Fungsi Penutup Kerangka Mobil yang Perlu Kamu Tahu

karoseri mobil

Penutup kerangka mobil atau biasa dikenal dengan nama karoseri adalah badan kendaraan, yang dibuat sesuai pesanan. Umumnya karoseri digunakan untuk kendaraan khusus seperti bus, truk, mobil ambulans, mobil kebakaran, atau mobil biasa.

Berikut ini adalah penjelasan terkait fungsi dari penutup kerangka mobil yang perlu kamu ketahui!

Fungsi Penutup Kerangka Mobil

Istilah karoseri berasal dari Bahasa Belanda, yaitu carrosserie yang memiliki arti rumah-rumah kendaraan yang dibangun di atas rangka mobil atau chasis Penutup kerangka mobil atau karoseri secara umum adalah modifikasi menyeluruh membuat penutup kendaraan dapat dilakukan langsung dari chasisnya.

Singkatnya. Penutup kerangka mobil berfungsi untuk menutupi bagian kendaraan. Biasanya yang menggunakan karoseri adalah bus, truk, ambulans hingga mobil pemadam kebakaran.

Pembuatan penutup kerangka mobil ini dibuat di bengkel khusus dan resmi karoseri. Sehingga tidak dikerjakan secara sembarangan.

3 Keunikan Penutup Kerangka Mobil

Berikut ini adalah keunikan yang dimiliki karoseri, yaitu:

  1. Pembuatan Sesuai dengan Pesanan

Karoseri dibuat atau diproduksi sesuai dengan pesanan konsumen. Sehingga desain dan fungsi yang dimiliki berbeda antara konsumen satu dengan lainnya.

Seperti contoh pembuatan karoseri untuk mobil pemadam kebakaran. Pembuatannya harus lebih spesifik, apakah mobil tersebut akan digunakan untuk memadamkan kebakaran pada gedung bertingkat atau di suatu perumahan.

  1. Pembuatan Dilakukan Secara Khusus dan Dapat Disesuaikan

Pembuatan penutup kerangka ini dibuat sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan konsumen. Sehingga antar karoseri memiliki perbedaan atau tidak sama.

Konsumen dapat memesan kepada produsen pembuat karoseri sesuai dengan kebutuhan. Sehingga hasil akhir karoseri dapat sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen.

  1. Terdapat Berbagai Macam Pilihan

Perusahaan karoseri di Indonesia berada di seluruh tempat sehingga kamu dapat lebih mudah untuk memilih. Namun, usahakan untuk memilih perusahaan terpercaya agar hasil produknya dapat membuat kamu puas.

Pada mulanya, karoseri menggunakan rangka yang terbuat dari kaya dan dilapisi plat besi tipis. Namun saat ini pilihan karoseri dibuat lebih tangguh, karena menggunakan serat karbon, aluminium, dan bahan lainnya yang kokoh namun ringan.

Pembuatan karoseri saat ini menggunakan teknologi baru yang disebut monocoque. Bahan yang digunakan pada karoseri monocoque adalah kaca serat yang termasuk dalam golongan karbon fiber dan alumunium.

Indonesia memiliki cukup banyak pilihan perusahaan di bidang industri karoseri. Hal itu dikarenakan tingginya peminat penumpang bus di Indonesia, sehingga kebutuhan armada juga semakin tinggi.

Namun, seluruh kendaraan yang menggunakan penutup kerangka ini tetap harus dilakukan perawatan agar lebih awet dan tahan lama baik itu komponen mesin maupun body khususnya mobil. Melakukan servis agar performa mobil selalu optimal adalah salah satu cara agar kamu dapat berkendara dengan aman.

Selain melakukan perawatan, menggunakan asuransi dapat membuat kamu lebih merasa aman dan nyaman saat berkendara. Karena asuransi dapat membantu kamu untuk melakukan antisipasi pada sesuatu hal yang akan terjadi di masa mendatang.

Saat ini banyak asuransi yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Cekpremi adalah solusi bagi kamu yang merasa kesulitan untuk memilih mana asuransi terbaik dan terpercaya.

Pertanyaan Seputar Penutup Kerangka Mobil

Bagi beberapa orang, penutup kerangka mobil atau karoseri masih terdengar asing. Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang seringkali ditanyakan terkait bagian tersebut, yaitu:

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa yang dimaksud karoseri secara umum?” answer-0=”Karoseri adalah jasa pembuatan body kendaraan beserta interiornya, namun diluar chasis dan mesin yang telah diproduksi oleh pabrik. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apakah di Indonesia terdapat karoseri?” answer-1=”Saat ini Indonesia terdapat berbagai perusahaan karoseri ternama yang telah memproduksi banyak body kendaraan dengan desain dan tampilan yang menarik. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]