Crypto: Definisi, Keuntungan, Risiko, Tips dan Cara Bertransaksi

crypto

Crypto memang belakangan ini tengah naik daun dalam dunia investasi, keuntungan yang besar dan kemudahan untuk membeli adalah alasan utama mengapa crypto menjadi populer. Nah bagi Anda yang masih penasaran apa itu crypto, mari simak pembahasan lengkapnya di artikel ini!

asuransi mobil

Apa Itu Crypto?

Crypto atau sering disebut juga dengan cryptocurrency adalah sebuah mata uang digital yang digunakan untuk bertransaksi secara online.

Crypto sendiri dijamin dengan adanya cryptography yang membuat mata uang ini tidak bisa dipalsukan. Semenjak adanya pandemi, nilai terus bertambah, beberapa aset populer yang naik saat masa pandemi adalah Bitcoin, Ethereum, Dogecoin, dan masih banyak lagi.

Ditambah lagi dengan adanya tweet dari Elon Musk, CEO Tesla yang membuat harga dogecoin semakin melonjak. Bayangkan saja hanya dalam waktu 2 minggu kenaikan dogecoin bisa mencapai 400%!

Tertarik? Sebelum Anda terjun ke dunia investasi, ada baiknya Anda simak terlebih dahulu pembahasan lebih lengkapnya mengenai crypto di artikel ini

Beberapa Jenis Aset Crypto yang Populer

Crypto sendiri terbagi menjadi banyak jenis, namun saat ini ada 5 mata uang yang populer yaitu:

1. Bitcoin

Pertama ada bitcoin, pastinya Anda sudah tahu mengenai mata uang satu ini. Muncul pertama kali pada tahun 2009, pembuatnya bernama Satoshi Nakamoto.

10 tahun beredar, bitcoin pada tahun 2019 sudah mencapai 18 juta transaksi yang berjalan dengan total market value sebesar US$ 146 miliar. Saat ini pasar crypto sebesar 68% dikuasai oleh bitcoin.

2. Dogecoin

Pertama kali muncul tahun 2013, mata uang crypto adalah mata uang yang memiliki desain unik karena menggunakan gambar anjing jenis Shiba Inu di mata uangnya.

Memiliki harga yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan bitcoin, karena aset ini masih terbilang baru.

3. Ethereum

Merupakan jenis mata uang yang populer kedua setelah bitcoin. Ethereum sendiri dikembangkan oleh seorang anak berumur 19 tahun yang didukung oleh berbagai investor.

Membuat mata uang ini memiliki sistem yang jelas dan terpercaya, namun volatilitas dari mata uang ini terbilang cukup tinggi.

4. Litecoin

Pertama kali muncul pada tahun 2011, mata uang ini menarik perhatian banyak orang karena sistem peer to peer (P2P) yang menghasilkan blockchain baru dengan kecepatan lebih cepat.

Hal ini memungkinkan pengguna bisa mendapatkan litecoin dengan proses yang sangat cepat.

5. Bitcoin Cash

Merupakan hasil dari sekelompok pengguna yang tidak setuju dengan aturan yang ada di bitcoin. Maka dari itu bitcoin cash muncul, beberapa improvisasi dilakukan agar memiliki kualitas yang lebih baik dibanding bitcoin.

Keuntungan Crypto

1. Sistem transaksi cepat

Menggunakan sistem online, crypto memiliki sistem transaksi yang terbilang cukup cepat, hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk menyelesaikan transaksi.

2. Universal

Tidak perlu syarat yang sulit seperti produk perbankan, siapapun bisa membuat akun dan membeli mata uang crypto. Anda bisa membeli yang dijual oleh negara lain dengan mudah, tidak seperti produk perbankan yang memerlukan syarat banyak.

3. Transparansi Tinggi

Setiap pemilik bisa mengakses riwayat pembelian mereka, artinya Anda bisa tahu dengan jelas kemana saja uang yang Anda gunakan untuk membeli crypto.

4. Investasi Diatur Oleh diri Sendiri

Semua transaksi yang Anda lakukan sepenuhnya adalah tanggung jawab Anda sendiri. Artinya Anda memiliki kekuasaan penuh atas setiap transaksi crypto yang Anda lakukan.

5. Dapat memberikan return yang tinggi

Jika Anda tahu bagaimana cara berinvestasi crypto dengan benar, bukan tidak mungkin Anda bisa peroleh keuntungan yang sangat tinggi. Seperti contoh yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda bisa memperoleh keuntungan hingga 400% hanya dalam waktu 2 minggu!

Kekurangan Crypto

1. Ilegal

Masih banyak negara yang menganggap cryptocurrency adalah sebuah hal yang ilegal, namun di Indonesia sendiri Crypto sudah legal dan sudah diawasi dengan ketat agar tidak merugikan khalayak umum.

