Diabetes di Usia Muda : Penyebab, Cara atasi & Pencegahan

diabetes di usia muda

Mengalami diabetes di usia muda tentu menjadi hal yang menakutkan bagi anak muda, karena seperti diketahui penyakit diabetes ini tidak hanya menyerang orang dewasa saja, namun remaja juga berpotensi mengalaminya. Diabetes merupakan sebuah kondisi dimana hormon insulin mengalami gangguan dan mengendalikan kadar gula darah sehingga dapat membahayakan kesehatan. 

Diabetes juga merupakan salah satu penyakit jangka panjang yang memiliki ciri utama yaitu meningkatnya kadar gula dalam tubuh karena berbagai faktor salah satunya pola hidup yang tidak sehat dan konsumsi makanan yang tidak teratur. Berikut ini akan dijelaskan seputar penyebab diabetes, cara mengatasi dan juga cara pencegahan terutama bagi Anda yang mengalaminya di usia muda.

Penyebab Diabetes di Usia Muda

Diabetes di usia muda bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti berikut.

  • Faktor Genetik

Salah satu faktor penyebab yang sering terjadi adalah di mana ada riwayat keluarga mengalami diabetes, sehingga potensi Anda juga mengalami gangguan penyakit ini cukup tinggi. Namun diabetes karena faktor genetik bukan tidak bisa dihindari, apalagi jika Anda menerapkan pola hidup yang sehat dan menghindari kebiasaan yang bisa mencegah diabetes.

  • Obesitas

Faktor yang membuat Anda bisa mengalami diabetes di usia muda adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Saat mengalami kelebihan berat badan, umumnya kadar gula darah ikut tinggi. Seorang wanita dikatakan mengalami obesitas jika lingkar pinggangnya sudah di atas 80 cm sementara untuk laki-laki dengan lingkar pinggang di atas 90 cm.

  • Suka Konsumsi Makanan Manis

Penyebab diabetes di usia muda juga bisa terjadi karena Anda sering mengkonsumsi makanan manis. Maka dari itu pastikan tidak terlalu berlebih dalam mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Bahkan Kementerian Kesehatan merekomendasikan konsumsi gula hanya 50 gram atau sekitar 4 sendok makan saja per orang per hari. 

  • Makan Makanan Instan

Apa penyebab diabetes di usia muda? Selain konsumsi makanan atau minuman manis, diabetes juga bisa disebabkan karena terlalu sering makan makanan instan atau makanan siap saji. Makanan siap saji biasanya memiliki kadar gula dan garam yang tinggi, padahal harusnya konsumsi gula dan garam dibatasi setiap hari agar penyakit diabetes yang berbahaya bisa diminimalisir.

  • Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol juga jadi pemicu diabetes pada usia yang masih muda. Dan alkohol punya kandungan zat yang mengganggu metabolisme tubuh dan mempengaruhi produksi insulin. Ketika insulin terganggu, otomatis kadar gula darah meningkat dan menimbulkan diabetes.

  • Gangguan Fungsi Pankreas

Selanjutnya diabetes juga bisa disebabkan karena fungsi pankreas terganggu, sehingga fungsi insulin juga ikut terganggu. Fungsi insulin mengatur kadar gula dalam darah jadi ketika insulin terganggu maka kadar gula darah bisa melonjak tinggi.

Cara Mengatasi Diabetes di Usia Muda

Jika sudah didiagnosa mengalami diabetes di usia muda, tentu saja hal yang harus dilakukan adalah menangani agar tidak terjadi komplikasi diabetes. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan.

