Macam-macam Bentuk Tubuh Yang Harus Anda Ketahui Agar Diet Anda Lancar

Macam-macam bentuk tubuh
Image Source: muscleanandstrength

Memiliki tubuh yang ideal adalah kebanggaan tersendiri bagi beberapa orang, agar bisa mendapatkan tubuh yang ideal tersebut biasanya orang-orang akan melakukan segala macam cara, dari cara yang membutuhkan waktu lama hingga cara yang instan.

Akan tetapi, sering sekali cara instan yang dilakukan malah menjadi sebuah resiko yang berbahaya bagi kita. Cara instan yang biasa mereka lakukan ialah seperti sedot lemak, anoreksia dan juga diet berlebih, mungkin memang cara tersebut dapat membuat anda menjadi semakin kurus namun dapat membuat anda menjadi sakit hingga bisa menyebabkan kematian.

Ada baiknya anda untuk mencari cara yang lebih aman untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal tersebut, seperti berolahraga dan diet aman dengan mengatur pola makan. Namun, yang amat disayangkan adalah tidak semua jenis olahraga yang bisa dilakukan semua orang, ada beberapa olahraga yang tidak harus dilakukan oleh beberapa orang. Ada juga olahraga yang harus sering dilakukan oleh beberapa orang, agar mendapatkan bentuk tubuh yang lebih maksimal.

Sebelum melakukan olahraga atau melakukan diet aman, ada baiknya terlebih dahulu anda mengetahui berbagai macam bentuk tubuh, agar anda lebih mengetahui cara berolahraga mana yang cocok untuk anda.

Berikut macam-macam bentuk tubuh yang perlu anda ketahui, yaitu:

  1. Ectomorph
bentuk tubuh ectomorph
Image source: livingfit

Orang yang memiliki bentuk tubuh Ectomorph adalah mereka yang susah untuk menambah berat badan, karena mereka memiliki metabolisme yang cepat sehingga kalorinya pun terbakar dengan cepat pula. Ciri-ciri dari bentuk tubuh ini adalah memiliki struktur yang kecil, bahu yang kecil dan juga dada yang datar.

Butuh sebuah suplemen untuk menambah kalori dan menambah berat badan orang yang memiliki tipe tubuh ini. Dianjurkan pula untuk untuk makan sebelum tidur agar bisa mencegah katabolisme yang terjadi pada malam hari.

Jika ingin berolahraga ada baiknya untuk lebih berkosenterasi dengan kenaikan tubuh, jangan terlalu memaksakan diri untuk olahraga yang terlalu berat. Cukup lakukan latihan berat badan dan dilakukan dalam waktu yang lebih lambat, akan tetapi usahakan istrahat anda lebih panjang antar set. Saat melakukan latihan ini imbangi dengan makan-makanan yang sesuai dan lebih berkalori.

  1. Mesomorph
bentuk tubuh mesomorph
image source: muscleandfitness

Tipe tubuh ini adalah tipe tubuh yang paling ideal dan yang selalu di inginkan oleh pria maupun wanita. Ciri-ciri dari bentuk tubuh ini memiliki bentuk otot yang besar dan fisik yang secara alami sudah memiliki tubuh yang atletis atau tubuh seperti binaraga. Untuk mereka yang memiliki tubuh ini dapat dengan mudah menurunkan dan menambah berat badan. Cara yang tepat untuk mempertahankan bentuk tubuh ini ialah dengan menyeimbangkan olahraga dan asupan kalori yang masuk ke tubuh.

Mereka dengan bentuk tubuh ini hanya perlu melatih fifik mereka agar tetap sehat dengan cara yang sederhana, dengan latihan aerobik, akan tetapi jangan lupa untuk tidak melakukan olahraga dengan cara yang berlebih.

  1. Endomorph
Bentuk tubuh endomorph
image source: cladwellguide

Untuk tipe tubuh ini adalah tipe yang tidak di sukai banyak orang karena untuk bentuk tubuh ini susah sekali menurunkan berat badan, karena tubuhnya susah untuk membakar lemak. Butuh usaha yang keras agar orang yang memiliki tubuh ini untuk mendapatkan tubuh yang ideal atau agar mendapatkan otot-otot yang dinginkan. Ciri-ciri dari bentuk tubuh ini yaitu memiliki badan yang pendek, bulat.

Untuk mendapatkan tubuh yang ideal, para endomorph harus rajin melatih kekuatan fisik agar lemak pada tubuh mereka dapat tergantikan dengan otot-otot, sehingga dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Sering-seringlah untuk melakukan latihan pemompaan jantung dalam kehidupan sehari-hari anda, caranya yang bisa anda lakukan ialah dengan berlari setiap paginya ataupun bersepeda. Lari selama 30 menit/harinya sebanyak 5 kali dalam seminggu dapat membuat anda lebih cepat turun dengan di imbangi dengan kalori yang cukup dan tidak berlebih. Sedangkan untuk latihan beban anda bisa melakukannya secara rutin selama 4-5 kali/ minggu, jangan lupa untuk beristarahat sebentar antar sesi latihan.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

February 18, 2016

Posted In: Health, Inspirational, Lifestyle, Must See, Sports, Tips & Tricks

Tags: , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami