4 Ciri-Ciri Kompresor AC Mobil Rusak & Cara Mengatasinya

Oct - 06
2021
ciri-ciri kompresor ac mobil rusak

4 Ciri-Ciri Kompresor AC Mobil Rusak & Cara Mengatasinya

Last Updated on October 8, 2021 by Rhandy Verizarie

Kompresor AC mobil yang rusak tentu akan membuat sistem pendingin kabin jadi tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi penumpang. Nah, apa saja ciri-ciri kompresor AC mobil yang rusak? Bagaimana cara mengatasinya? Simak informasi selengkapnya berikut ini!

Apa Itu Kompresor AC Mobil?

Kompresor AC mobil adalah salah satu komponen dalam sistem pendingin yang perannya sangat penting dalam menghasilkan udara sejuk di dalam kabin.

Sayangnya, kompresor AC juga tidak lepas dari risiko kerusakan. Jika sudah begini, maka mau tidak mau Anda harus segera melakukan perbaikan.

Ada sejumlah penyebab kompresor AC mobil mengalami kerusakan, yaitu:

  • Kipas AC tidak berfungsi
  • Freon AC terlalu sedikit atau terlalu banyak
  • Sirkulasi udara tidak lancar
  • Kekurangan oli pelumas

Memperbaiki kompresor AC mobil yang rusak pun tergantung dari jenis dan tingkat keparahannya. Pada beberapa kasus, pemilik mobil bahkan sampai harus mengganti kompresor dengan unit yang baru.

Ciri-Ciri Kompresor AC Mobil Rusak

Biaya untuk mengganti kompresor AC mobil bisa dibilang cukup menguras kantong. Oleh sebab itu, Anda perlu tahu apa saja ciri-ciri kompresor AC mobil rusak agar bisa segera diperbaiki sebelum bertambah parah dan ujung-ujungnya harus ganti baru.

Berikut ini tanda-tanda kompresor AC mengalami kerusakan:

1. Suara AC Kasar

Ciri-ciri yang pertama adalah, suara AC mobil Anda terdengar kasar dan berisik. Ini utamanya ketika level AC dinaikkan.

Jika ini yang terjadi, maka Anda patut curiga dan sebaiknya segera lakukan pemeriksaan terhadap kompresor maupun komponen AC lainnya.

2. AC Tidak Dingin

Kompresor AC rusak juga ditandai dengan AC mobil tidak dingin. Alih-alih dingin, AC justru mengeluarkan udara yang panas.

Hal ini biasanya terjadi ketika mobil sudah mencapai putaran mesin yang tinggi. Sementara jika putaran mesin masih rendah, udara yang dikeluarkan masih terasa seperti biasanya.

3. Freon AC Bocor

Ciri-ciri kompresor AC mobil rusak selanjutnya adalah freon AC bocor. Freon yang bocor tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja karena tidak hanya membuat AC jadi tidak dingin, hal ini juga lama-kelamaan dapat merusak sistem pendingin mobil kesayangan Anda.

4. Kopling Magnet Bermasalah

Kopling magnet bermasalah menjadi ciri kompresor AC mobil rusak lainnya yang harus Anda ketahui. Biasanya, hal ini akan Anda temui ketika mobil dalam kondisi berjalan pelan seperti di kemacetan.

Cara Mengatasi Kompresor AC Mobil Rusak

Kompresor yang rusak dapat diperbaiki atau bisa juga diganti, tergantung dari tingkat keparahannya. Berikut ini beberapa cara mengatasi kompresor AC mobil yang rusak:

1. Bersihkan Karat

Pada kasus kompresor AC yang rusak karena karat—biasanya dipicu oleh shaft compressor dan bearing tidak berputar—cara mengatasinya adalah cukup dengan membersihkan karat tersebut.

Bongkar kompresor AC, kemudian bersihkan karat dengan cairan antikarat. Setelah itu, gosok dan amplas hingga halus. Mudah, bukan? Namun, jika ragu, Anda bisa menyerahkannya ke teknisi profesional.

2. Beri Pelumas

Setelah karat berhasil dibersihkan, beri oli pelumas pada kompresor. Seperti yang telah disebutkan di awal, salah satu penyebab kompresor AC rusak adalah kurangnya oli pelumas.

3. Kencangkan Thrust Bearing

Apabila rusaknya kompresor AC disebabkan oleh thrust bearing yang kendor, maka cara mengatasinya adalah dengan mengencangkan thrust bearing-nya.

4. Mengganti Kompresor AC

Jika kerusakan kompresor AC sudah tidak ‘tertolong’, maka tidak ada cara lain yang bisa dilakukan selain mengganti dengan unit yang baru.

 

Lindungi Mobil Kesayangan Anda dengan Asuransi Terpercaya!

Bandingkan dan temukan berbagai asuransi mobil all risk dan TLO terpercaya di Cekpremi.com dan dapatkan perlindungan maksimal untuk kendaraan kesayangan Anda, sambil menikmati diskon premi hingga 25% serta extra cashback hingga 10%!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi