di atas bahan bakar Pertalite. Bahkan jenis BBM satu ini sudah menggunakan standar internasional dengan memiliki angka oktan minimal 92.

Pertamax sangat cocok untuk kendaraan dengan nilai kompresi 10:1 hingga 11:1 yang tergolong sedikit lebih tinggi. Terutama pada kendaraan yang menggunakan teknologi setara EFI (Electronic Fuel Injection) sangat bagus menggunakan bahan bakar Pertamax.

Warna BBM Pertamax berbeda dari Premium dan Pertalite, jenis BBM ini berwarna biru dan terkenal ramah lingkungan. Pasalnya, Pertamax menghasilkan emisi karbon yang lebih sedikit dan terdapat ecosave technologi yang mampu membersihkan mesin sampai bagian dalam.

  • Pertamax Racing

Pada BBM Pertamax terdiri lebih dari satu jenis, terdapat jenis Pertamax biasa dan Pertamax Racing yang tentunya memiliki ciri berbeda. Pertamax racing biasanya diperuntukkan bagi para pembalap dunia karena sudah mendapat pengakuan federasi internasional.

Warna BBM Pertamax Racing biru tua dan jernih hampir sama dengan warna bahan bakar Pertamax biasa. Bahan bakar yang sering digunakan khusus kendaraan balap standar internasional ini memiliki angka oktan minimal 100 sehingga tergolong tinggi.

Biasanya kendaraan dengan kompresi mesin 13:1 ke atas  yang menggunakan bahan bakar Pertamax Racing. Pasalnya, Pertamax Racing bisa membuat mesin lebih responsif dan stabil, daya tahan tinggi, serta ramah lingkungan.

  • Pertamax Turbo

Apa saja jenis BBM? Selain Pertamax biasa dan Pertamax Racing, ada juga jenis Pertamax Turbo yang bisa Anda temukan di SPBU. Pertamax Turbo termasuk salah satu jenis bahan bakar yang memiliki kadar oktan tertinggi di Pertamina.

Kadar oktan minimal pada bahan bakar satu ini adalah 98 yang sedikit lebih rendah dari Pertamax Racing. Bahan bakar ini sangat cocok bagi kendaraan dengan kompresi mesin 11:1 sampai 13:1 atau kendaraan yang memiliki performa tinggi.

Pertamax Turbo juga memiliki ciri warna BBM merah berbeda dari jenis Pertamax lain dengan kemampuan pembakaran secara sempurna. Tidak hanya itu saja, jenis Turbo juga menghasilkan emisi lebih rendah serta membuat akselerasi mobil lebuh cepat.

  • Pertamina Dex

Pertamina Dex termasuk jenis bahan bakar yang peruntukkannya bagi mesin diesel dengan nilai CN 53. Kadar tersebut tergolong lebih tinggi dari jenis bahan bakar untuk mesin sejenis lainnya, terlebih Pertamina Dex sudah memenuhi standar Euro 4.

Selain itu, Pertamina Dex juga memiliki kandungan sulfur kurang dari 300 ppm sehingga termasuk bahan bakar penghasil emisi paling rendah. Jenis bahan bakar satu ini memiliki ciri berwarna hijau tua sehingga hampir sama seperti Premium, namun tetap berbeda.

Dex tidak bisa Anda gunakan pada semua jenis mobil karena bahan bakar ini khusus mobil dengan teknologi common rail system.  Keunggulan dari Pertamina Dex ini bisa membuat mobil lebih hemat BBM, mesin lebih responsif dan tarikan ringan, serta minim polusi.

  • Dexlite

Warna BBM berperan penting sesuai jenis dari bahan bakar tersebut sehingga Anda tidak perlu bingung untuk mengenalinya. Selanjutnya juga ada jenis BBM Dexlite yang peruntukkannya sama seperti Pertamina Dex, namun memiliki rancangan khusus.

Nilai CN pada Dexlite minimal 51 dengan kandungan sulfur tidak lebih dari 1200 ppm serta mampu membuat performa mobil lebih optimal. Dexlite berwarna hijau cenderung transparan dan terkenal sebagai bahan bakar yang ramah lingkungan serta penggunaannya lebih efisien.

  • Solar

BBM jenis solar merupakan bahan bakar asli yang berasal dari proses penyulingan minyak bumi dan biasanya cocok untuk mobil mesin diesel. Warna Solar memiliki karakteristik sendiri, yaitu berwarna kecokelatan.

Selain mengenal warna dan jenis BBM, Anda juga perlu memberikan proteksi lengkap menggunakan asuransi mobil berkualitas. Memiliki BBM yang tepat dan memberi asuransi dapat membantu Anda dalam merawat serta melindungi mobil secara menyeluruh untuk pemakaian jangka panjang.

Untuk mencari informasi lengkap terkait perusahaan asuransi terbaik, Anda bisa langsung mengunjungi website cekpremi.com. Jadi, itulah 8 warna BBM dengan jenis berbeda yang tersedia di SPBU Pertamina sehingga Anda tidak perlu bingung lagi ketika membeli bahan bakar.

 

Ref:

Dokter Mobil

Mobbi

Oto Klix