  • Pemberian insulin, cara ini adalah yang cukup efektif agar diabetes tidak semakin fatal ke depannya. Pemberian insulin biasanya dilakukan sebagai pengobatan untuk pengidap diabetes tipe 1. Sementara untuk pengidap diabetes tipe 2 bisa diberikan jenis obat-obatan. 
  • Konsumsi makanan sehat, salah satu penyebab diabetes adalah konsumsi makanan yang kurang sehat. Maka dari itu ubah pola makan terutama jika sering mengkonsumsi makanan berlemak tinggi, makanan berkadar gula tinggi dan makanan yang serba diproses.
  • Turunkan berat badan, jika mengalami diabetes karena obesitas pastikan upayakan diri untuk menurunkan berat badan berlebih. Menghilangkan 7 persen lemak dari berat badan dapat membantu membuat diabetes tidak semakin berbahaya apalagi sampai menimbulkan komplikasi. 
  • Rutin melakukan aktivitas fisik, aktivitas fisik dapat membantu untuk menjaga kesehatan termasuk Anda yang mengalami diabetes. Olahraga jadi salah satu hal yang dapat menurunkan kadar gula darah dan mengubahnya menjadi energi. Untuk yang mengalami diabetes di usia muda, pastikan melakukan olahraga ringan untuk menghindari kondisi diabetes menjadi lebih buruk. 

Pencegahan Diabetes di Usia Muda

Setelah mengetahui apa saja penyebab diabetes di usia muda dan cara mengatasinya, Anda juga perlu tahu cara pencegahan. Karena seperti kata pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati, maka pastikan tahu apa saja langkah pencegahan diabetes agar tidak terjadi pada Anda yang usianya masih muda.

  • Miliki Pola Hidup Sehat

Cara mencegah diabetes di usia muda yang harus dilakukan adalah dengan memiliki pola hidup sehat mulai dari konsumsi makanan sehat. Pastikan untuk menghindari makanan yang lemaknya tinggi dan mengandung kadar gula tinggi, sehingga menggantinya dengan makanan yang rendah lemak dan rendah kalori serta tinggi serat. Selain itu pastikan banyak bergerak. Aktivitas  seperti terlalu lama duduk atau terlalu lama bermain komputer dan gadget serta kegiatan bermalas-malasan lainnya harus benar-benar dikurangi.

Pastikan memiliki waktu tidur yang cukup agar tidak meningkatkan risiko obesitas dan menjurus ke diabetes.

  • Kelola Stres

Seseorang yang sudah melakukan pola hidup lebih sehat biasanya jarang terhindar stres. Namun jika masih mengalami stres maka pastikan kelola stres dengan melakukan hal-hal yang disenangi dan bersosialisasi dengan teman atau keluarga karena ini juga merupakan cara mencegah diabetes di usia muda yang cukup efektif, apalagi jika dilakukan dengan benar. Cara ini tidak hanya dapat mengelola stres dengan baik namun juga dapat menghilangkan rasa stres.

  • Batasi Minuman Beralkohol dan Merokok

Merokok dan minuman beralkohol adalah salah satu penyebab seseorang bisa mengalami diabetes di usia yang masih muda. Maka dari itu pastikan wajib membatasi minuman beralkohol dan merokok sejak dini. Karena kandungan nikotin pada rokok, bisa merusak sel pankreas yang fungsinya memproduksi insulin sehingga meningkatkan risiko diabetes. Begitu pula jika yang sering mengkonsumsi alkohol apalagi jika dilakukan secara rutin.

Sekarang tentu Anda sudah tahu apa saja yang menjadi penyebab diabetes di usia muda, cara mengatasi dan juga pencegahannya. Karena diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya, maka dari itu pastikan jika ada ciri-ciri di tubuh Anda yang mengarah ke penyakit ini pastikan langsung melakukan pengecekan sejak dini ke dokter. 

Karena penyakit bisa datang kapan saja, pastikan juga untuk memberikan perlindungan kepada kesehatan dengan memiliki asuransi kesehatan. Jenis asuransi ini dapat membantu untuk meng-cover seluruh biaya saat Anda mengalami sakit mulai dari penyakit yang ringan sampai penyakit yang berat. Untuk mendapatkan asuransi kesehatan saat ini tidak perlu bingung karena dapat melakukan perbandingan lewat portal online Cekpremi. Di Cekpremi Anda akan dibantu untuk menemukan pilihan asuransi kesehatan terbaik dari perusahaan terbaik pula.