2. Risiko Kerugian Sangat Tinggi

Mengingat volatilitas (pergerakan harga) sangat dinamis, maka risiko kerugian jika Anda salah penilaian sangatlah tinggi. Maka dari itu kami sarankan sebelum investasi crypto sebaiknya Anda pelajari terlebih dahulu ilmunya.

3. Rawan Kejahatan

Jika Anda membeli mata uang crypto di tempat yang tidak terpercaya, maka besar kemungkinan Anda akan mengalami penipuan dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

4. Minim Regulasi

Mengingat crypto merupakan mata uang yang terbilang baru di Indonesia, maka regulasi yang ada memang belum terlalu ketat. Maka dari itu Anda harus berhati-hati saat membeli crypto.

Tips Aman Berinvestasi Crypto

Kami memberikan beberapa tips yang mudah untuk dilakukan agar transaksi yang Anda lakukan aman. Berikut adalah tipsnya:

1. Pahami Risiko

Hal tersebut merupakan aset yang memiliki risiko tinggi, pastikan bahwa Anda siap dengan risiko tersebut agar terhindar dari yang namanya stres akibat kerugian saat berinvestasi crypto.

Jika Anda tipe yang suka bermain aman, maka sebaiknya Anda berinvestasi di emas, atau deposito.

2. Kenali Jenis dan Karakteristik dari Setiap Crypto

Crypto memiliki banyak jenis seperti bitcoin, ethereum dan masih banyak lagi. Nah dari tiap jenis tersebut masing-masing memiliki karakteristik uniknya tersendiri.

Jika Anda sudah mengetahui pola dari setiap jenis crypto otomatis Anda bisa tahu kapan harus membeli dan kapan harus menjual.

3. Pastikan Anda Membeli Crypto di Perusahaan Legal

Di Indonesia sendiri terdapat 13 perusahaan penjual crypto yang sudah legal dan diawasi. Pastikan Anda membeli crypto di antara 13 perusahaan tersebut agar terhindari dari tindak penipuan.

4. Gunakan “Uang Dingin”

Saat berinvestasi crypto, pastikan Anda menggunakan uang dingin yang artinya uang yang tidak digunakan sama sekali untuk kebutuhan primer hidup Anda.

Untuk mendapatkan uang dingin Anda harus terlebih dahulu pahami tentang manajemen keuangan yang baik terlebih dahulu.

Cara Membuat Akun Crypto

Jika Anda sudah tahu segala hal seputar crypto dan penasaran bagaimana cara membuat akun crypto, mari ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Hubungi atau download aplikasi perusahaan crypto

Biasanya setiap perusahaan crypto sudah memiliki aplikasinya tersendiri. Anda hanya perlu memasukkan nama, email dan nomor rekening Anda saja.

2. Perusahaan mengecek histori transaksi seputar keuangan Anda

Tahap ini dinamakan dengan CDD (Customer Due Diligence) langkah penting untuk tahap penerimaan pembuatan akun crypto Anda.

Jika Anda pernah mengalami masalah dalam transaksi keuangan seperti gagal bayar, maka besar kemungkinan permohonan pembuatan akun Anda akan ditolak.

3. Mendapatkan akun crypto

Setelah semua proses diatas dilalui, Anda akan mendapatkan akun crypto dan Anda sudah siap untuk memulai transaksi di pasar crypto.

13 Perusahaan Crypto yang sudah Terdaftar di Bappebti (LEGAL)

  • PT Indodax Nasional Indonesia (Indodax)
  • PT Crypto Indonesia Berkat (Tokocrypto)
  • PT Zipmex Exchange Indonesia (Zipmex)
  • PT Indonesia Digital Exchange (Idex)
  • PT Pintu Kemana Saja (Pintu)
  • PT Luno Indonesia LTD (Luno)
  • PT Cipta Koin Digital (Koinku)
  • PT Tiga Inti Utama (Triv)
  • PT Upbit Exchange Indonesia (Upbit)
  • PT Bursa Cripto Prima (Bechipin)
  • PT Rekeningku Dotcom Indonesia (Rekeningku.com)
  • PT Triniti Investama Berkat (Bitocto)
  • PT Plutonext Digital Aset

Dapatkan berbagai pilihan produk asuransi di Cekpremi!

asuransi mobil

Sebelum berinvestasi crypto, sebaiknya Anda menggunakan uang Anda untuk asuransi! Amankan terlebih dahulu keluarga dan aset kesayangan Anda ya! Kami memberikan banyak penawaran menguntungkan bagi customer baru kami segera kunjungi website Cekpremi yuk!