5 Cara Merawat Vespa Matic yang Perlu Anda Ketahui

Mar - 24
2021
cara merawat vespa matic

5 Cara Merawat Vespa Matic yang Perlu Anda Ketahui

Memiliki kendaraan bermotor jenis apapun, berarti harus bersiap dengan perawatan berkala jika ingin berkendara dengan nyaman dan aman. Mulai dari mobil, motor bebek, motor matic, hingga motor Vespa Matic harus dirawat secara rutin agar dapat tetap nyaman digunakan dan tahan lama.

Cara merawat Vespa Matic tentu berbeda dengan cara merawat sepeda motor pada umumnya. Komponen apa saja yang harus dirawat dan dicek secara berkala, agar Vespa Matic tetap awet, yuk perhatikan cara mewarat Vespa Matic berikut ini:

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

1. Gunakan Bahan Bakar yang Tepat

Vespa Matic didesain untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan tinggi, paling tidak di atas RON 90. Di Indonesia, Anda bisa menggunakan Pertamax yang memiliki RON 92, Pertamax Turbo RON 98, atau Shell Power RON 95.

Kelebihan dari menggunakan bahan bakar oktan tinggi adalah dimana proses pembakarannya akan maksimal, jadi tidak akan meninggalkan kotoran di selang bensin. Hal tersebut tentu saja membuat performa mesin terjaga dan tentunya tarikannya tetap enak.

2. Cabut Aki Vespa Jika Tidak dipakai Dalam Waktu yang Lama

Cabutlah Aki Vespa Anda jika Vespa tidak akan digunakan dalam waktu 1 bulan atau lebih. Dengan mencabut Aki pada Vespa, aliran listrik dari aki akan terputus, sehingga dapat menghemat Aki tersebut.

ganti oli rutin

3. Ganti Oli Secara Rutin

Gantilah Oli secara rutin. Oli dapat berfungsi untuk meminimalisir tingkat keausan komponen pada mesin sehingga akan memengaruhi kenyamanan berkendara.

Penggantian Oli dapat dilakukan 3-4 bulan sekali. Oli digunakan setiap mesin kendaraan hidup, sehingga pelumas tetap melakukan sirkulasi meskipun motor tidak dinyalakan.

4. Panaskan Vespa Setiap Hari

Lakukan pemanasan pada Vespa minimal 5 menit setiap harinya, agar mesin selalu terlumasi dengan baik, sehingga performa dari mesin tetap akan maksimal kapanpun dibutuhkan. Dan dengan pemanasan ini akan membuat oli bersirkulasi sehingga bagian dalam mesin terhindar dari karat.

5. Perawatan Ban

ban vespa matic

Lakukan perawatan pada Ban agar dapat memberikan performa serta kestabilan yang baik ketika Vespa digunakan.

Selalu cek tekanan angin pada ban menggunakan alat ukur tekanan ban, guna memastikan keawetan ban. Dan gunakan standar tengah saat motor terparkir di rumah agar menghindari tekanan berlebihan pada ban dalam jangka waktu lama.

Selain merawat vespa matic Anda, jangan lupakan juga asuransi motor ya agar kendaraan Anda semakin terlindungi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *