Siapkan dan Manfaatkan Dana Pensiun dengan Cara Ini!

Dana pensiun

Apakah Anda sedang mempersiapkan hari tua sejak dini? Nah salah satu cara terbaiknya adalah dengan menggunakan dana pensiun. Program pensiun tersebut berupa penghasilan yang diterima setiap bulan sebagai tunjangan hari tua. Jaminan ini juga merupakan penghargaan atas jasa-jasa Pegawai Negeri selama bekerja.

Penyelenggaraan pensiun ini tentunya tidak sembarang dan bahkan sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 tahun 1969 tentang Pensiun Pegawai. Menurut aturan tersebut, anggaran pensiun berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN.

Apa itu Dana Pensiun PNS Taspen?

Taspen adalah kependekan dari Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri yang dikelola oleh PT Taspen. Tujuan program pensiun Taspen yaitu untuk menyelenggarakan asuransi sosial termasuk dana pensiun bagi Pegawai Negeri Sipil atau PNS. Sehingga dananya hanya bisa dicairkan saat anggotanya memasuki masa pensiun atau meninggal dunia.

Khusus PNS, Anda akan mendapatkan program jaminan kesejahteraan yang dikelola oleh PT Taspen ini. Program tersebut berupa Tabungan Hari Tua (THT) dengan iuran sebesar 3,25%, dipotong dari penghasilan tiap bulan.

Nantinya PT Taspen akan memberikan penghasilan kepada penerima setiap bulan sebagai jaminan serta penghargaan atas jasa mereka setelah bekerja dalam dinas pemerintah selama bertahun-tahun.

Nah setelah mengetahui apa itu dana pensiun Taspen, apakah Anda tertarik untuk mendaftarkan diri menjadi anggotanya? Sebagai PNS tentunya program ini sangat menguntungkan Anda demi menjamin kehidupan di hari tua yang lebih baik.

Tips Mempersiapkan Dana Pensiun Taspen untuk PNS

Meski begitu, apakah Anda sudah punya persiapan untuk masa pensiun nanti? Selain menjadi anggota pensiun Taspen, Anda pun seharusnya harus mulai mempersiapkan hari tua dari sekarang pasalnya banyak orang yang menyesal karena terlambat mempersiapkannya.

Pastinya Anda tidak mau ‘kan mengalami kegagalan di masa depan? Oleh karena itu, yuk cari tahu apa saja tips mempersiapkan dana pensiun dari Taspen berikut ini.

1. Tentukan Target Umur Pensiun

Sebelum pensiun, ada hal penting yang perlu jadi pertimbangan yaitu target usia pensiun. Di Indonesia sendiri idealnya PNS akan pensiun pada usia 57-60 tahun. Tujuan dari menentukan target pensiun ini akan memberikan kemudahan agar Anda bisa mulai mempersiapkan tabungan hari tua sedini mungkin.

2. Prediksi Kebutuhan di Masa Pensiun Nanti

Setelah menentukan target umur pensiun, jangan lupa juga untuk memprediksikan apa saja kebutuhan Anda di masa mendatang. Pastikan kebutuhan tersebut sesuai dengan biaya bulanan yang Anda terima dari Taspen. Misalnya biaya cek kesehatan, servis mobil, biaya listrik, dana darurat, dan lain sebagainya. Lalu hitunglah berapa anggarannya untuk masa depan sebagai perkiraan pengeluaran.

3. Jaga Kesehatan Finansial

Demi mewujudkan masa pensiun yang sejahtera, sebaiknya Anda menjaga kesehatan finansial sejak sekarang. Mulailah dengan lebih bijak menentukan alokasi gaji untuk kebutuhan sehari-hari lalu imbangi dengan konsisten menabung dana darurat serta dana pensiun. Hindarilah berhutang apalagi jika digunakan untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif.

4. Mulai dari Hal Kecil

Jangan minder meski kamu hanya mendapatkan gaji UMR. Anda tetap bisa mempersiapkan dana pensiun dengan nominal berapapun sesuai kemampuan. Sebagai contoh, sisihkanlah sekitar 10% dari gaji tiap bulan. Namun biasanya PT Taspen akan langsung mengurangi gaji Anda sebagai iuran program pensiun.

