Penting Untuk Tau, Ini 10 Fungsi Asuransi Jiwa Terlengkap!

Jun - 25
2021
fungsi asuransi jiwa

Penting Untuk Tau, Ini 10 Fungsi Asuransi Jiwa Terlengkap!

Masih banyak yang berpikir bahwa memiliki asuransi tidaklah penting dan hanya membuat uang. Padahal asuransi bisa melindungi Anda agar tidak secara tiba-tiba mengeluarkan biaya besar. Selain asuransi kesehatan, asuransi jiwa juga penting untuk dimiliki lho. Terlebih untuk pencari nafkah di keluarga. Untuk yang masih ragu atau bingung, cari tau dulu yuk apa saja fungsi asuransi jiwa secara lengkap di artikel ini.

Apa Saja Fungsi Asuransi Jiwa?

Asuransi termasuk ke dalam bagian penting dalam perencanaan keuangan. Beberapa asuransi yang penting untuk dimiliki, seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi penyakit kritis, asuransi kendaraan, hingga asuransi properti. Secara umum asuransi berfungsi untuk pengalihan resiko. Dalam hidup, ada banyak resiko yang mungkin terjadi dan tidak bisa diprediksi. Dimana  pihak asuransi akan memberikan ganti rugi dalam bentuk keuangan atas resiko yang terjadi sesuai ketentuan dalam polis. Lalu secara spesifik, apa saja fungsi asuransi jiwa?

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

asuransi jiwa premi murah

1. Memberikan Proteksi dari Resiko Meninggal Dunia

Manfaat utama asuransi jiwa adalah memberikan proteksi atas resiko yang mungkin terjadi di masa depan, seperti meninggal dunia atau cacat. Maksudnya adalah memberikan manfaat dalam hal finansial ya. Jadi apabila pemilik polis meninggal dunia, keluarga yang ditinggalkan atau ahli waris akan mendapatkan uang pertanggungjawaban yang bisa digunakan untuk biaya hidup, biaya pendidikan, atau lainnya. Walaupun tidak dapat menggantikan sosok keluarga, namun setidaknya keluarga yang ditinggalkan tidak mengalami kesulitan keuangan.

2. Memberikan Santunan Jika Terjadi Cacat

Selain memberikan uang pertanggungjawaban untuk meninggal dunia, produk asuransi jiwa juga bisa memberikan santunan apabila pemilik polis mengalami cacat total permanen atau cacat sebagian akibat kecelakaan. Pihak asuransi akan memberikan uang tersebut secara sekaligus untuk biaya hidup sesuai dengan aturan polis yang telah disepakati..

3. Memastikan Kelangsungan Hidup yang Ditinggalkan 

Dengan memiliki asuransi jiwa, anggota keluarga lain yang ditinggalkan bisa tetap menjalani hidup dengan baik dan finansialnya terjamin. Anak-anak tetap bisa sekolah dengan lancar hingga perguruan tinggi, tanpa kekurangan uang. Manfaat ini tentunya membantu memberikan kepastian dalam mempersiapkan masa depan Anda dan keluarga. Anda juga membebaskan ahli waris daripada hutang-hutang yang mungkin ditinggalkan.

4. Mencegah Kerugian Besar

Seperti yang sudah diketahui, asuransi jiwa memberikan perlindungan finansial untuk resiko-resiko yang mungkin terjadi. Termasuk ketika pemilik polis mengalami kecelakaan dan membuatnya cacat sehingga tidak bisa mencari nafkah lagi. Nah, di sini pihak asuransi akan memberikan uang pertanggungjawaban sehingga Anda bisa fokus untuk penyembuhan.

5. Memberikan Rasa Aman dan Tenang

Banyak ketidakpastian dalam hidup yang seringnya membuat kita khawatir apa yang akan terjadi di masa depan. Fungsi asuransi jiwa bisa memberikan ketenangan karena setidaknya finansial anak-anak dan keluarga terjamin jika terjadi hal-hal buruk dengan pencari nafkah. Sehingga tetap bisa melanjutkan hidup dengan baik, seperti sebelumnya.

6. Membantu Mengelola Keuangan

Dalam perencanaan keuangan, penting untuk memiliki cash flow yang baik, membuat budgeting, dan tentunya memiliki asuransi. Dengan memiliki asuransi yang preminya wajib dibayar per bulan, secara otomatis memaksa Anda mengatur keuangan dengan lebih baik. Besaran pos asuransi ini bisa 10-15% dari pendapatan bulanan, bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

7. Manfaat Tambahan Berupa Investasi

Khusus untuk produk asuransi jiwa unit link, Anda tidak hanya membayar asuransi saja. Ada dana premi yang dialokasikan untuk investasi. Sehingga nantinya uang pertanggungan yang diberikan akan ditambahkan dengan hasil investasi.

8. Bisa Untuk Persiapan Pensiun

Untuk yang menginginkan dana asuransi jiwa bisa diambil di masa tua, Anda bisa memilih asuransi jiwa asuransi unit link dan dwiguna. Premi yang telah dibayarkan akan dikembalikan kepada Anda, jika tidak terjadi klaim selama jangka waktu yang telah disepakati sepeti dalam polis. 

9. Sebagai Dana Pendidikan Anak

Dana pendidikan setiap tahunnya semakin mahal. Sebagai orang tua, tentunya ingin memberikan yang terbaik, bukan? Dengan memiliki asuransi jiwa, bisa dipastikan dana pendidikan anak terjamin untuk masa depan.

10. Sebagai Warisan

Produk asuransi jiwa juga cocok untuk Anda yang ingin memberikan warisan kepada anak cucu ketika meninggal dunia. Uang pertanggungjawaban akan diberikan kepada ahli waris dan bisa dibagikan sebagai warisan. 

Ada banyak fungsi asuransi jiwa, mulai dari membuat hidup lebih aman, nyaman, hingga bebas stress. Pastikan untuk memilih produk terbaik yang penawarannya ada di Cekpremi.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *