Apa Ground Clearance itu? Simak Penjelasannya berikut ini!

ground clearence

Bagi pemilik atau pengendara mobil, mendengar “Ground Clearance” bukanlah hal yang asing lagi. Istilah yang satu ini menjadi salah satu yang cukup vital dan krusial sebelum memutuskan untuk membeli sebuah kendaraan beroda empat. Nantinya, ukurannya pun akan sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan serta performa dari mobil tersebut saat dikendarai. Namun, sebenarnya apa itu ground clearance? Simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu Ground Clearance?

Ground Clearance adalah jarak terendah dari komponen suatu mobil ke bagian permukaan jalanan atau tanah. Komponen mobil yang dimaksud bukanlah body, footstep, atau ban mobil, melainkan komponen lain seperti sasis mobil. Biasanya, jarak ground clearance diukur dari komponen mobil yang paling rendah yaitu center muffler atau exhaust system.

Mengapa Ground Clearance pada Mobil itu Penting?

Ground Clearance pada mobil memang terlihat sepele, tetapi justru ini adalah bagian penting bagi kendaraan roda empat. Karena, hal ini erat kaitannya dengan performa dan kenyamanan saat berkendara. Ground clearance akan sangat berpengaruh pada tingkat keamanan serta potensi kerusakan komponen mobil. Berikut beberapa manfaat dari komponen tersebut.

  • Untuk Menghindari Air Masuk ke Dalam Mesin

Ground clearance dapat membantu untuk menghindari air masuk pada mesin. Alasannya, jika komponen mobil terlalu rendah maka potensi air yang akan masuk pun semakin tinggi. Air akan masuk melalui knalpot. Sehingga, akan menyebabkan kerusakan pada mesin baik itu filter udara atau sistem pelumasan.

Hal ini juga mudah terjadi apabila mobil sering melewati jalan yang terdapat genangan air tinggi atau pun banjir. Perlu diingat bahwa biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan akibat air masuk ke mesin tidaklah murah. Karena, ada beberapa komponen yang harus diganti seperti stang piston.

  • Agar Mampu Melewati Jalanan Tidak Rata

Dengan adanya komponen ini, mobil dapat melaju melewati jalanan yang tidak rata. Namun, jika mobil telah dimodifikasi menjadi “ceper”, sebaliknya mobil menjadi tidak fleksibel saat melewati medan yang tidak rata. Hal ini justru akan merusak beberapa komponen mobil khususnya body bagian bawah.

Tak jarang bila mobil yang mempunyai ground clearance rendah akan mengalami masalah “gasruk” ketika melewati polisi tidur. Tentu saja kenyamanan pengendara pun akan terganggu karena komponen mobil yang terlalu rendah.

Kategori Jarak Ground Clearance pada Mobil

Jarak ground clearance juga adalah hal yang penting. Maka dari itu, kamu juga harus memperhatikannya. Berikut adalah kategori jarak ground clearance pada mobil beserta dampaknya.

  • Rendah (170-180 mm)

Kategori pertama adalah jarak ground clearance yang rendah. Tipe mobil kategori ini memiliki jarak mulai dari kisaran 170 hingga 180 mm. Kategori ini dianggap sebagai ukuran yang ideal untuk penggunaan mobil di dalam kota. Namun, tetap perlu hati-hati agar tidak terjadi gesekan yang besar antara komponen mobil dengan bagian permukaan jalan yang dapat menyebabkan kerusakan.

Saat melewati genangan air, pengemudi juga harus waspada. Karena, batas maksimal genangan air yang aman untuk dilewati bagi tipe mobil kategori ini adalah sekitar 20 hingga 25 cm. Sebaiknya hindari untuk melintasi jalan yang tergenang air lebih tinggi dari ukuran tersebut.

  • Sedang (190-200 mm)

Kategori kedua adalah jarak ground clearance yang sedang. Tipe mobil dengan kategori ini memiliki ukuran ground clearance yang berkisar antara 190 hingga 200 mm. Kategori ini dinilai sangat ideal untuk dikendarai di jalanan perkotaan Indonesia. Pengendara juga tak perlu khawatir jika harus melewati jalan dengan kondisi yang tidak rata, bergelombang, ataupun berlubang sekalipun.

Selain itu, mobil dengan kategori ini aman untuk dikendarai melewati jalanan yang tergenang air atau banjir kecil. Tetapi, perhatikan juga ukuran ketinggian genangan air yang tidak direkomendasikan untuk dilewati yaitu sekitar 25 hingga 30 cm.

  • Tinggi (Lebih dari 200 mm)

Kategori ketiga adalah jarak ground clearance yang tinggi. Jenis mobil dengan kategori ini biasanya memiliki ground clearance melebihi 200 mm. Mobil dengan jarak tanah yang tinggi memang didesain untuk melintasi jalanan dengan permukaan yang ekstrim seperti jalur perbukitan ataupun pegunungan.

Dengan ukuran yang tinggi, gesekan bagian bawah mobil dengan permukaan jalan akan dapat dihindari. Daripada itu, mobil dengan kategori ini sangat cocok bagi yang memiliki keperluan untuk mengangkut penumpang atau pun barang dalam jumlah yang lumayan banyak.

Itulah hal-hal tentang Ground Clearance mobil yang bisa menambah wawasanmu. Informasi tersebut dapat kamu gunakan sebagai pertimbangan ketika membeli mobil. Selain itu, agar perjalananmu menjadi aman dan nyaman, sangat diperlukan untuk memiliki asuransi mobil.

Asuransi dari Cekpremi bisa menjadi pilihan untuk melindungi kendaraan kesayanganmu. Layanan asuransi mobil Cekpremi telah bekerja sama dengan banyak Mitra seperti Simas Insurtech, Staco Mandiri, Intra Asia, dan Mega Insurance. Pembayaran premi hanya mulai dari Rp480.870 per tahun, kamu juga bisa dapatkan cashback dengan jumlah yang menguntungkan, lho! Yuk gunakan layanan asuransi mobil dari Cekpremi sekarang!

Pertanyaan Terkait Mobil

Berikut adalah pertanyaan dan jawaban singkat yang berkaitan dengan kendaraan mobil.

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa itu Ground Clearance?” answer-0=”Ground clearance adalah jarak terendah dari komponen suatu mobil ke bagian permukaan jalanan atau tanah. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Mengapa Asuransi Mobil itu penting?” answer-1=”Asuransi mobil sangat penting karena pihak asuransi akan memberi pertanggungan biaya apabila mobil yang telah didaftarkan mengalami kerusakan atau kehilangan. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]