Nah, jika Anda mengikuti sejumlah tips mempersiapkan hari pensiun di atas, nantinya saat tiba waktu untuk pensiun maka Anda pun sudah siap dari segi keuangan. Tentunya Anda bisa hidup dengan prinsip financial freedom yang tidak harus mengkhawatirkan masalah uang lagi.

Cara Memanfaatkan Dana Pensiun Taspen

Dana pensiun yang Anda dapatkan dari Taspen tentunya memang memiliki nominal yang sangat menggiurkan. Namun jangan sampai membuat Anda terlena dengan uang tersebut. Jangan sampai dana itu habis secara percuma untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

Jadi sebaiknya memanfaatkan uang pensiunan Anda dengan cara berikut ini.

1. Lunasi Hutang

Akan lebih baik jika uang pensiun dimanfaatkan untuk melunasi hutang-hutang yang Anda miliki terlebih dulu. Tentunya Anda ingin hidup dengan nyaman di hari tua ‘kan? Jadi jangan sampai masa pensiun Anda dikejar hutang dan segera lunasi menggunakan uang tersebut. Namun disarankan menghindari hutang sebelum masa pensiun tiba.

2. Sisihkan untuk Berinvestasi

Investasi adalah langkah terbaik untuk menghadapi masa pensiun agar bisa menjaga kondisi keuangan tetap sehat. Biasanya berinvestasi menjelang masa pensiun dibagi dua yaitu Dana Pensiun Lembaga Keuangan atau DPLK dan investasi mandiri. Anda bisa memilih diantara keduanya sesuai perhitungan dan kebutuhan pribadi.

3. Gunakan untuk Berbisnis

Selain investasi, cobalah buka bisnis dengan uang pensiun yang Anda dapatkan dari Taspen. Bahkan cara ini terbilang bijak guna memanfaatkan uang pensiun. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum masa pensiun tiba Anda sudah membuat perencanaan untuk membuka bisnis. Mulailah dengan menentukan produk, modal, dan keperluan bisnis lainnya.

4. Gunakan Sebagai Kebutuhan Darurat

Dana pensiun yang And miliki harus dimanfaatkan sebaik mungkin supaya bisa menjamin kehidupan Anda di hari tua. Daripada dimanfaatkan untuk hal-hal konsumtif, sebaiknya simpan uang tersebut untuk kebutuhan darurat seperti sakit atau bangkrut. Anda bisa menyimpannya di bank agar lebih aman.

5. Manfaatkan untuk Asuransi

Tabungan saja tidak cukup untuk menjamin masa depan Anda. Diperlukan asuransi yang akan membuat Anda lebih tenang menjalani hari tua. Manfaatkanlah uang pensiun tersebut untuk asuransi kesehatan hingga properti. Tujuannya adalah agar Anda mendapatkan keamanan finansial dari kesehatan dan properti yang dimiliki.

Nah, dari tips memanfaatkan uang pensiun di atas, dapat disimpulkan kalau asuransi properti menjadi salah satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan. Tujuannya adalah untuk melindungi serta menanggung biaya kerugian pada properti jika di masa pensiun Anda terjadi musibah.

Dan salah satu cara terbaik menemukan produk asuransi properti adalah dengan menggunakan Cekpremi.com. Sebagai portal pembanding asuransi, Cekpremi akan membantu Anda dalam memberikan rekomendasi asuransi yang efektif bahkan tanpa adanya biaya tambahan.

Cekpremi.com menyediakan fitur pembanding asuransi sehingga Anda bisa sepuasnya membandingkan satu produk dengan produk asuransi lain. Yuk segera kunjungi website Cekpremi dan dapatkan produk asuransi properti untuk menjamin keamanan setiap barang yang Anda miliki di hari tua dengan memanfaatkan dana pensiun.

Referensi:

Taspen

BKPSDM

Sikapi Uangmu

Tanam Duit

Gaji Gesa