Asuransi Takaful: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Harga Premi

Oct - 07
2021
asuransi takaful

Asuransi Takaful: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Harga Premi

Last Updated on October 15, 2021 by Andini

Asuransi Takaful adalah jenis asuransi berbasis Syari’ah di mana anggota menyumbangkan dana ke dalam sistem pool untuk menjamin sekaligus melindungi satu sama lain dari kehilangan atau kerusakan. Adapun polis asuransi ini mencakup kebutuhan asuransi umum dan asuransi jiwa.

Perusahaan asuransi ini dikenalkan sebagai alternatif perusahaan asuransi konvensional, yang beberapa pihak yakini bertentangan dengan prinsip riba (bunga), al-maisir (perjudian), dan al-gharar (ketidakpastian) — semuanya dilarang dalam syari’ah.

Untuk lengkapnya, yuk, simak pembahasan CekPremi berikut ini.

Mengenal Asuransi Takaful

apa itu asuransi takaful

Takaful berasal dari Bahasa Arab yang artinya bertanggung jawab untuk saling tolong menolong atau perlindungan bersama. Pijakan utama adanya takaful yakni sikap dan budaya memikul tanggung jawab bersama untuk saling tolong menolong menuju kebaikan yang dituntut dalam Islam sebagai ibadah.

Pada awalnya, keberadaan perusahaan asuransi Takaful di Indonesia di atur dalam hukum asuransi atau UU Asuransi No. 2 Tahun 1992.

Agar kegiatan perusahaan ini tidak bertentangan dengan undang-undang tersebut, maka ada dua jenis produk yang ditawarkan asuransi ini yaitu asuransi Takaful Umum (Asuransi Umum) dan Takaful Keluarga (Asuransi Jiwa).

Pada dasarnya asuransi syari’ah ini tidak begitu berbeda dengan asuransi konvensional, bahkan dalam kegiatannya asuransi jenis ini mempunyai nilai lebih, di antaranya:

  • Premi yang terkumpul akan diinvestasikan ke dalam usaha-usaha yang tidak bertentangan dengan syari’ah Islam.
  • Adanya kejelasan ikrar porsi bagi hasil yang dapat diterima oleh peserta asuransi dari perusahaan asuransi.
  • Perikatan bersama didasarkan atas azas dari peserta untuk peserta dan oleh peserta. Dengan demikian, posisi perusahaan asuransi bukan sebagai pemilik dana, melainkan pengelola dana.

Produk dan Polis Asuransi Takaful

Saat ini, terdapat dua jenis perusahaan asuransi Takaful yakni yang melayani jasa asuransi umum dan jasa asuransi jiwa. Keduanya berada di bawah naungan PT Syarikat Takaful lndonesia (Takaful lndonesia) dan berdiri sejak 1994. Untuk detil mengenai jenis dan produk asuransi dari perseroan tersebut, berikut pembahasannya.

Asuransi Takaful Umum

Asuransi Takaful Umum adalah asuransi umum syariah pertama yang dibentuk berdasarkan inisiatif Tim Pembentukan Asuransi Takaful Indonesia. Tujuannya untuk mewujudkan kemajuan pembangunan ekonomi syariah di Indonesia.  Produk Asuransi Takaful Umum, yaitu:

Asuransi Rekayasa

Memberikan jaminan atas potensi kerugian yang terjadi dalam proyek. Polis asuransi produk ini di antaranya Takaful Contractor All Risk, Takaful Machinery Breakdown, dan Takaful Electronic Equipment.

Asuransi Kendaraan Bermotor

Memberikan jaminan kepada mobil dan motor milik Anda. Terdapat dua polis pada produk asuransi mobil sya’riah ini yakni asuransi mobil comprehensive dan asuransi mobil All-Risk.

Asuransi Aneka

Memberikan jaminan untuk aset seperti rumah dan harta benda lainnya. Terdapat empat polis pada produk ini yaitu Takaful Public Liability, Takaful Kebongkaran, Takaful Automobile Third Party Liability, dan Takaful Uang.

Asuransi Pengangkutan

Polis Asuransi Pengangkutan yakni Takaful Marine Cargo, merupakan produk takaful yang memberikan proteksi atas kehilangan atau kerusakan barang-barang selama pengangkutan melalui transportasi di atas air/darat/udara.

Asuransi Harta Benda

Memberikan proteksi terhadap aset dan properti pribadi. Adapun tiga polis dalam asuransi harta benda, yakni PSAKI, Gempa Bumi dan Property And Industrial All Risk.

Asuransi Kecelakaan Diri

Memberikan jaminan kepada nasabah dari risiko kecelakaan diri, termasuk cacat total tetap, meninggal dunia, dan santunan untuk biaya perawatan akibat kecelakaan. Dalam asuransi ini, tersedia polis Takaful Kecelakaan Diri dan Takaful Umroh dan Haji Khusus.

Asuransi Takaful Keluarga

Selanjutnya adalah Asuransi Takaful Keluarga. Merupakan asuransi jiwa syariah pertama di Indonesia yang memiliki tiga portfolio produk yaitu.

Takaful Personal

Dikhususkan untuk nasabah individu, Takaful Personal memberikan proteksi dan investasi yang tidak hanya memberikan ketenangan, namun juga menciptakan hubungan sialturrahim dan saling berbagi. Secara total terdapat 8 produk asuransi ini yakni:

  • Takaful Dana Pendidikan
  • Takafulink Salam
  • Takafulink Salam Cendekia
  • Takafulink Salam Ziarah Baitullah
  • Takafulink Salam Wakaf
  • Takafulink Salam Community
  • Takafulink Al Khairat Individu
  • Takaful Kecelakaan Diri Individu

Takaful Korporat

Dikhususkan untuk perusahaan, lembaga pemerintahan, organisasi non-pemerintah, dan komunitas, Takaful Korporat memiliki tiga produk yaitu:

  • Takaful Al Khairat Kumpulan
  • Fulmedicare Gold
  • Takaful Ziarah

Takaful Bancassurance

Asuransi jiwa syariah ini memberikan proteksi bagi nasabah dari perusahaan perbankan dan pembiayaan. Adapun perlindungan ini terdapat dalam produk Takaful Pembiayaan yakni proteksi finansial atas berbagai risiko hidup nasabah perbankan dan pembiayaan sampai dengan usia 80 tahun.

Untuk detil portfolio produk yang disebutkan di atas, Anda dapat mengunjungi situs resmi Takaful Keluarga: Takaful.co.id dan Takaful Umum: TakafulUmum.co.id

Manfaat Asuransi Takafulmanfaat asuransi takaful

Setelah mengetahui apa itu asuransi takaful, jenis, dan produknya, berikut ini adalah manfaat memiliki asuransi berbasis Islam ini.

Manfaat Produk Asuransi Takaful Umum

  • Perlindungan untuk Risiko yang Terjadi untuk Kendaaraan Bermotor

Perlindungan untuk mobil dan motor apabila mengalami tabrakan, benturan, terbalik tergelincir atau terperosok, perbuatan jahat orang lain, pencurian termasuk pencurian yang didahului atau disertai dengan kekerasan atau ancaman, kebakaran akibat sambaran petir, kerusakan selama kendaraan dalam penyeberangan menggunakan feri yang dikelola oleh Dirjen Perhubungan Darat, dan biaya derek.

  • Perlindungan untuk Kecelakaan Diri dan Kematian

Menjamin risiko kematian, cacat Tetap, cacat sementara, biaya perawatan, dan pengobatan yang secara langsung disebabkan karena kecelakaan.

Kecelakaan ini yaitu suatu peristiwa yang mengandung unsur kekerasan baik yang bersifat fisik maupun kimia, yang datang secara tiba-tiba, tidak direncanakan, dari luar, terlihat, langsung terhadap nasabah yang seketika itu mengakibatkan luka badani.

  • Perlindungan kepada Harta Benda

Menjamin risiko yang disebabkan karena bencana alam, kebakaran petir, ledakan, dan kerugian lain yang menyebabkan jalannya bisnis terganggu.

  • Proteksi untuk Pekerja Proyek

Memberikan proteksi untuk pekerja proyek yang disebabkan oleh kebakaran, petir, water damage, bencana alam, pencurian, ledakan, dan lainnya.

  • Perlindungan kepada Nasabah yang Mengalami Pencurian

Manfaat perlindungan terhadap risiko yang hanya melindungi kerugian akibat dari pencurian. Pencuri ini memasuki bangunan yang ditempati oleh nasabah, dengan jalan kekerasan atau pembongkaran dan juga kerusakan-kerusakan kepada barang-barang nasabah sebagai akibat dari perbuatan tersebut.

  • Proteksi terhadap Barang Pengangkutan

Manfaat asuransi ini secara garis besar mencakup kehilangan atau kerusakan akibat kebakaran atau ledakan, kapal terdampar, kandas, tenggelam atau terbalik, dan alat angkutan darat terbalik atau keluar rel.

  • Proses Klaim yang Cepat dan Mudah

Apabila semua syarat terpenuhi, maka klaim dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

  • Layanan Klaim 24 Jam

Akses layanan klaim tersedia selama 24 jam.

  • Berbasis Syariah

Manfaat asuransi ini adalah tidak adanya riba yang sesuai dengan penjelasan asuransi dalam Islam.

Manfaat Asuransi Takaful Keluarga

  • Biaya Rawat Inap

Menjamin biaya rawat inap pasien atau nasabah yang mengalami musibah kecelakaan tersebut.

  • Santunan Kematian

Memberikan santunan kematian sekaligus jika kematian itu disebabkan karena sakit parah.

  • Santunan Tetap

Beberapa penyedia asuransi syari’ah ini akan memberikan santunan tetap bagi para nasabahnya. Akan tetapi, sebelum Anda memutuskan mendaftar menjadi nasabah, Anda harus memastikan hal ini terlebih dahulu kepada agen asuransi.

  • Double Klaim

Contoh dari double klaim, misalnya jika Anda sudah terdaftar di asuransi pemerintah seperti BPJS, Anda masih mengklaim asuransi takaful untuk membantu menanggung biaya kesehatan.

  • Memilih Rumah Sakit untuk Rawat Inap Sendiri

Anda dapat memilih rumah sakit untuk inap sesuai dengan keinginan Anda. Berbeda dengan jenis asuransi lain pada umumnya yang telah menetapkan rumah sakit rujukan, asuransi jenis ini membebaskan nasabah untuk memilih rumah sakit sesuai dengan pilihannya.

  • Adanya Bagi Hasil.

Jika tidak ada klaim, maka premi yang dibayar akan dibagi berdasarkan sistem bagi hasil.

Harga Premi Asuransi Takaful Umum

harga premi asuransi takaful

Premi di dalam asuransi syariah seperti Takaful disebut dengan kontribusi. Harga kontribusi untuk setiap polis umumnya berbeda-beda, biasanya dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu.

Untuk detil harga premi tiap-tiap produk Asuransi Takaful Umum, Anda dapat mengunjungi situs resmi Takaful Umum: Takafulumum.co.id atau menghubungi (021) 285 43111

Harga Premi Asuransi Takaful Keluarga

Untuk jenis ini harga premi Asuransi Takaful Keluarga bervariasi sesuai dengan polis yang akan Anda beli. Tapi umumnya harga premi asuransi dipengaruhi oleh:

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan)

Untuk detil harga premi tiap-tiap produk Asuransi Takaful Keluarga, Anda dapat mengunjungi situs resmi Takaful Keluarga: Takaful.co.id atau hubungi Takaful Keluarga melalui Call Center: 021-79190005, WhatsApp: 081574774444, Email: cs_atk@takaful.com, SMS: 08118206531, dan Informasi Khusus Produk: 085774420942

Demikian pembahasan mengenai asuransi takaful lengkap dengan jenis, produk, manfaat, dan harga premi atau kontribusinya.

Nah, apabila Anda mempertimbangkan untuk membeli asuransi sebagai bentuk proteksi diri, keluarga, dan aset yang Anda miliki, kunjungi halaman depan CekPremi untuk membandingkan berbagai produk asuransi mobil, asuransi jiwa, dan asuransi kesehatan.

 

Referensi:
Sobirin, A & Muhtar, M. (1994). Asuransi Takaful: Prospek dan Tantangannya. Economic Journal of Emerging Markets. Diakses pada 5 Oktober 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *